Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Kenali Jenis-Jenis Perusahaan yang Ada Di Indonesia

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak jenis-jenis perusahaan yang penting diketahui.

Perusahaan di Indonesia ada banyak ragamnya. Kira-kira sudah tahu ada berapa macam perusahaan yang ada di Negara ini? Jenis-jenis perusahaan memang cukup beragam, ada yang ditentukan dari struktur kepemilikan, ada juga yang dilihat dari bentuk badan usahanya. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan singkatnya berikut ini.

Perusahaan Berdasarkan Bentuk Badan Usaha


Jenis-jenis perusahaan bisa dilihat atau ditentukan dari bentuk badan usahanya. Untuk jenis perusahaan ini ada 6 macam. Perusahaan perseorangan, CV, Perseroan Terbatas, Koperasi, Firma, dan Persero. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Perusahaan Perseorangan

Merupakan perusahaan yang semua kegiatannya adalah usaha sendiri, mulai dari mengurus keuangan, produksi, sampai pemasaran semuanya dilakukan secara mandiri. Semua tanggung jawab menjadi beban pemilik perusahaan sebagai pemilik modal, sehingga pemilik memiliki tugas mengambil segala keputusan untuk perusahaannya.

2. CV

Persekutuan Komanditer adalah perusahaan yang didirikan minimal oleh dua orang, jadi ada sekutu aktif dan pasif. Sekutu aktif ini mengurus semua kepentingan manajemen usaha, sementara sekutu pasif bertindak sebagai penanam modal saja. Artinya, jika ada kerugian pada perusahaan, maka sekutu aktif yang harus menanggung kerugian sampai melunasi hutang CV meskipun harus menggunakan tabungan pribadi.

3. Perseroan Terbatas

PT merupakan badan usaha yang didirikan minimal 2 orang yang wajib memiliki akta notaris sebelum mendaftar dan mendapat pengesahan dari Kemenkumham. PT ini bisa memiliki harta dan kewajiban sendiri. Struktur organisasinya jelas, memiliki 3 jenis modal yaitu modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor.

4. Koperasi

Masuk dalam jenis-jenis perusahaan yang berupa persekutuan orang dengan sifat yang demokratis. Tujuan didirikan perusahaan ini untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Para anggota koperasi bisa mendapat banyak untung terutama dalam hal menambah penghasilan.

5. Firma

Perusahaan yang didirikan dari dana banyak orang. Anggota firma memiliki tanggung jawab yang sama dalam mengurus perusahaan. Keuntungan dan kerugian jadi tanggungan bersama. Bisa didirikan secara resmi atau hanya dengan kesepakatan antar anggota.

6. Persero

Mirip dengan PT hanya saja sebagian sahamnya menjadi hak Negara. Status pegawainya adalah swasta namun perusahaan tidak difasilitasi Negara.

Perusahaan Berdasarkan Kegiatan


Selain jenis-jenis perusahaan yang dilihat dari bentuk badan usaha, ada juga yang ditentukan dengan melihat kegiatan dari perusahaan itu sendiri. Berikut ini ulasannya:

1. Perusahaan Ekstraktif

Perusahaan yang memanfaatkan kekayaan alam, sederhananya adalah pertambangan, penebangan kayu legal, pengambilan rumput laut, dan semacamnya.

2. Manufaktur

Bergerak pada bidang pengolahan bahan baku menjadi barang setengah jadi atau jadi yang kemudian dijual kepada konsumen.

3. Agraris

Perusahaan yang bergerak pada bidang pengelolaan SDA seperti agro industri, perkebunan, perikanan, dan peternakan. Biasanya berupa tempat pembudidayaan sumber daya alam yang ada di sekitar perusahan.

4. Jasa

Perusahaan yang menyediakan jasa kepada konsumen seperti bank, asuransi, kantor akuntan, dan semacamnya. Intinya adalah memberikan pelayanan jasa pada masyarakat.

5. Perusahaan Dagang

Jenis perusahaan yang satu ini kegiatan utamanya membeli satu barang dan menjualnya kembali pada konsumen. Penghasilan didapatkan dari untung yang diambil saat menjual kembali barang yang dibeli. Barang yang dijual tidak diubah sama sekali bentuknya hanya menambah harga agar perusahaan mendapat untung.

Jenis Perusahaan Berdasarkan Kepemilikan


Jenis-jenis perusahaan yang selanjutnya dilihat atau ditentukan dari kepemilikannya. Ada dua macam jenis perusahaan ini di Indonesia, yaitu:


1. Perusahaan Negara

Perusahaan jenis ini modalnya dari kekayaan Negara, contohnya ada BUMN, perusahaan jawatan, atau perusahaan umum. Didirikan berdasarkan peraturan pemerintah. Jadi apapun keputusan dari pemerintah harus dipatuhi dan diikuti dengan baik.

2. Perusahaan Swasta

Didirikan dengan modal dari beberapa orang yang berasal dari luar perusahaan. Meski bukan milik Negara namun perannya dalam perekonomian Negara sangat penting. Contoh dari perusahaan ini ada restoran, swalayan, mall, hotel, dan sejenisnya. Biasanya perusahaan swasta keuntungan jauh lebih banyak daripada perusahaan umum atau Negara.


Itulah jenis-jenis perusahaan yang harus kamu pahami. Semoga dengan memahami hal ini, kamu bisa membedakan perusahaan berdasarkan klasifikasi yang dimilikinya dan menambah wawasan kamu ya Lemonizen.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.