Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Kenali Kelompok Orang yang Tidak Bisa Menerima Vaksin Covid-19

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
28 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Vaksin covid-19

Kasus Covid-19 yang kembali melonjak di Indonesia, membuat program vaksinasi harus segera digalakkan. Hal ini bertujuan agar makin banyak penduduk Indonesia yang sudah mendapat vaksin dan bisa segera mencapai Herd Immunity.


Meski terbilang baru, vaksin Covid-19 tetap aman diberikan. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh dr. Rizqii Nurdiinii, bahwa vaksin Covid-19 telah melewati sejumlah uji klinis terpercaya. Sehingga pemberiannya pun dijamin aman.

banner consideration shipping bg blue


Namun meski begitu, tetap ada kelompok orang yang tidak bisa atau paling tidak harus ditunda pemberian vaksinnya. Lalu siapa saja yang tidak bisa menerima vaksin Covid-19? Berikut penjelasan dr. Rizqii Nurdiinii dalam episode #TanyaAhlinya.


Screening awal sangat penting

Menurut dr. Rizqii Nurdiinii, sebelum mendapatkan vaksin Covid-19, screening awal adalah tahap yang sangat penting. Dari proses screening inilah, akan diketahui apakah kondisi seseorang layak menerima vaksin. Nantinya akan ada kondisi-kondisi di mana seseorang harus menunda dulu untuk mendapatkan vaksin.


Namun menurut dr. Rizqii, penelitian tentang hal tersebut akan terus berkembang. Kriteria kelompok orang yang tidak bisa menerima vaksin pun bisa terus berubah, sehingga diharapkan akan lebih banyak orang yang bisa mendapatkan vaksin.

banner consideration promotion bg blue


Riwayat penyakit yang disarankan tidak/menunda vaksin

Darah Tinggi

Jika seseorang memiliki riwayat darah tinggi, maka screening awal akan lebih ketat. Menurut dr. Rizqii, orang yang memiliki tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol mencapai 180/110 harus menunda dulu untuk mendapatkan vaksin.


“Bukan tidak boleh, harus kontrol dulu untuk memastikan apa bisa mendapatkan vaksin Covid-19 atau tidak,” jelas dr. Rizqii.


Memiliki riwayat pembekuan darah


Penyakit metabolik yang tidak terkontrol

Adapun penyakit yang dimaksud antara lain penyakit ginjal, jantung, diabetes. Namun, bukan berarti semua orang yang memiliki riwayat penyakit ini tidak boleh mendapatkan vaksin. Ada yang tetap bisa mendapatkan vaksin Covid-19, asal sudah terkontrol dengan baik.


Riwayat auto imun

Ada beberapa jenis penyakit auto imun yang disarankan untuk tidak mendapatkan vaksin Covid-19 terlebih dulu. Dilansir dari Healthline, ada kemungkinan vaksin tidak akan seefektif pada mereka yang memiliki riwayat penyakit autoimun.

Tapi bukan berarti orang dengan kondisi autoimun sama sekali tidak bisa mendapatkan vaksin, asal tidak memiliki kontraindikasi lain. Sebab jika memungkinkan, lebih baik mendapatkan vaksin daripada tidak sama sekali.


Masih dikutip dari Healthline, seseorang yang memiliki kondisi medis tertentu sebenarnya tetap dapat menerima vaksin dengan aman jika mereka tidak memiliki kontraindikasi untuk vaksinasi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itulah mengapa, sebelum mendapatkan vaksin Covid-19, seseorang dengan riwayat kondisi medis tertentu juga disarankan untuk terlebih dahulu dengan dokter yang menangani. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan setelah vaksinasi Covid-19.

Referensi Healthline. (2021).  Who Can and Can't Safely Get the COVID-19 Vaccine
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.