Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Kenali Kepribadian Ganda Serta Gejala dan Pengobatannya

Rizki Indra
Rizki Indra
29 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Kepribadian ganda adalah kondisi seseorang yang wajib dipahami dan diketahui.

Kepribadian ganda adalah suatu kondisi kelainan psikologis yang mengakibatkan seseorang mempunyai dua, atau bahkan lebih, kepribadian yang saling berbeda. Gangguan ini sering kali juga disebut dengan nama identitas disosiatif (dissociative identity disorder). Penderita gangguan ini tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kepribadian yang berubah-ubah.

banner consideration shipping bg blue


Munculnya kepribadian yang lain pada diri seseorang bisa terjadi karena banyak faktor. Sebagian besar orang yang menderita identitas disosiatif ini pernah mengalami trauma psikis yang cukup berat. Pelecehan seksual, kekerasan fisik atau psikis, bencana alam, dan kecelakaan merupakan beberapa hal yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami gangguan ini.

Gejala yang Muncul pada Penderita


Para penderita gangguan ini umumnya tidak mengetahui dan menyadari adanya kelainan dalam kepribadiannya. Orang-orang di sekitarnya justru yang akan mengetahui bahwa seseorang mengidap kelainan atau gangguan dalam kepribadiannya. Beberapa gejala yang bisa dilihat oleh orang lain pada diri penderita ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Merasa Asing Terhadap Orang-orang di Sekelilingnya

Orang-yang menderita gangguan kepribadian ini pada umumnya akan merasa asing dengan orang-orang di sekitarnya saat berganti kepribadian. Bahkan banyak diantara mereka yang tidak saling mengenal antar pribadi yang mereka miliki.

2. Ingatan yang Menyimpang

Penyimpangan ingatan ini hampir seperti orang yang lupa akan suatu hal. Meski demikian berbeda dengan lupa yang dialami oleh orang tanpa kelainan ini. Penderita melupakan sesuatu karena hal tersebut dilakukan oleh pribadi yang lain sehingga pribadi lainnya lagi tidak mengetahui apa yang terjadi.

3. Mengalami Gangguan Psikologis

Orang dengan kepribadian lebih dari satu biasanya akan mengalami gangguan psikologis lainnya. Gangguan lain yang paling sering dialami adalah gangguan anxiety atau anxiety disorder yang ditandai dengan munculnya rasa panik dan cemas secara berlebih.


Perasaan tidak berharga, depresi, bahkan perasaan ingin bunuh diri sering dialami oleh penderita gangguan kepribadian ini. Gangguan tidur dan gangguan makan merupakan gangguan lain yang juga dialami oleh penderita.


Kepribadian yang berubah-ubah mengakibatkan orang dengan gangguan ini akan kesulitan untuk menjalin relasi dengan orang lain. Kecenderungan menyakiti diri mereka sendiri bahkan menyalahgunakan obat-obatan akan dialami oleh beberapa penderita identitas disosiatif ini.

banner consideration promotion bg blue

4. Muncul Gejala Depersonalisasi

Gejala depersonalisasi merupakan suatu keadaan yang menunjukkan seseorang melihat dirinya sendiri sedang dikendalikan oleh pribadi yang lain. Orang tersebut tidak memiliki kuasa untuk terhadap dirinya ketika sedang dikendalikan oleh pribadi lain. Kenyataan dan halusinasi sangat sulit dibedakan oleh orang dengan kepribadian yang ganda.


Ketidakmampuan untuk membedakan antara kenyataan dan halusinasi menjadikan penderita sering dianggap mengalami skizofrenia. Kedua kelainan tersebut adalah dua jenis gangguan yang berbeda. Penderita skizofrenia tidak mengalami memiliki kepribadian yang ganda.

Pengobatan Bagi Orang dengan Kepribadian Yang Ganda


Penanganan bagi orang-orang yang memiliki gangguan kepribadian ganda haruslah dilakukan dengan tepat. Tujuan dari pengobatan adalah untuk menyatukan dua pribadi yang dimiliki  oleh penderita. Butuh waktu dan proses yang tidak singkat untuk menyatukan dua pribadi tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menangani kelainan ini.

  1. Terapi kognitif perilaku yang bertujuan untuk mengubah perilaku dan pola pikir penderita.
  2. Terapi keluarga yang dilakukan oleh keluarga untuk membantu menenangkan dan mengontrol penderita.
  3. Terapi seni dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti menyanyi, menggambar, menulis, atau kegiatan seni lainnya. Hal ini bertujuan untuk agar penderita dapat mengeksplorasi pikiran dan perasaannya.
  4. Pemberian obat-obatan anti depresan yang berfungsi untuk membantu meringankan beragam gejala yang dialami penderita. Pemberian obat ini merupakan pendukung dari berbagai terapi yang diberikan, jadi bukan merupakan penanganan yang utama.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah informasi mengenai gangguan kesehatan mental berupa kepribadian ganda. Pada dasarnya, setiap orang dapat mengalami berbagai kejadian yang mungkin menyebabkan trauma berkepanjangan. Mengelola stres dan trauma berat dapat dilakukan dengan bantuan psikologis untuk menghindari munculnya kepribadian ganda.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.