Kenali Kopi Luwak yang Berkualitas yang Sangat Diminati Pecinta Kopi

Mungkin bagi para pecinta kopi, sudah tidak asing dengan rasa dari kopi yang satu ini. Harganya yang fantastis membuat kopi ini digemari oleh para pecinta kopi. Kopi luwak ini terkenal dengan harga yang mahal karena proses produksinya yang berbeda dengan kopi lainnya. Meskipun begitu, banyak yang rela mengocek lebih dalam hanya untuk menikmati secangkir kopi dari luwak ini. 
Harga yang mahal ini membuat kopi ini menjadi salah satu kopi mewah yang memiliki banyak penggemar. Untuk harga satu kilogram kopi ini bisa mencapai harga ratusan juta rupiah. Meskipun harganya yang melambung tinggi, tapi nyatanya dalam masa produksinya tidak bisa dalam jumlah banyak. Karena melibatkan binatang luwak untuk produksinya. 

banner consideration shipping bg blue

Kopi luwak ini dihasilkan dari biji kopi yang dimakan oleh luwak, akan tetapi tidak hancur di dalam sistem pencernaannya. Biji yang dikonsumsi akan keluar bersama dengan kotoran luwak dan mengalami fermentasi secara alami. Kemudian biji luwak dicuci dan diolah menjadi kopi. 
Dari proses pembuatannya yang unik inilah, kopi ini menghasilkan cita rasa yang berbeda yang membuat kopi jenis ini disukai oleh banyak penggemarnya. Selain harganya yang selangit, kopi ini memiliki beberapa keunggulan dari kopi lainnya. Berikut ini beberapa keunggulan kopi luwak. 

1. Memiliki Aroma dan Rasanya Lebih Enak

Kopi dari luwak pada dasarnya adalah kopi jenis robusta atau arabika yang dimakan oleh hewan luwak. Akan tetapi karena mengalami fermentasi oleh enzim-enzim dan bakteri di dalam pencernaan hewan luwak, rasa dan aroma kopi robusta atau arabika tersebut mengalami perubahan. Keunggulan kopi yang terbuat dari luwak yang dirasakan oleh para penggemar kopi adalah aromanya lebih wangi dan kualitas rasanya lebih enak.

2. Memiliki Kadar Kafein yang Lebih Rendah 

Keunggulan kopi  jenis ini dibanding dengan kopi yang lainnya adalah kadar kafein dari kopi ini yang sudah dikenal lebih rendah dari kadar kafein kopi robusta atau kopi arabika biasanya. Misalnya, kopi robusta luwak memiliki kadar kafein sekitar 1,77% lebih rendah dari kopi robusta biasa yang memiliki kandungan kafein hingga sekitar 1,91%. 

3. Kadar Protein Rendah Sehingga Tidak Terlalu Pahit 

Kandungan protein merupakan pembentuk rasa pahit di dalam biji kopi. Biji kopi robusta biasa yang memiliki kadar protein dengan jumlah tertentu ketika mengalami fermentasi di dalam perut hewan luwak dan dikeluarkan bersama kotorannya akan memiliki kadar protein yang lebih rendah. 

banner consideration promotion bg blue

Protein biji kopi ini berkurang saat proses fermentasi di perut hewan luwak, sehingga biji kopi robusta luwak tidak sepahit biji kopi robusta biasa dan kopi pada umumnya. Kandungan protein di dalam kopi robusta luwak adalah 16,23% lebih rendah dari pada kopi robusta biasa yang berkadar protein hingga 18,34%. 

4. Memiliki Kandungan Bakteri yang Rendah Dibanding Pada Kopi Lain 

Massimo menyatakan (dalam Isnayanti, 2012) bahwa kandungan bakteri pada kopi jenis ini lebih rendah daripada kandungan bakteri yang terdapat pada kopi (robusta atau arabika) biasa. Ini dikarenakan proses kopi ini yang melalui tahapan berbeda dari kopi robusta biasanya. 

5. Memiliki Manfaat untuk Stamina Tubuh 

Dengan harga yang selangit, ternyata kopi yang terbuat dari luwak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu keunggulan kopi ini adalah memiliki khasiat yang bisa mencegah penyakit diabetes dan bisa meningkatkan stamina tubuh. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Bagaimana? Sudah lebih tahu kan mengenai kopi luwak yang memiliki banyak penggemar ini? Kopi ini memang dikenal mahal akan tetapi memiliki cita rasa yang unik dan enak. Sehingga para pecintanya dengan suka rela merogoh saku untuk menikmati segelas kopi ini dengan harga yang fantastis. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami