Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Kenali Minyak Jarak: Apa Saja Manfaat dan Efek Sampingnya

Rizki Indra
Rizki Indra
11 Jun 2020
Clock Icon
3 menit
Minyak Jarak
Daun jarak adalah jenis tumbuhan semak tahunan yang tergolong dalam keluarga Euphorbiaceae. Tumbuhan ini dapat menghasilkan biji jarak yang banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Salah satunya diolah menjadi minyak jarak yang berfungsi melancarkan buang air besar, mempercepat terjadinya kontraksi pada ibu melahirkan, dan membantu melancarkan ASI.

Selain itu, banyak yang memanfaatkannya untuk untuk mengompres anak saat demam hingga melawan bakteri jahat. Berikut ini adalah manfaat minyak jarak dan berbagai efek sampingnya untuk kesehatan kamu. 

1. Dipercaya Bisa Melancarkan Buang Air Besar dan Meningkatkan Produksi ASI



Dikenal sebagai obat pencahar alami, daun jarak digunakan untuk melancarkan buang air besar. Manfaat lainnya yaitu daun jarak juga berkaitan dengan sifat daunnya sebagai lactogogue (dapat merangsang, mempertahankan dan meningkatkan produksi air susu ibu atau ASI) dan emmenagogue (dapat melancarkan menstruasi)

2. Mampu Melawan Bakteri 



Manfaat lainnya minyak dari jarak adalah mampu melawan bakteri yang ada di dalam tubuh. Hal ini ditunjukkan dari sebuah penelitian yang menunjukkan jika jarak memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri dermatopik dan patogenik, seperti E coli, S aureus, K pneumonia dan bakteri jenis strep. Jika ingin mendapatkan manfaat maksimal dari daun jarak ini, kamu bisa mencampurkannya dengan ekstrak daun jarak dengan ekstrak aseton.

3. Dapat Membantu Menstabilkan Kadar Gula Darah



Manfaat lain yang bisa didapatkan apabila menggunakan minyak dari jarak bagi penderita gula darah rendah adalah menstabilkan kadar gula darah. Jika kamu menderita gula darah rendah, mengkonsumsi rebusan daun jarak secara rutin dipercaya bisa mengontrol kadar gula darah sehingga bisa Kembali normal. Sebaliknya, jika pada penderita diabetes, manfaat daun jarak dipercaya dapat mencegah kadar gula darah naik lebih tajam lagi. 

4. Dapat Membantu Kerusakan Hati



Manfaat selanjutnya yaitu memperbaiki kerusakan organ hati. Dari hasil studi yang dilakukan terhadap ekstrak daun jarak, tumbuhan ini terbukti dapat digunakan untuk mengatasi kerusakan hati, terutama yang disebabkan galactosamine. Tidak hanya itu, ekstrak daun jarak juga bermanfaat dalam mengobati peradangan. 

5. Dapat Membantu Melancarkan Persalinan



Diketahui dari suatu penelitian yang menyatakan bahwa meminum minyak jarak dipercaya dapat menjadi induksi alami bagi ibu hamil yang akan melahirkan. Tidak hanya itu, banyak ibu yang mengklaim langsung merasa mulas hanya dalam tempo 24 jam setelah mengkonsumsi daun jarak ini. 

Cara ini juga dapat dipercaya aman bagi ibu hamil yang sudah pecah ketuban. Akan tetapi belum merasakan mulas. Namun, agar persalinan kamu lebih aman, sebaiknya kamu konsultasikan cara ini dengan dokter kamu ya! 

Meski memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh, perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi minyak dari jarak ini ya. Hal ini dikarenakan pohon jarak merupakan salah satu tanaman beracun, dan daun jarak salah satu bagian yang mengandung racun tersebut. Jika salah perhitungan dalam konsumsinya, efek samping yang terjadi biasanya adalah munculnya penyakit-penyakit tertentu. Misalnya penyakit saraf apabila terlalu banyak mengkonsumsi daun jarak. Untuk itu kamu harus tetap berhati-hati ketika mengkonsumsi minyak dari jarak ini. 

Nah, itulah manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan minyak jarak. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Namun, harus selalu diingat untuk menggunakannya sesuai anjuran dan hasil konsultasi dari dokter ya. Dengan begitu manfaat yang kamu dapatkan bisa maksimal bagi tubuh tanpa adanya efek samping yang merugikan! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.