Kenali Penyakit Liver, Inilah Gejala dan Cara Menghindarinya

02 Jul 2020 @ 14:51:21
Penyakit liver sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Penyakit yang menyerang pada organ liver atau hati ini menyebabkan organ tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik. Pasalnya, hati merupakan salah satu organ yang dapat melakukan regenerasi dengan cepat untuk menggantikan sel yang rusak. Akan tetapi, jika sel yang rusak cukup banyak, fungsi dan kerja hati akan terganggu. Terdapat beberapa gejala liver yang bisa diamati pada diri seseorang. 

Namun, perlu diketahui jika gejala liver pada penderita bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis dan penyebabnya. Namun secara umum, gejala liver pada seseorang adalah sering merasa mual dan muntah, nafsu makan yang berkurang, gairah seksual menurun, hingga rasa lelah yang berlebihan. Selain itu gejala liver juga bisa meliputi warna feses yang berubah menjadi pucat bahkan kehitaman, kulit dan mata yang menjadi kuning, perut terasa nyeri, dan kulit terasa memar maupun mudah gatal. Untuk menghindari penyakit ini, kamu bisa melakukan tips sehat berikut ini.

1. Menjaga Berat Badan Ideal



Siapa sangka, jika berat badan yang tidak ideal bisa memicu penyakit liver. Hal ini dikarenakan seseorang yang mempunyai kelebihan berat badan akan membuat sel-sel hati tertumpuk oleh lemak, sehingga menyebabkan perlemakan hati non-alkohol atau disebut juga non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD).
Untuk itu, tips sehat pertama yang bisa kamu lakukan adalah tetap menjaga agar tubuh ideal. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, suplemen vitamin yang meningkatkan sistem imun, maupun berolahraga secara rutin.

2. Konsumsi Buah dan Sayuran Sehat



Mengonsumsi buah-buahan segar dan juga sayuran memang dapat menyehatkan tubuh. Tapi pernahkan kamu berfikir, jika terlalu sering mengonsumsi sayuran atau buah dengan kandungan vitamin tertentu ternyata bisa menyebabkan penyakit liver. Salah satu penyebab penyakit liver adalah terlalu banyaknya mengkonsumsi vitamin A. 

Vitamin A yang terlalu banyak dalam jangka panjang menyebabkan kerapuhan tulang di usia tua dan juga kerusakan hati. Untuk itu, hindarilah mengkonsumsi vitamin A berlebih karena idealnya kebutuhan vitamin A harian yang diperlukan seorang laki-laki hanya sebesar 700-900 mg dan 600-700 mg untuk perempuan.

3. Jangan Berlebihan dalam Mengkonsumsi Obat



Tidak dapat dipungkiri jika salah satu penyebab terbesar penyakit liver atau gangguan hati ini adalah karena seringnya mengkonsumsi obat-obatan. Pasalnya, obat yang masuk dalam tubuh dalam jangka panjang akan mengganggu fungsi hati. Untuk itu, batasi penggunaan atau ikuti petunjuk dokter.

Tidak hanya obat-obatan, ternyata mengkonsumsi suplemen herbal terlalu berlebih juga menjadi pemicu penyakit liver. Meskipun pada umumnya suplemen herba memberikan iming-iming dengan suplemen alami, tetap saja tidak menjadi produk sepenuhnya. Contohnya adalah pada suplemen yang mengandung cascara, kaparal, comfrey, kava, dan ephedra yang sangat beresiko membahayakan organ hati.

4. Hindari Interaksi dengan Penderita Hepatitis



Penyebab penyakit liver selanjutnya adalah karena infeksi dari penyakit hepatitis oleh penggunaan jarum yang tidak steril. Misalnya saja pada pembuatan tato, pengambilan darah, atau penyuntikan obat-obatan. Virus hepatitis bisa menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Selain itu, virus ini juga bisa menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, bahkan bisa menular karena hubungan seksual.

Untuk itu, pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan lagi kedekatanmu dengan seseorang yang menderita hepatitis. Baik dari segi makanan, minuman, atau interaksi lainnya. Pasalnya, organ hati yang sudah sakit tidak akan dapat kembali lagi seperti semula. Untuk itu, lebih baik memastikan diri sendiri aman sebelum terlambat.

Itulah informasi seputar penyakit liver mulai dari gejala liver hingga cara menghindarinya. Dengan mengetahui informasi ini, semoga kamu bisa sedini mungkin menghindari pemicu dari penyakit ini agar organ liver kamu tetap sehat dan terjaga ya Lemonizen! 


Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020