Kenali Penyebab Hipertensi, Wajib Ketahui Gejala dan Pencegahannya

22 Jul 2020 @ 15:19:29
Tekanan darah tinggi atau secara kondisi medis disebut hipertensi termasuk kondisi medis yang secara signifikan dapat meningkatkan risiko seseorang rentan terkena penyakit jantung, gangguan kesehatan otak, dan ginjal. Hipertensi didiagnosis jika pembacaan terhadap tekanan darah mencapai lebih dari sama dengan 140/90 mmHg. Penyebab hipertensi juga sangat beragam dan tidak diakibatkan oleh satu hal saja. Penyebab ini juga terbagi atas jenis hipertensi itu sendiri. Hipertensi memiliki dua jenis, yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Berikut penyebabnya:

1. Hipertensi Primer

Pada kebanyakan orang dewasa penyebab hipertensi ini seringkali tidak diketahui. Hipertensi primer seringkali berkembang bertahap selama bertahun-tahun.

2. Hipertensi Sekunder

Beberapa orang memiliki hipertensi ini karena memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya. Penyebabnya seringkali muncul tiba-tiba dan menyebabkan tekanan darah lebih tinggi daripada hipertensi primer.

Berikut kondisi dan obat-obatan yang dapat menyebabkan hipertensi sekunder:
  1. Obstruktif sleep apnea (OSA).
  2. Masalah ginjal
  3. Tumor kelenjar adrenal
  4. Masalah tiroid
  5. Cacat bawaan pada pembuluh darah
  6. Obat-obatan, seperti pil KB, obat flu, dekongestan, obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, dan obat-obatan terlarang, seperti kokain dan amfetamin.

Gejala Hipertensi



Orang yang memiliki hipertensi akan merasakan beberapa gejala yang timbul. Apa saja gejalanya? Berikut ini adalah beberapa gejala hipertensi: 

  1. Sakit kepala yang berat
  2. Tubuh lemas
  3. Masalah dalam penglihatan
  4. Dada terasa nyeri
  5. Sesak nafas
  6. Aritmia
  7. Adanya darah dalam urine 

Pencegahan Hipertensi



Kamu bisa menjalankan beberapa hal berikut agar terhindari hipertensi: 
  1. Berhenti merokok 
  2. Berolahraga secara teratur
  3. Menurunkan berat badan, jika berat badan berlebih
  4. Mengurangi konsumsi minuman beralkohol 
  5. Menghindari konsumsi minuman yang bersoda
  6. Mengkonsumsi makanan yang sehat
  7. Menjalani pola hidup sehat

Pengobatan Hipertensi



Bagi sebagian orang yang mengidap hipertensi, harus mengkonsumsi obat seumur hidup untuk mengatur tekanan darahnya. Namun, jika tekanan darah pengidap sudah terkendali melalui perubahan gaya hidup semakin baik, konsumsi obat dapat dihentikan. Obat-obatan yang biasanya diberikan kepada para pengidap hipertensi, sebagai berikut:

  1. Obat untuk membuang kelebihan garam dan cairan di tubuh yang dikeluarkan melalui urine. Hipertensi membuat orang yang mengalaminya menjadi rentan terhadap kadar garam tinggi yang ada dalam tubuh. Hal ini membuat penggunaan obat dibutuhkan sebagai bagian dari pengobatan.
  2. Obat untuk melebarkan pembuluh darah sehingga membuat tekanan darah bisa turun. 
  3. Obat yang bisa bekerja untuk memperlambat detak jantung dan melebarkan pembuluh darah. Tujuan penggunaan obat ini untuk menurunkan tekanan darah dari pengidap hipertensi. 
  4. Obat penurun tekanan darah yang berfungsi untuk membuat dinding pembuluh darah menjadi lebih rileks. 
  5. Obat penghambat renin yang berfungsi sebagai obat untuk menghambat kerja enzim dan menaikan tekanan darah yang dihasilkan oleh ginjal. Jika renin bekerja secara berlebihan, tekanan darah akan naik tidak terkendali.
  6. Selain konsumsi obat-obatan, pengobatan hipertensi bisa dilakukan melalui terapi relaksasi, seperti dengan terapi meditasi dan terapi yoga. Terapi tersebut bertujuan untuk mengendalikan stres yang sedang dirasakan dan memberikan dampak relaksasi bagi pengidap hipertensi supaya lebih tenang. 
Pengobatan terhadap hipertensi juga tidak akan berjalan lancar jika tidak disertai dengan perubahan gaya hidup yang semakin baik. Serta menjalani pola makan dan hidup sehat, menghindari konsumsi kafein dan garam secara berlebihan.

Demikian informasi seputar penyebab hipertensi, gejala dan pencegahannya yang penting untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui hal ini, maka diharapkan kamu bisa menjalani pola hidup yang sehat agar terhindar dari hipertensi ya! 


Artikel Terkait

Kurang Minum Sebabkan Dehidrasi, Apa Gejala dan cara Mengobatinya?
Kebiasaan minum yang sangat sedikit bisa menyebabkan dehidrasi tubuh, lalu bagaimana cara jika dehidrasi sudah terlanjur..
Rizki Indra
31 Juli 2020
7 Manfaat Senam Kegel, Bagaimana Cara Melakukanya?
Senam kegel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya bagi para wanita. Inilah berbagai manfaat tersebut...
Rizki Indra
31 Juli 2020
Apa Kabar Ayla Dimitri, Our Lemonilo Crush July Selama Pandemi?
Ayla Dimitri justru menemukan banyak hal baru bagi dirinya selama quarantine di masa pandemi..
Shella Rafiqah Ully
31 Juli 2020