Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Kenali Penyebab Postparfum Blues Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
25 Mar 2021
Clock Icon
6 menit
Curhat sehat

Hai Lemonizen, selamat datang di #CurhatSehat bersama Lemonilo. #CurhatSehat adalah ruang di mana kamu bisa menanyakan semua masalah kesehatan yang kamu alami dan nantinya akan dijawab langsung oleh Tim Dokter Mamanesia (dr. Kanya Tania).

banner consideration shipping bg blue


#CurhatSehat edisi kali ini, Lemonilo memilih 3 pertanyaan dari Lemonizen yang ditanyakan melalui akun Instagram Lemonilo pada 18-24 Maret. Yuk, simak jawaban lengkap dokter untuk setiap pertanyaan tersebut!




Fenomena baby blues dalam istilah kedokteran disebut postpartum bluesPostpartum blues ini diketahui dialami oleh 50-80% ibu baru. Gangguan suasana hati ini ditandai dengan gejala seperti rasa cemas, mudah tersinggung, serta perasaan sedih yang bergantian dengan perasaan baik-baik saja atau dikenal dengan istilah mood swing.


Terkadang baby blues juga bisa disertai dengan gangguan tidur dan kelelahan yang berkepanjangan. Gejala tersebut biasanya muncul  pada hari ke-3 hingga hari ke-4 setelah melahirkan. Kemudian memburuk di hari ke 5- hingga hari ke-7 dan akan hilang dalam waktu kurang dari 2 minggu.


Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya postpartum blues ini. Faktor-faktor tersebut antara lain.


1. Perubahan Hormon

Pada 48 jam pasca melahirkan akan terjadi penurunan drastis hormon estrogen, dan hormon progesteron. Perubahan ini akan dialami oleh seluruh wanita, baik yang mengalami postpartum blues, maupun tidak. Namun wanita yang mengalami postpartum blues diduga memiliki sensitivitas yang lebih tinggi terhadap reseptor hormonalnya.


2. Faktor Psikososial 


Saat menjadi ibu baru, tentu banyak perubahan yang akan dialami oleh Lemomoms, Mulai dari beradaptasi dengan pola menyusui anak, hingga beradaptasi dengan jam tidur yang tidak menentu.

banner consideration promotion bg blue


Pada minggu awal pasca melahirkan tentu tubuh Lemomoms sedang mengalami masa pemulihan pasca melahirkan, terutama bagi ibu yang melahirkan secara operasi caesar. Sehingga ibu seringkali mengalami kelelahan karena sulit beradaptasi dengan situasi baru.


Di samping itu, faktor produksi ASI juga bisa memengaruhi kondisi ibu. Belum lagi, bila ditambah dengan support system dari keluarga terdekat yang kurang baik. Hal-hal inilah yang bisa memicu postpartum blues pada ibu.


3. Kerentanan Biologis


Kerentanan biologis juga memiliki pengaruh pada kondisi postpartum blues. Wanita yang memiliki riwayat depresi sebelumnya mempunyai kemungkinan mengalami postpartum blues lebih besar dibandingkan dengan yang tidak.


Ibu yang saat hamil trimester akhir sudah mengalami gangguan mood, kemungkinan akan mengalami hal tersebut sampai masa pasca melahirkan. Selain itu sebuah studi juga mengatakan bahwa diabetes gestasional mempunyai kaitan meningkatkan risiko postpartum blues.


Cara Mengatasi Postpartum Blues

Kondisi postpartum blues bukanlah hal yang mudah dilalui. Namun, Lemomoms jangan terlalu khawatir, postpartum blues ini merupakan kondisi yang bisa diatasi. Menghindari faktor-faktor penyebab merupakan salah satu usaha untuk menjaga agar tidak mengalami postpartum blues.


Saat mengalami perubahan-perubahan kehidupan pasca melahirkan, Lemomoms jangan memaksakan diri untuk mengerjakan semuanya sendiri. Ketika Lemomoms merasa kewalahan, ada baiknya berbagi tugas dengan suami atau support system lain.


Lemomoms juga perlu memberikan hadiah berupa 'me time' pada diri. Misalnya dengan tidur cukup, makan makanan bergizi, dan olahraga. Berolahraga akan membantu tubuh menyeimbangkan hormon yang mampu  dan meningkatkan moodsehingga Lemomoms bisa kembali bersemangat.


Apabila gangguan mood sudah cukup berat sampai mengganggu aktivitas sehari-hari dan berlangsung lebih dari dua minggu, cobalah untuk cari bantuan dengan berkonsultasi ke psikolog atau ke psikiater.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Jika dibiarkan berlarut-larut  dan tidak ditangani dengan baik postpartum blues yang seharusnya hilang dalam jangka waktu 2 minggu dapat menjadi depresi pasca melahirkan, yang perlu penanganan lebih lanjut.


Nah, bagaimana Lemonizen, sudah cukup jelas belum informasi dari dokter di #CurhatSehat kali ini? Semoga terbantu ya dengan jawaban yang diberikan oleh Tim Dokter Mamanesia. Jangan lupa tulis di kolom komentar kalau kamu punya keluhan ataupun masalah kesehatan yang ingin dicurhatin!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.