Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Kenali Pola Tidur Sehat untuk Menjaga Kesehatan Tubuhmu

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan menerapkan pola tidur sehat.

Pola tidur sehat akan memengaruhi kinerja tubuh dan aktivitas sehari-hari. Pola tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Seseorang yang memiliki pola tidur cukup akan lebih ringan dalam melakukan kegiatan karena tubuh dalam keadaan fit. Sementara itu, orang yang kurang tidur akan mengalami hambatan dalam beraktivitas.


Seperti misalnya mudah lelah, sering mengantuk, atau pusing. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat agar tubuh selalu sehat. Lalu, seperti apa pola tidur yang sehat yang bisa dilakukan?

Pola Tidur Sehat yang Direkomendasikan

Tidur memiliki 2 macam tipe, yakni Rapid Eye Movement (REM) sleep dan Non-Rapid Eye Movement (Non-REM) sleep. Ketika kamu bermimpi, berarti sedang berada di fase REM Sleep. Kemudian ketika di tipe (Non-REM) sleep berarti kamu sedang berada di fase tidur yang sesungguhnya. Kedua fase tidur tersebut yakni 3-5 siklus tiap malamnya dengan artian pola tidurnya teratur. Berikut merupakan anjuran tidur cukup bagi setiap rentang usia:

  • Bayi baru lahir memiliki anjuran tidur selama 16-18 jam per hari.
  • Anak balita (pra sekolah) memiliki anjuran tidur selama 11-12 jam per hari.
  • Anak usia sekolah memiliki anjuran tidur paling sedikit 10 jam per hari.
  • Remaja memiliki anjuran tidur 9-12 jam per hari.
  • Dewasa memiliki anjuran tidur 7-9 jam per hari.

Apabila seseorang mempunyai jam tidur yang kurang atau melebihi anjuran tersebut, maka akan muncul kondisi kurang normal pada tubuh. Ketika kekurangan jam tidur, maka badan akan terasa lemas, tidak bersemangat, mudah lelah, daya pikir berkurang, dan masih banyak lagi. Sedangkan apabila kelebihan jam tidur akan menyebabkan kepala terasa pusing.

Cara Mengatur Pola Tidur Berkualitas

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar pola tidurmu berkualitas:

1. Konsisten dengan Jadwal Tidur


Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mengatur pola tidur yang berantakan yaitu dengan menjaga konsistensi terhadap jadwal tidur yang telah dibuat. Usahakan untuk memiliki jam tidur yang sama. Seperti misalnya kamu biasa tidur jam 9 malam dan bangun jam 6 pagi. Usahakan untuk selalu konsisten dengan waktu tersebut. Dengan adanya konsistensi, maka akan menimbulkan sebuah kebiasaan.

2. Atur Pencahayaan Kamar


Tidur yang berkualitas akan terjadi ketika pencahayaan kamar diatur dengan baik. Pencahayaan yang terang akan memengaruhi otak untuk tetap bekerja, sehingga tubuh tidak bisa istirahat dengan sempurna. Oleh karena itu, ketika tidur dianjurkan untuk mematikan lampu atau paling tidak menggunakan lampu tidur agar cahaya tidak memengaruhi otak yang sedang beristirahat.

3. Memperhatikan Makanan dan Minuman Sebelum Tidur


Makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur juga dapat berpengaruh terhadap aktivitas tidur kamu. Ketika kamu minum teh, kopi atau minuman yang mengandung kafein dan energi akan memberikan efek pada tubuh berupa terlalu sering membuang air kecil, sehingga tidur tidak bisa nyenyak. Kemudian minuman beralkohol akan memberikan efek nyenyak ketika tidur. Tidak hanya itu, makanan yang pedas dan asam juga akan mengganggu aktifitas tidur karena akan memberikan efek sakit pada perut.

4. Menciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman


Ketika tidur, dianjurkan untuk menciptakan suasana yang nyaman yakni dengan mengatur suhu ruangan dengan baik, menggunakan peralatan tidur yang bersih, menghindari suara bising, dan menghindari hal apa saja yang bisa mengganggu aktivitas tidur. Sebaiknya jauhkan gadget dari jangkauan karena radiasinya akan menghasilkan efek buruk pada otak.


Itulah tadi tipe pola tidur yang sehat dan juga cara yang bisa dilakukan untuk menjaga pola tidur yang berkualitas. Sebaiknya terapkan pola tersebut dalam jangka waktu yang panjang dan rutin agar kamu bisa membuat pola tidur yang baik dan sehat seterusnya. Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.