Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Kenali Tujuan dalam Berbisnis Sebelum Kamu Memulainya

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Tujuan berbisnis penting diketahui pengusaha pemula sebelum berbisnis.

Kamu harus memahami tujuan berbisnis sebelum memutuskan untuk memulai sebuah kegiatan usaha. Bagi semua pengusaha, tujuan utama melakukan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Namun demikian, untuk mencapai tujuan tersebut tentunya harus melewati beberapa rencana dan proses.


Secara garis besar dapat dijelaskan bahwa bisnis adalah sebuah kegiatan untuk menjual barang atau jasa kepada pelanggan dengan tujuan memperoleh laba. Bisnis secara luas melibatkan proses produksi, pembelian, penjualan, ataupun pertukaran barang dan jasa. Kamu harus memahami tujuan dan manfaat dari kegiatan berbisnis yang hendak dijalankan.

Tujuan Berbisnis yang Harus Dipahami


Setiap kegiatan usaha pasti memiliki tujuan bisnis, adapun tujuan utamanya yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan ini dapat diperoleh dengan menghasilkan produk atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Selain ingin mendapatkan keuntungan, tujuan-tujuan lain dari berbisnis adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pendapatan pelaku bisnis termasuk meningkatkan kesejahteraan seluruh personil yang terlibat di dalam sebuah kegiatan bisnis.
  2. Menyediakan produk berupa barang atau jasa yang menjadi kebutuhan masyarakat luas.
  3. Memberi peluang bekerja dengan menciptakan lapangan pekerjaan.
  4. Menaikkan status sosial dan eksistensi diri kamu dan membuktikannya dengan kinerja.

Semakin ke depan, tujuan yang hendak dicapai dalam berbisnis tidak saja hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Kamu tentu ingin menjadi market leader yang mampu menguasai pasar. Perusahaan mampu mengembangkan usaha dengan menguasai sumber daya fisik dan modal.


Tujuan jangka panjang lainnya adalah meningkatkan nilai tambah dengan menciptakan inovasi baru pada produk. Produk yang inovatif dan disukai masyarakat dapat meningkatkan profit dan menjadikan bisnis kamu sebagai market standing dalam penguasaan pasar. Hal ini akan memberi jaminan bagi bisnis untuk memperoleh profit dalam jangka waktu panjang.


Pencapaian tujuan berbisnis dilakukan melalui proses pengelolaan sumber daya yang optimal. Proses ini harus memperhatikan kepentingan dan manfaatnya bagi pemilik sumber daya pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Apakah sajakah manfaat yang bisa kamu peroleh dari kegiatan bisnis?

Inilah Manfaat Melakukan Bisnis yang Bisa Kamu Peroleh


Tidak hanya tujuan, berbisnis juga memiliki manfaat. Manfaat utama melakukan kegiatan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan secara finansial bagi pemilik usaha. Namun, ternyata melakukan kegiatan bisnis dapat memberikan manfaat positif lainnya bagi diri sendiri. Inilah beberapa manfaat melakukan kegiatan bisnis bagi diri kamu:

1. Memperoleh Penghasilan Sendiri

Berbisnis menyebabkan kamu bisa memperoleh penghasilan sendiri tanpa harus bergantung dengan orang lain. Kamu dapat menentukan besar kecilnya penghasilan berdasarkan perkembangan bisnis yang dikelola. Kamu juga bisa memilih sumber penghasilan yang hendak dijalankan agar mendapat keuntungan finansial yang lebih tinggi.

2. Jam Kerja Lebih Fleksibel

Manfaat berbisnis yang paling menyenangkan adalah kamu tidak lagi terikat dengan jam kerja yang monoton. Kamu sendiri yang menentukan, kapan harus bekerja dan kapan waktu bersantai. Waktu untuk berkumpul bersama keluarga menjadi bertambah. Jika penghasilan semakin besar, maka Kamu bisa menggaji karyawan untuk melakukan sebagian pekerjaan.

3. Menentukan Masa Depan Sendiri

Melakukan kegiatan berbisnis memberikan kamu kesempatan untuk menentukan masa depan bagi diri sendiri dan keluarga. Apabila kamu mampu membaca peluang dan tetap gigih dalam berbisnis, bisa dipastikan kehidupan masa depan akan lebih baik. Perlu diingat bahwa keberhasilan bisnis sangat bergantung pada kemauan dan usaha yang pantang menyerah.


Itulah tujuan dan manfaat berbisnis. Tujuan berbisnis dapat tercapai dan mampu bertahan lama atas dukungan dari berbagai pihak yang terlibat. Seluruh pihak yang berkepentingan harus memahami tujuan, visi, dan target dari kegiatan bisnis. Pemahaman yang baik akan membuat semua pihak bekerjasama untuk mewujudkan tujuan melakukan bisnis hingga jangka waktu yang lama.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.