Kenapa Virgin Coconut Oil Ampuh untuk Diet?

15 Mei 2019 @ 12:31:55
Beberapa waktu belakangan Virgin Coconut Oil alias VCO jadi sangat populer karena khasiatnya yang dapat menurunkan berat badan. Mereka yang menjalankan diet keto, yaitu diet dengan pola makan rendah karbohidrat tinggi lemak mengkonsumsi VCO karena VCO mudah dan cepat dikonversikan menjadi bahan bakar ‘ketone’ di liver. 

VCO tidak sama dengan minyak kelapa biasa karena bahan mentah maupun proses ekstraksinya tidak menggunakan panas sama sekali. Perbedaan proses pembuatan ini membuat kandungan nutrisi dalam VCO juga tidak sama dengan minyak kelapa biasa. Kandungan nutrisi inilah yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Lantas, apa ya yang membuat VCO jadi ampuh untuk menurunkan berat badan?

1. VCO Membakar Energi Lebih Banyak

Tubuh membutuhkan energi yang tinggi untuk kandungan asam lemak rantai sedang yang terkandung dalam VCO. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 1996. Menurut penelitian ini, konsumsi 1-2 sendok makan asam lemak rantai sedang per hari akan meningkatkan pemakaian energi sebesar 120 kalori per hari. Jadi, jika kamu mengkonsumsi VCO, tubuh akan membakar energi lebih banyak dan berat badanmu menjadi turun.

2. VCO Bantu Mengurangi Nafsu Makan

Konsumsi VCO membantu mengurangi asupan kalori sebanyak 256 kalori per hari. Manfaat ini didapat dari kandungan asam lemak rantai sedang dalam VCO membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori harian.

3. VCO Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan asam lemak rantai sedang dalam VCO akan digunakan sebagai energi oleh tubuh dan cenderung tidak disimpan sebagai lemak. Hal ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

4. VCO Membantu Pembakaran Lemak

VCO mengandung manfaat thermogenik, yaitu manfaat untuk mendorong tubuh membakar lemak lebih banyak dibandingkan bahan makanan lain. VCO bahkan membantu membakar lemak di perut yang cenderung sulit dihilangkan. Menurut penelitian yang diterbitkan di ISRN Pharmacology pada tahun 2011, konsumsi VCO setiap hari selama 4 minggu membantu mengurangi lemak perut sebanyak sekitar 1%.

5. VCO Dapat Melancarkan Pencernaan

Kesehatan pencernaan juga merupakan faktor penting saat diet. VCO membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral yang larut dalam lemak dengan lebih efektif. Selain itu, VCO juga meningkatkan kinerja sistem pencernaan serta membantu mengatasi bermacam masalah pencernaan yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur.

Ini Cara Terbaik Mengkonsumsi VCO

Lemonizen bisa meminum VCO secara langsung tiap hari sekitar 2 sendok makan atau 30 ml VCO per hari. Jumlah ini dirasa cukup sehingga kamu masih memiliki ruang untuk mengkonsumsi lemak sehat dari bahan makanan lain seperti kacang-kacangan dan alpukat. Bila kamu belum pernah mengkonsumsi VCO sebelumnya, sebaiknya konsumsi VCO ditingkatkan secara bertahap, mulai dari 1 sendok teh per hari hingga menjadi 2 sendok makan per hari dalam waktu satu hingga dua minggu.

Selain diminum secara langsung, VCO juga bisa ditambahkan dalam smoothies. Caranya, blender buah dan sayuran bersama VCO, lalu taburi dengan chia seeds, granola, atau bahan lainnya. Cara ini memungkinkan Anda untuk mengkonsumsi VCO dengan cara yang lebih nikmat. Agar program dietmu terjamin sukses, konsumsi VCO juga harus dibarengi dengan olahraga teratur dan pola makan sehat ya, Lemonizen! 



Artikel Terkait

Tips Mengolah Ayam Goreng yang Tidak Merusak Diet
Dengan cara pengolahan dan bumbu ayam goreng yang tepat, Anda pun bisa menikmati ayam goreng yang sehat dan tidak merusa..
Shella Rafiqah Ully
15 Mei 2019
Diet Tanpa Bahayakan Kesehatan, Ini Kuncinya!
Makanan sehat untuk diet merupakan salah satu elemen penting dalam diet sehat untuk menurunkan berat badan. Apa yang per..
Shella Rafiqah Ully
13 Mei 2019
5 Kesalahan Diet Sehat yang Buat Usaha Dietmu Gagal Total!
Diet sehat memang perlu untuk dilakukan. Biar begitu, perlu kerja keras dan referensi cukup untuk terhindar dari kesalah..
OT Handoko
03 September 2018