Kenyang dan Sehat dengan Aneka Makanan Rendah Kalori dan Lemak

23 Feb 2017 @ 18:13:21
Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia

Kalori merupakan bahan bakar yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Jika asupan kalori Anda jauh lebih tinggi dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh maka tubuh akan menyimpannya sebagai cadangan makanan dalam bentuk lemak. Cadangan makanan tersebut tersimpan di bawah kulit sehingga akan membuat tubuh Anda terlihat gemuk. 

Oleh karenanya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, konsumsi makanan rendah kalori sangat dianjurkan. Makanan yang rendah kalori merupakan makanan yang memiliki kandungan kalori dalam jumlah sedikit dan biasanya kaya akan nutrisi lain yang penting bagi tubuh.

Manfaat Makanan Rendah Kalori 

Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa makanan yang tinggi kalori pasti mengenyangkan. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Banyak makanan tinggi kalori yang nyatanya tidak membuat Anda kenyang. 

Sebaliknya, ada juga makanan rendah kalori yang justru membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan rendah kalori dan lemak selain dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat penting bagi tubuh. 

Aneka Makanan Rendah Kalori dan Lemak

Terdapat berbagai jenis makanan rendah kalori dan lemak yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat menentukan menu makanan yang cocok untuk menjaga kesehatan dan berat badan Anda. Adapun daftar makanan rendah kalori antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Buah
    Buah-buahan dapat menjadi makanan yang mengenyangkan. Cobalah untuk mengonsumsi apel atau melon yang kaya akan serat. Selain mengenyangkan, makanan rendah kalori ini juga kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

    Anda dapat mengganti aneka cemilan tinggi kalori Anda dengan buah-buahan yang lebih sehat. Jika Anda bosan mengonsumsi buah potong segar, Anda juga bisa mengganti cemilan Anda dengan keripik buah alami.

  2. Sayur
    Sayur kaya akan serat dan memiliki efek mengenyangkan yang lebih baik dari buah-buahan. Gantilah sebagian porsi makanan berat Anda dengan makanan rendah kalori ini.

    Anda juga bisa menambahkan lebih banyak sayur dalam menyajikan sandwich atau omelette untuk memberikan efek lebih kenyang sekaligus memperkaya kandungan nutrisinya. Selain mengonsumsi sayuran segar, Anda juga bisa mengonsumsi keripik sayur untuk memenuhi kebutuhan serat Anda. 

  3. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan kaya akan protein dan serat yang mampu memberikan efek kenyang dengan kandungan kalori yang rendah. Anda dapat menyajikan kacang-kacangan sebagai cemilan sehat.

    Akan tetapi, pastikan bahwa kacang yang Anda olah tidak melalui proses penggorengan atau penambahan gula dan garam berlebih agar makanan rendah kalori ini tetap memberikan manfaat sehat yang optimal bagi Anda.

  4. Produk susu rendah lemak
    Meminum susu bisa dijadikan salah satu cara untuk memberikan efek kenyang. Begitu pula dengan aneka produk susu lainnya seperti yoghurt atau keju. Pilihlah susu rendah lemak jika Anda ingin tetap mengonsumsi minuman atau makanan rendah kalori. 

  5. Biji-bijian utuh
    Biji-bijian utuh merupakan makanan rendah kalori yang paling mengenyangkan. Karena terbuat dari biji-bijian utuh yang terjaga kandungan serat dan aneka nutrisinya, makanan rendah kalori ini paling dianjurkan selama menjalani diet.

    Beberapa contoh biji-bijan utuh yang dapat Anda konsumsi adalah jagung atau oat. Anda juga bisa memilih cemilan yang lebih sehat dan rendah kalori seperti popcorn yang terbuat dari jagung atau granola yang terbuat dari oat. 

  6. Daging tanpa lemak
    Beberapa orang mengira bahwa daging merupakan makanan yang tinggi kalori. Akan tetapi, sebenarnya daging tanpa lemak dapat  digolongkan sebagai salah satu makanan rendah kalori. Agar kandungan kalorinya tetap terkontrol, hindari proses memasak daging dengan tambahan lemak seperti minyak atau mentega.

    Agar kalori olahan daging tidak tinggi, masaklah daging tanpa lemak dengan cara direbus, kukus, atau panggang. Jika Anda ingin mengonsumsi olahan daging yang lebih sehat, pilihlah olahan daging sapi yang dibuat tanpa menggunakan bahan-bahan kimia seperti dendeng daging sapi alami. 

  7. Ikan
    Ikan juga kaya akan protein yang bisa memberikan efek kenyang. Meskipun mengandung lemak, lemak yang terkandung dalam daging ikan merupakan lemak sehat yang akan membatu mengusir lemak jahat dalam tubuh Anda.

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia
Siapa sih yang tidak mengenal rendang? Rendang umumnya berbahan dasar daging sapi atau hati sapi yang dimasak dengan ane..
Oleh OT Handoko
Tepung merupakan bahan makanan berbentuk serbuk halus. Kegunaan tepung bermacam-macam tergantung dari jenisnya. Walaupun..
Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia
Beberapa orang mungkin berpikir bahwa melewatkan sarapan pagi akan membantu program penurunan berat badan. Ada juga yang..