Ketahui 10 Penyebab Tekanan Darah Kamu Tergolong Rendah

Apakah kamu pernah mengalami pusing yang diiringi mata berkunang-kunang? Atau bahkan mudah pingsan jika berdiri lama? Ini bisa jadi akibat dari tekanan darah kamu yang terlalu rendah. Penyebab darah rendah ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor tertentu. Agar kamu bisa terhindar dari tekanan darah rendah, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab darah rendah tersebut:

1. Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab pertama yaitu adanya hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh. Hal ini bisa disebabkan karena kamu sedang menderita penyakit tertentu seperti penyakit tiroid dan diabetes. Kedua penyakit ini bisa menyebabkan turunnya kadar hormon di dalam darah dan ujung-ujungnya memberikan dampak pada tekanan darah kamu.

2. Kehamilan

Khusus ibu hamil, tekanan darah tidak akan selalu stabil. Pasalnya, tubuh akan mengikuti sirkulasi darah pada tubuh ibu hamil itu sendiri. Selama masa kehamilan, peredaran darahnya akan meluas dengan sangat cepat. Hal tersebut mengakibatkan tekanan darah menjadi menurun dan akan normal kembali setelah melahirkan.

3. Dehidrasi

Apabila tubuh kamu kehilangan banyak air atau dikenal dengan hidrasi, akan menyebabkan volume darah dalam tubuh menjadi menurun. Hal tersebut tentunya akan memicu turunnya tekanan darah.

Selain itu, juga akan mengakibatkan munculnya berbagai kondisi seperti pusing, lelah dan tubuh terasa letih lemah. Faktor penyebab dehidrasi ini juga bisa karena konsumsi sejumlah obat diuretik, sering olahraga berat, muntah, diare, dan demam.

4. Pendarahan

Hilangnya darah dalam tubuh pada jumlah yang sangat besar bisa menurunkan aliran darah sehingga volumenya pun akan menurun ke berbagai jaringan tubuh. Penurunan ini mengakibatkan tekanan darah juga turun sangat drastis.

5. Infeksi Berat

Jika infeksi sudah memasuki aliran dalam darah maka terjadilah septikemia. Kondisi seperti ini sangat mengancam jiwa seseorang yang pada awalnya didahului oleh penurunan tekanan darah.

6. Anafilaksis

Anafilaksis merupakan kondisi di mana terjadi alergi yang cukup parah dan bahkan bisa mengancam jiwa. Penyebabnya bisa karena makanan, obat tertentu, lateks, dan racun serangga. Kondisi ini akan menyebabkan penurunan tekanan darah, masalah pernapasan, tenggorokan bengkak, dan juga gatal-gatal pada bagian tubuh tertentu.

7.  Kekurangan Nutrisi

Vitamin B12 dan asam folat sangatlah penting agar sel darah merah dalam tubuh tercukupi. Apabila kurang, inilah yang akan menyebabkan produksi sel darah merah menjadi terganggu sehingga aliran darah ke tubuh kurang. Pada akhirnya, terjadilah penurunan tekanan darah.

8. Masalah Jantung

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan masalah tekanan darah rendah. Diantaranya adalah masalah katup jantung, gagal jantung, serangan jantung, dan denyut jantung yang terlalu rendah atau bradikardi.

9. Mengonsumsi Obatan Tertentu

Efek tekanan darah bisa jadi karena kamu pernah mengonsumsi obat-obatan yang juga memiliki efek samping terhadap penurunan tekanan darah. Adapun obat yang bisa memicu turunnya tekanan darah adalah atenolol, levodopa, propranolol, furosemide, dan sildenafil.

10. Terlalu Lama Berdiri atau Berbaring

Tak hanya itu, apabila kamu terlalu lama berdiri atau berbaring maka kondisi seperti ini bisa juga menyebabkan hipotensi. Ini lebih dikenal dengan ortostatik atau postural. Berdiri terlalu lama menyebabkan darah kamu menjadi menumpuk pada bagian tungkai dan sebagian besar sangat sering terjadi pada anak-anak.

Itulah 10 penyebab darah rendah, di mana kondisi seperti ini lebih baik dihindari. Selain itu, sebaiknya kamu juga harus rutin melakukan konsultasi ke dokter dan meminta saran seperti pilihan asupan makanan yang terbaik untuk mengoptimalkan tekanan darah.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami