Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 2 Waktu yang Tepat untuk Olahraga Demi Kesehatanmu

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Waktu yang tepat untuk olahraga penting diketahui dari sekarang.

Supaya mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, olahraga harus dilakukan dengan cara yang benar. Bukan hanya itu, waktu untuk olahraga juga harus sesuai. Hingga saat ini masih banyak orang yang bingung mengenai waktu yang tepat untuk olahraga. Sebagian berpendapat bahwa berolahraga sebaiknya dilakukan di pagi hari dan sebagian lainnya memilih sore atau malam sebagai waktu terbaik berolahraga. banner consideration shipping bg blue


Sebenarnya tidak ada patokan yang pasti tentang waktu yang tepat untuk olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga kapan saja sesuai dengan kondisi tubuh dan waktu yang kamu bisa. Sebenarnya yang terpenting kamu melakukannya secara rutin dan terjadwal. Kamu pasti akan mendapatkan dampak positif dari aktivitas olahraga yang dilakukan. Namun ada beberapa keuntungan ketika melakukan olahraga di dua waktu berikut ini.


Seperti yang telah dibicarakan di atas, bahwa tidak ada patokan pasti tentang waktu yang tepat untuk olahraga. Sebenarnya waktu yang tepat untuk berolahraga dapat kamu sesuai dengan kondisi tubuh dan waktu yang kamu punya. Misalkan kamu seorang pekerja yang sibuk dan hanya memiliki waktu longgar di sore menjelang malam. Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk berolahraga.


Namun, pastikan kondisi tubuh kamu dalam keadaan baik dan tidak kelelahan setelah bekerja, karena saat tubuh kamu kelelahan dan dipaksa melakukan olahraga. Malah akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk.


Sebaliknya, jika kamu memiliki waktu senggang di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Sebaiknya kamu memanfaatkan waktu tersebut untuk berolahraga. Umumnya orang lebih setuju melakukan olahraga di pagi hari. Bisa jadi karena udara pagi yang masih bersih dari polusi. Sehingga membuat aktivitas olahraga menjadi lebih nyaman karena menghirup udara yang segar dan bersih.


Baik olahraga di malam hari maupun pagi hari memiliki keuntungannya tersendiri. Berikut keuntungan melakukan olahraga di pagi dan malam hari:

1. Berolahraga di Pagi Hari


Pagi hari menjadi waktu yang pas untuk melakukan olahraga bagi kamu yang rajin bangun pagi. Keuntungan melakukan olahraga di pagi hari dapat membantu otak melepas hormon endorfin dengan lebih baik. Hal itu karena perasaan bahagia dan nyaman ketika menghirup udara yang masih segar. Kondisi perasaan yang baik bisa meningkatkan aktivitas fisik sepanjang hari.banner consideration promotion bg blue


Melakukan olahraga di pagi hari akan berperan besar dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga membantu tubuh membakar lebih banyak lemak. Sehingga berperan besar dalam proses menurunkan berat badan. Apalagi jika kamu berolahraga dengan perut kosong, akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh hingga 20 persen.

2. Berolahraga di Sore atau Malam Hari


Selain keuntungan yang akan didapatkan tidak hanya saat melakukan olahraga di pagi hari saja. Ketika kamu berolahraga di sore atau malam hari juga menjadi waktu yang baik dan mendatangkan berbagai keuntungan untuk tubuh.

Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa titik puncak kemampuan tubuh melakukan aktivitas ketika di sore hari. Pada sore hari suhu tubuh akan naik bahkan di titik tertinggi saat jam 2 hingga 6 sore. Berolahraga di sore hari juga menjadi waktu yang baik karena pada saat sore hari fungsi dalam tubuh meningkat.

Termasuk meningkatkan aktivitas enzim dan daya tahan tubuh, sehingga tubuh siap melakukan aktivitas olahraga. Di waktu sore hari, detak jantung dan tekanan darah juga dalam fase paling rendah. Kondisi tersebut dapat mengurangi kemungkinan terjadinya cedera.

Sedangkan berolahraga di malam hari oksigen bisa diserap lebih cepat dibandingkan pada saat pagi. Dengan begitu penggunaan energi menjadi lebih efektif. Menurut sebuah penelitian juga menyatakan bahwa berolahraga di malam hari bisa meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Dengan catatan orang tersebut tidak memiliki gangguan tidur sebelumnya.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Karena keduanya memiliki keuntungannya masing-masing, jadi tidak ada patokan waktu yang tepat untuk olahraga secara pasti. Sehingga kamu bisa menyelesaikannya dengan aktivitas keseharianmu yang terpenting kamu berolahraga dengan rutin dan konsisten. Dengan begitu, pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.