Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Ketahui 3 Efek Samping Setrika Wajah yang Harus Dipahami

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak efek samping setrika wajah yang wajib diketahui.

Saat ini, ada banyak sekali perawatan kulit yang ditujukan untuk mencegah penuaan. Salah satunya adalah setrika wajah. Meskipun dikenal efektif menghambat penuaan wanita, ternyata ada efek samping setrika wajah yang tidak bisa disepelekan loh!

Secara garis besar, setrika wajah atau yang juga populer disebut sebagai RF (Radio Frequency), merupakan salah satu prosedur kecantikan non-bedah yang memanfaatkan frekuensi radio untuk mengencangkan sekaligus membentuk kembali lapisan kulit wajah yang telah kendur akibat penambahan usia.
banner consideration shipping bg blue

Selain itu, setrika wajah juga ampuh untuk menyamarkan selulit, menghilangkan jaringan lemak berlebih, serta contouring tubuh bagi mereka yang menghendaki modifikasi pada bentuk tubuhnya. Semisal saja menghilangkan lipatan dagu atau meniruskan pipi.

Singkatnya, cara kerja setrika wajah adalah dengan memanaskan bagian wajah sampai ke lapisan terdalam. Hal ini ditujukan untuk merangsang pertumbuhan kolagen baru, dimana nantinya dapat memberikan perubahan langsung pada jaringan kulit wajah. Pada dasarnya, prosedur setrika wajah cukup aman untuk dilakukan, serta bisa digunakan untuk semua tone kulit.

Akan tetapi, penggunaan setrika wajah memiliki syarat dan ketentuan berlaku. Orang yang sedang menggunakan alat pacu jantung dan ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan prosedur perawatan kulit ini lantaran dikhawatirkan alat yang digunakan bisa menyebabkan janin yang sedang dikandungnya mengalami cacat akibat gelombang frekuensi yang digunakan.

Disamping banyaknya manfaat yang ditawarkannya, setrika wajah lagaknya memiliki efek samping yang mungkin akan dirasakan oleh penggunanya. Sebut saja:

1. Wajah Bengkak dan Kulit Kemerahan


Salah satu efek samping yang paling sering dikeluhkan oleh para pasien setrika wajah adalah wajah yang membengkak dan kondisi kulit yang berubah menjadi kemerahan. Meski sering terjadi, efek samping ini tidaklah berbahaya dan akan segera mereda sesaat setelah ditangani dengan beberapa tindakan. Misalnya saja dengan memberikan kompres air es pada wajah. Namun, jika dalam beberapa hari efek samping ini tidak juga membaik, ada baiknya untuk segera menemui dokter.banner consideration promotion bg blue

2. Bekas Luka


Tidak banyak disadari, teknik setrika wajah ternyata bisa menimbulkan bekas luka yang tidak bisa hilang, alias permanen. Baik itu dikarenakan luka bakar selama prosedur dilangsungkan, infeksi, atau pigmentasi kulit. Untuk dapat menghilangkannya, dokter biasanya akan penyuntikan kortikosteroid pada bekas luka tersebut.

3. Risiko Radiasi


Perawatan setrika wajah memang sudah dirancang untuk meminimalisir radiasi yang dipancarkan oleh frekuensi radio, namun beberapa orang dengan kulit sensitif masih saja mengalami rasa sakit akibat prosedur tersebut. Sebagian dari mereka bahkan membutuhkan obat penenang saat proses setrika wajah berlangsung.

Sejatinya, tiap-tiap orang akan menghadapi efek samping yang berbeda-beda setelah menjalani prosedur setrika wajah. Apapun itu, efek samping perawatan setrika wajah bisa dicegah melalui tindakan pencegahan yang tepat.

Perlu dicatat, perawatan setrika wajah hanya boleh dilakukan oleh dokter bedah kecantikan, dokter spesialis kulit (dermatolog), terapis kecantikan, atau ahli farmasi yang memang sudah mengantongi sertifikat resmi atas tindakan perawatan ini.

Oleh sebab itu, bagi pasien yang ingin menghindari atau meminimalisir efek samping setrika wajah, pastikan untuk hanya menjalani prosedur setrika wajah di klinik-klinik dengan ahli yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Ingat, jangan pernah bernegosiasi dan mengambil resiko dalam melakukan perawatan wajah. Alih-alih memperoleh kulit kencang dan kenyal bak selebriti Korea, kamu malah bakal mendapatkan efek samping setrika wajah mengerikan yang mungkin tidak bisa dihilangkan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.