Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 3 Manfaat Buah Kelubi Bagi Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan beberapa manfaat buah kelubi yang penting.

Tidak banyak disadari masyarakat Indonesia bahwa ternyata manfaat buah kelubi sangatlah beragam. Buah yang kerap diidentikkan dengan buah salak ini bisa dikonsumsi secara rutin sebagai makanan 'treatment' untuk memperbaiki kondisi kulit manusia sekaligus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Lantas, apa sajakah manfaat dari buah kelubi?

Sekilas Tentang Buah Kelubi


Tanaman yang bisa tumbuh subur di hutan sekitar mata air atau rawa ini memiliki nama latin Eleiodoxa conferta dan termasuk ke dalam genus monotypic dengan keluarga Arecaceae. Tumbuhan kelubi terbilang cukup adaptif terhadap lahan dengan kadar air tinggi. Adapun habitat bagi kelubi adalah Bangka, Lampung, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, hingga daratan Malaysia.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perawakan buah kelubi sangatlah mirip dengan buah salak, namun ukurannya cenderung lebih kecil dibandingkan salak. Diketahui, rata-rata buah kelubi memiliki ukuran diameter sebesar 3-4 cm. Buah kelubi muncul secara berkelompok dalam tandan. Biasanya, ajab ada 300-400 buah kelubi dalam setiap tandannya.

Karakteristik lain yang dimiliki buah kelubi adalah kulitnya yang bersisik selayaknya buah salak, memiliki tekstur kasar dan lebih tebal daripada buah salak, serta kulitnya berwarna gading kala masih muda. Sementara buah kelubi tua memiliki warna kulit yang lebih gelap, yakni coklat.

Mengingat ciri fisiknya yang sangat mirip dengan salak dan karena pohonnya banyak tumbuh secara liar di beberapa kawasan, buah kelubi acap kali disebut sebagai salak liar atau salak hutan.

Terlepas rasanya yang cukup asam, masyarakat Ogan Komering Ilir di Sumatera Selatan menggunakan buah kelubi untuk menjadi campuran sambal terasi pedas. Sementara di Kalimantan Timur, kelubi lebih akrab sebagai bahan manisan.

Kegunaan Buah Kelubi Untuk Kesehatan Tubuh


Berikut ini merupakan beberapa kegunaan dari buah kelubi untuk kesehatan tubuh yang patut diketahui.

1. Sumber Vitamin C

Rasa asam-sepet dari buah kelubi mengindikasikan bahwa buah satu ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

2. Mengecilkan Pori-Pori

Wanita sering kali menemui masalah saat sedang mengaplikasikan make up ke wajahnya, yaitu pori-pori wajah yang besar. Tidak hanya akan mengganggu tampilan harian, kondisi pori-pori yang besar akan mengakibatkan make up yang diaplikasikan menjadi cakey dan tidak menempel dengan sempurna.

Menurut salah satu penelitian, buah kelubi memiliki kandungan asam askorbat, yakni suatu senyawa astringent yang sangat baik untuk kesehatan kulit, salah satunya ialah mengecilkan pori-pori kulit.

3. Mengatasi Kulit Berminyak dan Jerawat

Buah kelubi juga dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan saat kamu mengalami masalah kulit berminyak dan berjerawat. Kamu bisa memilih untuk mengkonsumsinya secara langsung atau mengubahnya menjadi masker wajah alami untuk merawat kulit lebih sehat. Nah, panduan untuk membuat masker kelubi adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 3 buah kelubi dan haluskan menggunakan blender sampai benar-benar halus.
  • Aplikasikan masker kelubi ke wajah dan leher secara merata. Pada fase ini, usahakan untuk menghindari daerah di sekitar mata, lubang hidung, dan mulut.
  • Tunggu selama kurang lebih 30 menit atau sampai masker kelubi mengering. Jika sudah, segera bilas dengan air dingin sampai bersih.
  • Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan kelubi secara rutin sampai permasalahan kulit seperti halnya jerawat, bopeng, ataupun kulit berminyak teratasi.

Demikianlah sekilas informasi tentang eksistensi kelabi sekaligus berbagai manfaat buah kelubi yang perlu diketahui. Walau jarang disorot, ternyata kelubi menyimpan banyak sekali manfaat yang menarik ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.