Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Ketahui 3 Perbedaan Psikosis dan Skizofrenia

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak perbedaan psikosis dan skizofrenia yang penting diketahui

Pada dasarnya psikosis dan skizofrenia merupakan dua penyakit yang berbeda. Namun masih banyak yang yang tidak mengetahui hal ini dan keliru dalam mendefinisikan gejala-gejala yang ditimbulkan. Inilah mengapa sangat penting untuk mengetahui perbedaan psikosis dan skizofrenia.

Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Psikosis Dan Skizofrenia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, psikosis dan skizofrenia adalah dua kondisi yang berbeda. Psikosis sendiri adalah nama gejala yang meliputi halusinasi dan delusi. Halusinasi membuat seseorang mengalami hal yang sebenarnya tidak dialaminya. Halusinasi juga membuat seseorang melihat ataupun mendengar hal yang sebenarnya tidak ada.
banner consideration shipping bg blue

Sementara delusi sendiri adalah memiliki keyakinan yang tidak biasa yang tidak dimiliki orang lain. Sementara skizofrenia adalah penyakit mental yang mempengaruhi perasaan dan pikiran seseorang. Halusinasi dan delusi memang termasuk dalam gejala skizofrenia.

Akan tetapi, seringkali seseorang dengan skizofrenia bisa memiliki gejala lain, seperti merasa datar dan atau tanpa emosi maupun sampai menarik diri dari orang lain. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

1. Perbedaan Penyebab


Penyebab pasti dari skizofrenia ini masih belum diketahui, akan tetapi para ahli berpendapat bahwa faktor lingkungan dan faktor genetika turut berperan serta dalam terjadinya gangguan ini. Sebuah teori mengatakan bahwa penurunan kadar dopamin akibat pengecilan bagian otak tertentu bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya skizofrenia.

Semetara psikosis dapat disebabkan oleh berbagai hal. Seperti misalnya penggunaan alkohol, amfetamin, ganja, stroke, penyakit Parkinson, tumor atau kista otak, epilepsi, infeksi HIV yang mengenai otak, penyakit Alzheimer, dan skizofrenia.

2. Perbedaan Gejala


Beberapa gejala skizofrenia yang dapat ditemukan adalah:banner consideration promotion bg blue

Halusinasi

  • Delusi
  • Gangguan proses berpikir dan berbicara
  • Anhedonia (tidak bisa merasakan bahagia saat melakukan apapun)
  • Kurangnya respon emosional pada orang lain maupun situasi
  • Menarik diri dari lingkungan
  • Tidak memperhatikan penampilannya atau kebersihan dirinya
  • Berkurangnya kemampuan untuk menilai sesuatu hal
  • Kurangnya motivasi

Psikosis merupakan bagian dari skizofrenia, akan tetapi skizofrenia sendiri bukanlah bagian dari psikosis. Halusinasi dan delusi merupakan gejala utama psikosis dan skizofrenia merupakan salah satu dari penyebab terjadinya psikosis.

Dalam skizofrenia, psikosis adalah hal pertama yang harus dipenuhi untuk diagnosis skizofrenia. Tanpa psikosis, tidak ada skizofrenia. Namun, psikosis sendiri tidak termasuk skizofrenia. Berikut ini adalah gejala dari psikosis.

Psikosis bukan gangguan mental yang berdiri sendiri melainkan sekumpulan pengalaman dan gejala dengan tanda yang lebih lengkap sebagai berikut:

  • Halusinasi (merasakan hal-hal yang tidak ada)
  • Delusi (sangat percaya hal-hal yang tidak benar)
  • Kebingungan
  • Ketidakmampuan untuk berpikir jernih dan menempatkan pikiran bersama secara koheren
  • Kebingungan dalam berbicara (mencerminkan pemikiran yang kacau dan sangat berkecamuk)
  • Perilaku tidak teratur (tidak menentu, tidak dapat diprediksi, gelisah, tidak logis, dan tidak tepat)
  • Perilaku katatonik (tidak responsif)
  • Dalam psikosis, tidak semua gejala ini terjadi bersamaan, hanya dua gejala utama saja yang biasanya selalu ada, yaitu halusinasi dan delusi.

3. Pengobatan


Baik skizofrenia maupun psikosis diatasi menggunakan obat yang sama. Yaitu obat anti psikotik seperti risperidone atau clozapine. Dan diperlukan juga terapi intervensi sosial seperti terapi perilaku kognitif, terapi keluarga, dan terapi kelompok untuk bisa mengatasi kecenderungan penderita untuk menarik diri dari lingkungan dan gangguan fungsi penderita skizofrenia.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Bila psikosis disebabkan oleh penyakit atau penyalahgunaan zat, maka menghentikan konsumsi zat dan mengobati penyakit penyebab dapat membantu mengatasinya. Demikianlah tadi beberapa perbedaan dari psikosis dan skizofrenia yang harus diketahui. Sekarang Anda telah mengetahuinya sehingga tak lagi keliru dalam membedakan keduanya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.