Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ketahui 3 Tujuan Komunikasi Bisnis untuk Meraih Kesuksesan

Rizki Indra
Rizki Indra
30 May 2021
Clock Icon
3 menit
Tujuan komunikasi bisnis sangat penting dipelajari pengusaha.

Salah satu faktor utama keberhasilan bisnis saat ini adalah melalui komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis merupakan proses berbagi informasi orang internal maupun eksternal perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis. Penyampaian pesan atau informasi secara utuh adalah hal utama agar tidak menyebabkan miskomunikasi antara internal maupun eksternal perusahaan.
banner consideration shipping bg blue

Komunikasi bisnis yang dilakukan, baik kepada rekan kerja maupun konsumen, harus bersifat transparan agar tidak merugikan berbagai pihak. Bukan hanya hal tersebut, komunikasi bisnis sangat diperlukan dengan berbagai tujuan. Berikut ini 3 tujuan komunikasi bisnis untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis.

1. Meningkatkan Produktivitas


Salah satu dari tujuan komunikasi bisnis adalah membangun kepercayaan dan kesepahaman yang sama di antara karyawan. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas oleh sebab kemampuan anggota tim yang saling berkomunikasi secara efektif sehingga dapat berkolaborasi dengan baik.

Komunikasi bisnis dalam bisnis menjadi efektif apabila atasan maupun rekan kerja dapat mendengarkan anggota tim dan memenuhi kebutuhan mereka sehingga mereka lebih percaya diri pada apa yang dilakukannya dan mencapai target dengan efisien dan efektif. Selain itu, tingkat kesalahan tim akan berkurang. Jika sewaktu-waktu anggota tim melakukan kesalahan, mereka dengan legowo menerima lantas memperbaikinya.

2. Membantu Menciptakan Basis Konsumen


Menjadikan konsumen sebagai poros dari bisnis merupakan salah satu tujuan komunikasi bisnis. Bisnis akan tetap berjalan jika konsumen ada. Jika konsumen tidak ada, untuk apa dan siapa bisnis berjalan? Oleh sebab itu, melalui komunikasi bisnis yang baik akan mampu memancing konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan promosi tentang keunggulan produk atau jasa kepada konsumen maupun rekan bisnis untuk bekerjasama.
banner consideration promotion bg blue

Mengetahui kapan dan di mana membangun koneksi dengan klien didapatkan melalui komunikasi bisnis. Berusaha mengambil peluang untuk membangun koneksi dengan konsumen lama maupun baru sebab mendengarkan konsumen dapat mendatangkan loyalitas dari mereka. Itulah tujuan komunikasi bisnis eksternal perusahaan.

3. Bersinergi dengan Rekanan Bisnis


Faktor ketiga dari tujuan komunikasi bisnis yang tidak kalah penting adalah meningkatkan rekanan. Ketika menghadapi supplier dan partner bisnis lainnya sangat diperlukan komunikasi bisnis. Tidak jarang untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis harus berkala memperbarui supplier suatu produk secara regular sehingga bisa menentukan sebaran area yang perlu ditingkatkan.

Komunikasi yang efektif mampu mendatangkan rekanan bisnis yang sesuai sekaligus baru. Mungkin Anda perlu membangun di titik tertentu mengenai bisnis Anda, baik bisnis baru maupun yang lama dikembangkan. Jika reputasi bisnis Anda mudah untuk diajak kerjasama, maka secara signifikan melebarkan peluang bisnis dengan rekanan yang lainnya.

Demikianlah 3 tujuan komunikasi bisnis untuk meraih kesuksesan bisnis. Pada era industri 5.0 yang serba daring ini komunikasi bisnis sangat diperlukan untuk mendapatkan feedback positif dari pelanggan baru dan memenangkan hati pelanggan lama untuk terus berminat bisnis kita.

Komunikasi bisnis yang tidak tertata malah akan menjadi petaka bagi bisnis. Misalnya penanganan komplain konsumen yang berantakan, respon yang lama, hingga adanya ketidaksesuaian antara keinginan konsumen dengan produk atau jasa yang dihasilkan. Oleh sebab itu komunikasi bisnis terus diperbarui seiring perkembangan dunia usaha.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Komunikasi bisnis adalah investasi selain uang yang sangat diperlukan. Bahkan, orang yang memulai usaha dari nol bisa sukses dengan mengandalkan komunikasi bisnis yang efektif ketimbang seseorang yang memulai usaha dengan modal banyak namun komunikasi bisnisnya sangat tidak memuaskan. Jika Anda memahami tujuan komunikasi bisnis yang sudah dijelaskan di atas, kemungkinan meraih kesuksesan akan lebih tinggi. Maka, terus belajar bagaimana komunikasi bisnis yang efektif ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.