Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 4 Jenis Cacing dan Penyebab Cacingan Pada Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
26 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Penyebab cacingan penting diketahui agar terhindar dari cacingan.

Cacingan juga bisa diderita oleh orang dewasa dan biasanya cacingan pada orang dewasa terjadi tanpa disadari. Penyebab cacingan pada orang dewasa biasanya karena melakukan kontak langsung dengan telur cacing. Gejala cacingan pada orang dewasa biasanya dimulai dengan munculnya rasa mual, sakit perut, diare, kelelahan, berat badan menurun.

banner consideration shipping bg blue

Dalam menyembuhkan cacingan, umumnya penderita diharuskan mengonsumsi obat cacing yang diminum selama satu hingga tiga hari. Anggota keluarga yang tinggal serumah dengan penderita cacingan disarankan disarankan untuk mengonsumsi obat cacing juga. Terdapat beberapa jenis cacing yang menginfeksi tubuh manusia. Berikut jenis-jenis cacing tersebut:


1. Cacing Pita

Sebenarnya cara penularan cacing pita ke manusia tidak hanya melalui masakan yang terbuat dari daging yang kurang matang. Akan tetapi, cacing pita juga bisa masuk ke tubuh melalui air minum yang sudah terkontaminasi dengan larva atau telur cacing pita. Cacing pita dapat hidup di dalam tubuh seseorang selama 30 tahun dengan ukuran hingga 15 cm.

2. Cacing Kremi

Cacing kremi dapat masuk ke dalam tubuh melalui kontak langsung dengan telur cacing kremi dan menelanya. Telur cacing kremi berukuran sangat kecil sehingga membuatnya mudah terbawa angin dan terhirup oleh manusia. Cacing ini termasuk jenis cacing yang tidak berbahaya dan kerap kali menginfeksi anak-anak dan orang dewasa. Cacing kremi bersarang di usus besar dan rektum pada manusia.banner consideration promotion bg blue

3. Cacing Pipih

Cacing pipih umumnya menginfeksi hewan, tapi cacing ini juga bisa menginfeksi jaringan tubuh manusia. Cacing pipih bisa hidup dalam darah, usus, dan jaringan tubuh yang lain. Orang yang suka mengkonsumsi sayuran mentah sangat berisiko terinfeksi jenis cacing ini. Selain itu telur cacing pipih juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi telur cacing pipih.

4. Cacing Gelang

Seseorang yang tinggal di lingkungan dengan sanitasi dan kebersihan yang cukup buruk, akan sangat berisiko terinfeksi cacing gelang. Cacing gelang dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang sudah terkontaminasi telur cacing gelang.

5. Cacing Tambang

Berbeda dengan jenis cacing sebelumnya telur cacing tambang dapat masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit. Oleh karena itu akan sangat berisiko terinfeksi cacing tambang. Jika berjalan di atas tanah atau media yang menjadi tempat bersarang larva cacing tambang.


Setelah membahas jenis-jenis cacing, kamu perlu mengetahui hal apa saja yang menjadi penyebab cacingan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebabnya:

  1. Melakukan kontak langsung dengan suatu benda atau media yang terkontaminasi atau sarang telur cacing. Apalagi jika kamu tidak mencuci tangan setelah menyentuh sesuatu.
  2. Mengonsumsi makanan atau minuman yang di dalamnya terdapat telur cacing. Terutama pada hidangan sayuran mentah.
  3. Berjalan tanpa menggunakan alas kaki di atas tanah atau media lain yang menjadi tempat bersarang cacing.
  4. Mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang yang berisiko mengandung telur cacing. Terutama pada jenis makanan yang terbuat dari daging sapi dan daging babi.

Untuk mencegah cacing menginfeksi tubuh, kamu bisa memulainya dengan menjaga kebersihan. Terutama sering mencuci tangan saat melakukan aktivitas. Jangan lupa juga untuk mencuci bersih buah dan sayur sebelum dikonsumsi. Hindari mengkonsumsi makanan mentah atau kurang matang. Sebaiknya juga konsumsi air minum yang matang atau air kemasan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah itulah beberapa jenis cacing dan penyebab cacingan yang menginfeksi manusia. Pastikan selalu menerapkan pola dan gaya hidup yang bersih dan sehat agar terhindar dari cacingan ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.