Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 4 Manfaat Kacang Tanah yang Wajib Kamu Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Ketahui 4 Manfaat Kacang Tanah yang Wajib Kamu Tahu
Tanaman yang memiliki nama latin Arachis hypogea atau yang lebih dikenal dengan kacang tanah merupakan sajian yang digemari banyak orang. Kacang tanah sendiri diolah dalam berbagai varian, dari kacang atom, selai kacang, hingga sambal. Selain menghadirkan citarasa yang nikmat, manfaat kacang tanah bagi tubuh juga sayang dilewatkan. Apa saja manfaat jenis kacang ini?

1. Menjaga Berat Badan Ideal



Manfaat kacang tanah yang pertama adalah khasiatnya untuk menjaga berat badan yang ideal. Meskipun kacang tanah termasuk salah satu makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori, kacang tanah ternyata tidak memberikan kontribusi signifikan dalam kenaikan berat badan. Sebuah penelitian justru menunjukkan orang yang mengonsumsi kacang tanah ini membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko obesitas. 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, perempuan yang mengonsumsi kacang tanah sebanyak dua kali seminggu memiliki risiko yang sedikit lebih rendah untuk mengalami kenaikan berat badan hingga obesitas sampai delapan tahun bila dibandingkan dengan para wanita yang jarang mengonsumsi kacang. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung



Manfaat kedua dari kacang tanah bisa dirasakan untuk organ jantung. Meskipun berlemak, namun kandungan lemak tak jenuh yang ada di dalam kacang tanah mampu menjaga kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi sebanyak 46 gram kacang tanah dipercaya bisa meningkatkan kondisi kesehatan jantung bagi mereka yang menderita diabetes.

Meskipun demikian, kamu juga perlu memperhatikan berbagai makanan olahan dari kacang tanah ini. karena biasanya, selai kacang dicampur dengan gula berlebih yang bisa jadi malah menimbulkan masalah diabetes untukmu.

3. Mengendalikan Kadar Gula Darah



Manfaat kacang tanah selanjutnya adalah untuk mengatur gula darah yang ada pada tubuh. Karena kandungan indeks glikemiknya yang rendah, sehingga bisa dijadikan camilan sehat bagi para penderita diabetes. Pasalnya, kacang tanah ini tidak akan menimbulkan peningkatan  yang tajam pada kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Maka dari itu, bagi penderita diabetes bisa mengkonsumsi kacang tanah sebagai pilihan camilan yang sehat. 

Kadar gula darah bisa tetap terkontrol karena kandungan karbohidrat yang relatif rendah dan tinggi kandungan protein, lemak, dan serat pada kacang tanah. Kandungan serat yang ada dalam kacang tanah ini akan memperlambat proses pencernaan, sehingga pelepasan energi juga lambat dan terkendali.

4. Menjaga Kesehatan Empedu



Manfaat kacang tanah yang terakhir adalah khasiatnya menjaga kesehatan empedu. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap beberapa partisipan menunjukkan bahwa mereka yang secara rutin mengkonsumsi kira-kira lima ons kacang tiap minggu, berhasil menurunkan peluang para partisipan tersebut terserang batu empedu.

Seperti yang kita tahu, batu empedu sendiri terjadi karena adanya penumpukan kolesterol pada empedu. Namun, kini kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, berbagai olahan dari kacang tanah bisa mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Mengkonsumsi secara rutin selama delapan minggu, mampu menurunkan kadar kolesterol total (7.2 persen) dan trigliserida (20 persen) dalam tubuh, sebuah ungkapan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Lokko P. Dengan manfaat ini, tentu kacang tanah sangat baik untuk dikonsumsi. 

Itulah empat manfaat kacang tanah yang sayang sekali untuk dilewatkan. Popularitas jenis kacang ini memang sudah tidak diragukan lagi. Selain menjadi bahan dari berbagai olahan makanan, kacang tanah juga menyimpan banyak khasiat baik untuk tubuh. Oleh karena itu, mulai sekarang yuk konsumsi kacang tanah! Agar berbagai kebaikannya bisa kamu dapatkan!  

Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.