Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 4 Penyebab Asam Urat Sebelum Terlambat

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Asam urat jadi masalah kesehatan yang harus diatasi.
Penyakit asam urat adalah penyakit yang mengakibatkan penderitanya merasakan nyeri yang tak tertahankan. Bahkan dalam kondisi yang cukup parah bisa mengalami pembengkakan serta rasa panas di sekitar area persendian. Sebenarnya semua sendi bisa terkena asam urat, namun kebanyakan sendi yang sering mengalami asam urat adalah pergelangan kaki, lutut, jari kaki dan jari tangan.
banner consideration shipping bg blue

Asam urat adalah asam di dalam tubuh berbentuk kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Nah purin yang berasal dari makanan akan diubah menjadi asam urat. Asam urat yang tidak terpakai tersebut akan dikeluarkan melalui ginjal (urin) bahkan juga dikeluarkan melalui saluran cerna (feses).

Sayangnya terkadang tubuh atau ginjal hanya bisa melepaskan asam urat melalui urin dalam jumlah sedikit. Oleh karena itu asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal asam di area persendian. Berikut ini beberapa faktor penyebab datangnya penyakit asam urat.

1. Faktor Makanan



Salah satu penyebab penyakit asam urat inilah yang seringkali dialami banyak orang. Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat bisa menyebabkan berbagai penyakit salah satunya asam urat. Makanan penyebab asam urat adalah makanan yang mengandung zat purin yang cukup tinggi seperti:

a. Makanan Berlemak


Makanan yang mengandung lemak tinggi sangat berpotensi mengakibatkan asam urat tinggi. Sebab makanan berlemak dapat memicu kenaikan berat badan yang berlebih. Solusinya, Anda bisa mengganti minyak kelapa sawit dengan Virgin Coconut Oil (VCO). VCO lebih sehat dibandingkan minyak kelapa sawit karena mengandung 0% lemak trans (trans fat) dan kaya akan asam lemak jenuh. Namun carilah VCO yang berkualitas seperti Lemonilo Extra Virgin Coconut Oil yang dihasilkan dari kelapa organik dan 0% trans fat.

b. Kacang-Kacangan


Sudah menjadi rahasia umum bahwa kacang-kacangan dapat memicu asam urat. Itu karena kacang-kacangan atau polong-polongan mengandung purin yang cukup tinggi. Kacang-kacangan yang dimaksud seperti kacang merah, kacang hijau, kacang polong dan kedelai.

c. Beberapa Jenis Sayur-Sayuran dan Minuman Beralkohol


Sayur memang baik bagi tubuh, tapi bagi penderita asam urat ada beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan seperti kembang kol, buncis, dan asparagus. Alkohol memang tidak baik bagi tubuh, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan hanya akan meningkatkan risiko asam urat dan memperparah gejala asam urat. Hal itu dikarenakan ginjal akan lebih bekerja keras untuk menghilangkan alkohol daripada asam urat alhasil asam urat pun menumpuk di dalam tubuh.

2. Penyakit Tertentu



Ada beberapa penyakit yang memicu kadar asam urat tinggi seperti penyakit diabetes, psoriasis, dan penyakit ginjal. Hal itu dikarenakan beberapa penyakit tersebut dapat mempengaruhi cara kerja ginjal dalam menyaring asam urat.
banner consideration promotion bg blue

3. Konsumsi Obat Tertentu



Beberapa obat yang bisa saja menjadi penyebab asam urat yaitu obat yang digunakan untuk mengobati hipertensi seperti beta blockers dan ACE inhibitors, dan juga aspirin.

4. Keturunan



Dalam beberapa kasus asam urat terjadi karena adanya gen yang diturunkan oleh orang tua atau keluarga yang membuat ginjal tidak dapat berfungsi baik dalam mengeluarkan zat asam urat.

Untuk mengobati asam urat ada dua jenis pengobatannya, yaitu untuk meringankan gejala asam urat dan mencegah asam urat kambuh lagi. Untuk meringankan gejala asam urat, Anda bisa mengkonsumsi obat asam urat golongan steroid.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Ada berbagai upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah asam urat datang kembali yaitu dengan rutin berolahraga, menghindari makanan yang tidak sehat, mengkonsumsi buah yang mengandung antioksidan tinggi dan pastinya perbanyak minum air putih.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.