Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ketahui 4 Tujuan Promosi Saat Anda Melakukan Usaha

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Tujuan promosi sangat penting dipelajari pengusaha pemula yang ingin sukses.

Sekarang ini semakin banyak orang yang berkemauan kuat untuk memiliki bisnis sendiri meski itu kecil. Hal ini karena bisnis memang penghasilannya bisa melebihi dari gaji bulanan apalagi kalau usaha yang dijalankan tadi bisa berkembang pesat. Untuk melakukan pengelolaan bisnis tersebut perlu dilakukan kegiatan promosi. Tujuan promosi sendiri paling utama mendapatkan klien di pasaran.


Dampak dari promosi sangat besar karena ini merupakan salah satu proses yang penting dalam sebuah bisnis. Tidak ada pelaku bisnis yang bisa menghindari kegiatan promosi ini tanpa adanya kegiatan tersebut tentu produk tidak akan eksis dan konsumen tidak akan pernah ada. Agar lebih jelas mari mengenal kegiatan promosi tersebut sampai mengetahui tujuan promosi itu sendiri.

Apa Itu Promosi?


Promosi adalah istilah yang diambil dari bahasa Inggris tepatnya promote. Arti dari kata tersebut adalah mengembangkan. Jadi kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Dari pihak penjual dan pihak pembeli sama-sama mendapatkan manfaat yang besar dari promosi ini.


Pihak perusahaan atau penjual yang melakukan dan menyediakan promosi produk bisa membuat produk yang dijual dikenal masyarakat dan bisa mencapai target pasar yang sudah ditentukan di awal.


Untuk para pembeli juga diuntungkan dengan adanya kegiatan promosi ini karena bisa mendapatkan informasi seputar produk yang dibutuhkan untuk membantu menjalani aktivitas sehari-hari. Pihak pembeli bisa menentukan produk tersebut bisa menentukan apakah produk yang sedang dipromosikan sesuai dengan budget dan kebutuhan atau tidak.

Tujuan Promosi Dalam Berbisnis


Perusahaan tidak bisa berjalan jika tidak ada kegiatan promosi, seperti itulah keterkaitan antara bisnis dengan kegiatan promosi. Artinya kegiatan ini sangat penting dan memang harus dilakukan dalam mengelola sebuah bisnis atau usaha. Tujuan diadakannya kegiatan ini ada beberapa macam, seperti:

1. Menyebarkan Informasi Produk

Paling utama, kegiatan promosi atau pemasaran ini dilakukan untuk menyebarkan informasi tentang satu produk kepada para calon konsumen. Informasi produk ini disebar luaskan menggunakan sebuah alat promosi yang sudah ditentukan. Dari sini produk bisa eksis dan dikenal masyarakat.

2. Mendapat Konsumen Baru

Kegiatan pemasaran tidak hanya untuk membuat sebuah produk eksis namun juga untuk menambah konsumen yang potensial setiap harinya. Saat melakukan promosi atau pemasaran hari pertama sudah pasti ada satu konsumen yang menjadi pembeli. Pemasaran tetap di lakukan di hari berikutnya agar mendapatkan konsumen atau pembeli baru, begitu seterusnya. Pembeli yang lama pun secara otomatis bisa terjaga loyalitasnya pada produk yang sudah dibeli dari promosi sebelumnya.

3. Meningkatkan Laba

Jika promosi ini dilakukan secara rutin dan tepat maka penghasilan atau laba tentu akan meningkat. Bertambahnya konsumen bertambah pula laba sebuah usaha. Di sinilah tujuan diadakan promosi, untuk mendapatkan dan meningkatkan laba perusahaan.

4. Membentuk Citra Produk

Kegiatan pemasaran atau promosi ini sangat berguna juga bagi masyarakat karena jadi bisa tahu ada sebuah produk bagus yang sesuai dengan kebutuhannya. Melalui sebuah promosi calon konsumen mengenal sebuah produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Citra produk secara otomatis terbentuk dan ini bisa menarik pembeli.


Itulah berbagai tujuan promosi. Masyarakat pun juga bisa membandingkan satu produk dengan produk lain dengan adanya promosi. Calon pembeli jadi bisa melihat sendiri keunggulan satu produk dengan yang lain, apakah sesuai kebutuhan atau tidak. Jika tak ada promosi tentu calon konsumen tidak akan bisa mengetahui keunggulan dari suatu produk.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.