Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ketahui 5 Cara Ampuh Menarik Pelanggan Bisnis Online

Rizki Indra
Rizki Indra
12 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara menarik pelanggan bisnis online yang mudah dilakukan.

Sangat penting untuk memahami bagaimana cara menarik pelanggan bisnis online, terutama bagi pemilik bisnis. Pasalnya, proses mendapatkan pelanggan memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan banyak strategi dan cara yang ampuh supaya pelanggan benar-benar membeli produk yang ditawarkan. Inilah beberapa cara ampuh untuk menarik pelanggan yang bisa dicoba:

1. Iklankan Produk di Media Sosial


Cara menarik pelanggan bisnis online yang pertama adalah dengan mengiklankan produk di media sosial. Instagram, Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya bisa dibilang memiliki power yang besar untuk menjangkau audiens. Dalam berbagai media sosial tersebut juga terdapat fitur iklan berbayar yang bisa dimanfaatkan agar bisnis online bisa semakin terkenal.


Misalnya saja memanfaatkan fitur Facebook Ads. Dengan beriklan di Facebook, maka kamu bisa mendapatkan jangkauan pelanggan yang lebih luas lagi daripada sebelumnya. Tidak heran jika banyak sekali pemilik bisnis online yang berlomba-lomba mengiklankan bisnis mereka di media sosial.

2. Buat Website Sendiri


Keberadaan website terbilang penting di zaman digital seperti sekarang. Terutama untuk bisnis online. Fungsi dari website adalah ibaratnya seperti sebuah “toko” yang bisa menampilkan produk apa saja yang kamu tawarkan. Pelanggan bisa mencari produk apa yang akan mereka beli dan melakukan pembelian. Selain itu, transaksi jual beli juga bisa terjadi dengan lebih mudah melalui website.


Untuk website, usahakan untuk menggunakan domain yang profesional seperti .com, maupun co.id. Dengan domain seperti ini, website yang kamu miliki bisa terlihat lebih profesional dan juga lebih aman. Jangan lupa juga lakukan optimasi website agar bisa lebih nyaman dikunjungi para pelanggan dan menjadi lebih efektif untuk meningkatkan pelanggan bisnis online.

3. Kualitas Gambar Terbaik

Untuk mendukung promosi, gunakan juga gambar dengan kualitas yang baik. Selain caption menarik, kamu juga harus cermat memotret barang. Jangan lupa untuk edit gambar tersebut agar lebih cerah dan bagus. Kalau bisa, gunakan jasa dari fotografer profesional. Tujuannya agar produk yang ditawarkan bisa lebih bagus dan menarik perhatian pelanggan.

4. Memberikan Diskon


Cara menarik pelanggan bisnis online berikutnya adalah pemberian diskon atau potongan harga. Cara yang satu ini terbukti ampuh dalam menarik pembeli. Semakin besar jumlahnya, semakin banyak orang yang mau. Akan tetapi, tetap sesuaikan besaran diskon atau potongan harga dengan pemasukan yang ingin dicapai. Tujuannya untuk menghindari kerugian.


Biasanya barang-barang keluaran lama dan mendekati kadaluwarsa mendapatkan diskon besar. Sering pula penjual memotong harga terhadap barang baru pada momen-momen tertentu. Seperti misalnya harbolnas atau hari belanja online nasional dan lain sebagainya.

5. Gunakan Strategi Fear Missing Out


Cara menarik pelanggan bisnis online yang terakhir adalah dengan menggunakan strategi fear of missing out. Strategi ini bertujuan untuk menciptakan “rasa takut” kepada pelanggan jika tidak membeli barang saat ini juga, maka akan ada hal yang mereka lewatkan. Strategi ini bisa diterapkan dengan menggunakan berbagai kalimat iklan yang menggugah perasaan pelanggan.


Contohnya kalimat yang sangat umum dipakai adalah “Diskon up to 70%! Hanya untuk Hari Ini! Jangan sampai ketinggalan!”. Dengan menggunakan kalimat tersebut, memberikan kesan bahwa jika pelanggan tidak membeli barang hari ini, maka mereka akan melewatkan adanya diskon 70 persen. Tentu hal ini akan membuat pelanggan merasa takut dan akhirnya memutuskan untuk berbelanja.


Nah, itulah beberapa cara menarik pelanggan bisnis online yang bisa kamu terapkan. Dengan cara-cara ini, diharapkan pelanggan bisnis bisa menjadi lebih meningkat. Selamat mencoba tips ini ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.