Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Ketahui 5 Cara Meluruskan Rambut yang Suka Mengembang

Rizki Indra
Rizki Indra
12 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Cara meluruskan rambut yang mengembang penting diketahui dan dilakukan dengan benar.

Memiliki rambut yang mengembang dan susah diatur memang cukup mengganggu. Tidak heran banyak orang melakukan berbagai cara meluruskan rambut yang mengembang untuk memperbaiki tampilan rambutnya. Setiap orang baik wanita maupun pria pasti ingin memiliki rambut sehat yang indah.


Namun, banyak di antara mereka melakukan cara yang salah, bahkan malah memperburuk kondisi rambutnya. Niatnya ingin memiliki rambut lurus yang indah dan sehat tapi malah memperparah kerusakan pada rambut. Salah satu contoh meluruskan rambut yang kurang tepat yaitu dengan menggunakan catokan rambut.


Mencatok rambut terlalu sering dinilai bisa  membuat rambut semakin kering dan rapuh. Hal tersebut disebabkan karena suhu panas yang dihasilkan dari alat catok  kurang baik untuk menjaga kelembapan rambut. Berikut ini ada beberapa tips meluruskan rambut yang mengembang dengan mudah dan alami.

1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Catokan dan Hairdryer


Agar rambut tidak semakin kering dan mengembangkan sebaiknya hindari penggunaan alat penata rambut yang menggunakan suhu tinggi. Jika ingin mengeringkan rambut sebaiknya bisa menggunakan kipas angin atau biarkan rambut kering dengan sendirinya.


Menggunakan catokan rambut sebaiknya tidak dilakukan setiap hari dan pastikan sebelum menggunakan catokan oleskan vitamin rambut untuk mengurangi terjadinya kerusakan pada rambut.

2. Mengoleskan Cuka Apel pada Rambut


Cara alami yang bisa dicoba untuk mengurangi rambut mengembang ialah dengan menggunakan cuka apel. Rambut yang dalam kondisi sehat biasanya bersifat lebih asam, dengan mengoleskan cuka apel ke rambut akan membantu mengembalikan keasaman rambut. Ketika kondisi rambut berada dalam kondisi yang terlalu basa, kutikula rambut akan terbuka dan menyebabkan rambut mengembang.


Selain dapat mengatasi rambut mengembang, cuka apel juga dapat membuat rambut lebih berkilau karena mampu membersihkan residu pada rambut. Cara menggunakannya cukup dengan menuangkan sedikit cuka apel ke dalam segelas air lalu aplikasikan ke rambut. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air lakukan dengan rutin paling tidak dua kali dalam seminggu.

3. Menggunakan Masker Alpukat


Buah alpukat tidak hanya enak tapi juga memiliki manfaat lain, tidak hanya digunakan sebagai masker alami untuk kulit. Buah alpukat juga bisa digunakan sebagai masker rambut, kandungan nutrisi di dalam buah alpukat dapat membantu mengatasi rambut mengembang. Kandungan vitamin A dan vitamin E di dalam alpukat membantu menutrisi dan mendehidrasi rambut.


Cara membuat masker alpukat untuk rambut mengembang yaitu dengan menyiapkan satu atau dua buah alpukat yang sudah dihaluskan dan dua sendok makan minyak kelapa. Lalu campur hingga rata kemudian aplikasikan  ke seluruh bagian rambut dan diamkan masker rambut tersebut selama 20 menit. Selanjutnya bilas  hingga bersih dengan air, agar mendapat hasil rambut lurus yang maksimal lakukan secara rutin.

4. Mengoleskan Argan Oil


Argan oil dapat membantu membuat rambut menjadi lebih lurus dan mudah diatur karena di dalamnya mengandung asam oleat, asam linoleat, vitamin E, dan lain-lain. Cara menggunakan argan oil untuk meluruskan rambut yang mengembang cukup dengan dioleskan ke seluruh bagian rambut tanpa harus dibilas.

5. Hindari Produk Perawatan Rambut Mengandung Alkohol


Kebanyakan produk perawatan rambut mengandung bahan alkohol di dalamnya, kandungan alkohol tersebut akan memicu rambut kering dan mengembang. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan produk perawatan rambut yang akan dibeli tidak mengandung alkohol.


Itulah berbagai cara meluruskan rambut yang mengembang. Memiliki rambut mengembang dan susah diatur terkadang membuat rasa percaya diri berkurang. Nah, untuk mengatasinya dapat menggunakan salah satu cara meluruskan rambut yang mengembang di atas. Selamat mencoba ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.