Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 5 Cara Menambah Nafsu Makan Ibu Hamil yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Cara menambah nafsu makan ibu hamil sangat mudah dilakukan.

Selama masa kehamilan, ada banyak perubahan kondisi yang terjadi pada ibu hamil, salah satunya kehilangan nafsu makan. Kondisi ini cukup normal, terutama saat masih trimester satu. Meskipun begitu, penurunan nafsu makan bisa berdampak buruk, bahkan bisa memicu kekurangan gizi pada ibu hamil. Jika terus dibiarkan, janin yang dikandung juga berisiko mengalami gangguan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menambah nafsu makan ibu hamil yang bisa dilakukan sehingga kemungkinan munculnya gangguan kesehatan bisa kamu hindari. Berikut caranya:

banner consideration shipping bg blue

1. Makan Porsi Sedikit Tapi Sering


Bagi ibu hamil, saat melihat satu porsi makan besar lengkap dengan berbagai lauk pauk terkadang malah menimbulkan rasa mual dan tidak nafsu makan. Untuk mengatasinya, jika kamu biasanya makan satu porsi besar, bagilah porsinya jadi setengah-setengah.

Makan porsi kecil yang pertama saat sarapan, seperti pukul 8 pagi, dan lanjutkan menghabiskan sisa porsinya beberapa jam kemudian, seperti jam 10. Lakukan juga dengan porsi makan siang dan makan malam.

Seiring dengan perkembangan bayi dan perut yang membesar, kamu akan cepat kenyang meskipun hanya mengkonsumsi makanan sedikit. Bahkan kamu bisa makan enam hingga tujuh kali dalam sehari daripada hanya tiga kali sehari. Makan dengan porsi kecil akan lebih mudah dicerna tanpa memicu mual.

2. Variasikan Makanan


Cara menambah nafsu makan ibu hamil bisa jadi sesederhana mengubah menu makanan saat ini dengan menu makanan baru yang lebih menggugah selera. Meskipun beberapa menu makanan adalah menu wajib yang ada dari ahli gizi, kamu hanya perlu variasikan menu ini menjadi lebih menarik untuk menjaga nafsu makan saat hamil. Cobalah pergi ke toko buku atau melihat di google berbagai resep makanan khusus ibu hamil untuk membantu kamu berkreasi menyiapkan hidangan menggugah selera.

3. Hindari Makanan dengan Aroma yang Menyengat


Saat hamil indra penciuman kamu akan yang ekstra sensitif. Saat menghirup aroma makanan yang berbau terlalu tajam, seperti kare atau tumisan bawang putih justru bisa membuat tidak nafsu makan karena memicu rasa mual. Karenanya, jangan gunakan bumbu dan rempah yang berbau terlalu kuat untuk menu makanan kamu. Hindari bubuk cabai, kayu manis, cabe rawit dan bumbu menyengat sampai nafsu makan normal lagi.

banner consideration promotion bg blue

4. Minum Air Jahe


Hilangnya nafsu makan saat hamil, umumnya disebabkan oleh rasa mual yang berlebihan sehingga beberapa ibu hamil tidak sanggup untuk menelan makanan. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memasukkan jahe ke dalam menu minuman karena jahe bermanfaat untuk menenangkan perut dan mengatasi rasa mual saat hamil.

Buatlah seduhan teh dengan irisan jahe atau meracik minuman tradisional seperti wedang jahe. Jahe juga banyak dikemas dalam bentuk permen sehingga kamu bisa membawanya di dalam tas untuk bepergian.

5. Lengkapi Dengan Vitamin


Meski sedang tidak nafsu makan, ibu hamil tetap harus memenuhi asupan vitamin. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin prenatal. Namun, pastikan untuk konsultasikan lebih dahulu dengan dokter. Hindari sembarangan mengkonsumsi obat-obatan selama masa kehamilan.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk banyak beristirahat. Setidaknya ibu hamil harus tidur 7-8 jam setiap hari. Selain dapat meningkatkan nafsu makan, istirahat yang cukup bisa membantu menjaga kesehatan tubuh bumil tetap stabil hingga memasuki masa persalinan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara menambah nafsu makan ibu hamil yang dianjurkan. Diharapkan, setelah mengetahui berbagai tips ini, nafsu makan pada ibu hamil bisa menjadi baik dan optimal kembali. Mengingat betapa pentingnya asupan nutrisi bagi perkembangan bayi dalam kandungan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.