Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ketahui 5 Cara Mengasah Kreativitas Anak Agar Cepat Meningkat

Rizki Indra
Rizki Indra
16 May 2021
Clock Icon
4 menit
Cara Mengasah Kreativitas Anak

Mengasah kreativitas anak merupakan tugas orang tua yang tidak boleh dilewatkan. Sebagai orang tua patut mengetahui cara mengasah kreativitas anak, karena orang tua mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang dan cara pola pikir sang anak kedepannya. Mengasah kreativitas anak memang bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan pengetahuan parenting yang matang dan berkesinambungan dalam melakukannya.

banner consideration shipping bg blue


Ketika seseorang telah menjadi orang tua akan dituntut menjadi guru pertama untuk anak-anaknya. Memang tidaklah mudah semua butuh belajar. Untuk itu Anda harus tahu bagaimana cara mengasah kreativitas anak agar tumbuh kembang mental, sosial, dan emosional sang anak dapat berjalan dengan baik. Tingkat kreativitas anak tidak hanya bergantung dari karakter asli sang anak namun juga dukungan dari orang tua juga menjadi hal utamanya. 


Kreativitas sendiri merupakan salah satu sifat yang dapat mendorong anak mampu memecahkan masalah. Selain itu juga membuat anak dapat berpikir terhadap hal-hal luar biasa yang tidak terpikirkan oleh anak-anak lain. Kreativitas juga dapat mendorong anak mampu mempelajari hal-hal baru. Agar kreativitas anak dapat meningkat Anda perlu melakukan cara mengasah kreativitas anak berikut ini: 

1. Ketahui Minat dan Bakat Anak

cara mengasah kreativitas anak

Setiap anak pasti memiliki kecenderungan menyukai dan tertarik oleh sesuatu hal. Ketertarikan tersebut dapat menjadi bakat jika Anda membantu mereka mengasah minat tersebut dengan baik. Cobalah perhatikan hal apa yang disukai anak Anda. Apakah bernyanyi, menggambar, berolahraga, bermain alat musik atau yang lainnya. Coba bimbing mereka untuk berlatih mengenai minat mereka. Bisa jadi minat yang ditekuni dapat menjadi bakat yang dapat berpeluang membawa anak Anda menuju kesuksesan.

2. Ajaklah Anak Bermain

cara mengasah kreativitas anak

Anak-anak memang senang bermain, dalam bermain tidak hanya mendapat kesenangan. Namun juga dapat dijadikan sebagai wadah melatih kreativitas mereka. Tidak perlu menggunakan mainan mahal dan canggih untuk mengembangkan kreativitasnya. Justru kreativitas anak akan jauh lebih berkembang dengan menggunakan media sederhana yang murah. Sebagai contohnya yaitu dengan mengajarkan mereka membuat mainan dari barang bekas yang sudah tidak terpakai. Dengan begitu mereka akan berpikir untuk membuat sesuatu sesuai dengan imajinasinya.

banner consideration promotion bg blue

3. Memberikan Beberapa Pertanyaan Ringan kepada Anak

cara mengasah kreativitas anak

Cara mengasah kreativitas anak selanjutnya yang mudah dilakukan yaitu dengan membiasakan anak untuk berpikir. Caranya dengan mengajukan beberapa pertanyaan ringan. Meskipun jawaban yang mereka berikan tidak benar setidaknya mereka akan berpikir ketika dan berusaha menjawab pertanyaan Anda.

4. Melatih Imajinasi Anak

cara mengasah kreativitas anak

Anak-anak cenderung memiliki imajinasi yang tinggi. Itulah mengapa mereka senang mengatakan hal-hal di luar nalar orang dewasa. Namun imajinasi yang terus dikembangkan akan membuat kreativitas anak terus meningkat. Hal ini bisa dilakukan dengan mendongeng atau bercerita kepada anak, agar imajinasi anak terus dilatih dan akan memiliki kreativitas karena imajinasinya.

5. Hindari Mengucapkan Kata 'Salah'

cara mengasah kreativitas anak

Anak cenderung memiliki logika yang berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu kebanyakan dari orang tua akan memberikan reaksi dengan mengucapkan kata salah, seperti "Salah jangan seperti itu" saat mereka melakukan hal yang salah. Namun, jauh lebih baik jika mengganti kata tersebut. 


Lebih baik ganti dengan kalimat "itu bukan satu hal yang baik". Baru setelah itu jelaskan mengapa hal itu bukan hal yang baik. Dengan kalimat tersebut Anda dapat mengetahui penjelasan dari mereka dan memahami tentang imajinasi yang mereka bayangkan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara mengasah kreativitas anak tersebut dapat Anda terapkan pada anak. Diharapkan berbagai cara ini, bisa membantu Anda untuk mengasah kreativitas anak dengan lebih optimal lagi ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.