Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ketahui 5 Cara Mengatasi Anak Bicara Kurang Jelas Berikut Ini

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Cara mengatasi anak bicara kurang jelas penting dilakukan dengan baik dan benar.

Cara mengatasi bicara anak kurang jelas sama seperti menangani anak yang mengalami keterlambatan bicara. Peran orang tua sangat penting untuk memberikan dukungan penuh menstimulasi anak supaya bisa berbicara dengan jelas.


Dalam membesarkan anak jangan mudah percaya dengan mitos. Hal itu yang akan menghambat pertumbuhan si anak. Baiknya lakukan stimulasi berikut ini untuk bisa merangsang anak bicara dengan lebih jelas.

1. Tirukan Semua Ucapannya


Cara mengatasi anak bicara kurang jelas yang pertama adalah dengan mengikuti apa saja yang diucapkan si kecil. Apapun suara yang dikeluarkan anak tirukan dan ikuti, supaya anak merasa sedang berkomunikasi dengan ibunya.


Menirukan setiap suara yang keluar dari mulut anak, membantu meningkatkan rasa percaya dirinya untuk terus berbicara dan belajar. Anak akan merasa ia dipahami dengan baik oleh ibunya. Menirukan dan mengikuti apa saja yang dikeluarkan dari mulut anak, lalu mengulanginya sesuai dengan yang ibu tangkap, secara otomatis nanti anak akan belajar meniru kata-kata yang keluar dari mulut ibu.

2. Berbicara Sambil Bergerak


Selanjutnya, cara mengatasi anak bicara kurang jelas adalah dengan mengajak anak bicara diiringi dengan gerakan. Contohnya saat ibu ingin memberikan anak susu, tunjukkan botol susu dan katakan kalimat ajakan untuk minum susu. Bisa juga saat akan mengajak anak bermain, tunjuk mainannya lalu ucapkan kalimat ajakan untuk bermain. Cara ini membuat anak jadi mudah paham apa yang ibunya bicarakan. Selain itu secara tidak langsung anak juga belajar kosa kata untuk benda di sekitarnya.

3. Biasakan Memakai Bahasa Sehari-Hari


Saat mengajak anak berbicara, biasakan untuk menggunakan bahasa sehari-hari. Ajak bicara si kecil layaknya Moms sedang berbicara dengan orang dewasa lain. Memakai bahasa percakapan ibu sehari-hari akan memudahkan anak untuk menirukannya.


Misalnya saja saat Moms akan mengganti bajunya yang basah, buatlah narasi atau penjelasan sembari mengganti bajunya. "Baju adek ini basah, ibu ganti dengan baju warna merah ini ya biar tidak masuk angin".


Lakukan hal ini pada setiap kegiatan, ajak anak untuk berbicara dengan membuat narasi serta memakai bahasa percakapan sehari-hari. Pastikan juga untuk membuat kalimat lengkap saat mengajak anak berbicara.

4. Bermain


Mengajak anak bermain bersama adalah salah satu cara yang cukup penting dalam menstimulasi cara bicara. Saat bermain ada banyak mainan yang bisa dijadikan perantara untuk memberikan stimulasi anak cepat bicara. Misalnya bermain telepon, bermain peran, dan sejenisnya sangat bagus untuk membantu anak yang terlambat bicara dan mengalami cara bicara kurang jelas.

5. Puji Perkembangannya


Pada setiap perkembangan yang anak tunjukkan jangan lupa untuk memberikan pujian. Sekecil apapun kemajuannya dalam berbicara harus diberi pujian. Bila perlu setiap anak mau bersuara langsung peluk anak dan berikan senyuman hangat.


Hal ini sangat penting karena anak pada umumnya melakukan pembelajaran bicaranya melalui ekspresi dan respon dari orang di sekitarnya. Jadi, pastikan untuk selalu memberikan pujian dan respon positif untuk setiap perkembangannya terutama dalam berbicara.


Cara mengatasi anak bicara kurang jelas memang tidak jauh berbeda dengan memberikan stimulasi pada bayi yang belajar bicara. Setiap anak memiliki masa tumbuh kembang yang berbeda. Ada yang cepat bicara dengan jelas, ada yang sedikit lama dari usia yang seharusnya. Untuk lebih yakin, Moms bisa memeriksakan anak ke dokter jika memang dirasa kemampuan berbicara anak masih berjalan sangat lambat meski sudah mendapatkan stimulasi yang cukup. Jika memang ada kelainan, dokter akan segera melakukan pengobatan dan penanganan yang tepat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.