Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Ketahui 5 Cara Menghilangkan Phobia Ketinggian yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
31 May 2021
Clock Icon
3 menit
Cara menghilangkan phobia ketinggian sangat mudah dilakukan.

Takut pada sesuatu hal merupakan hal yang biasa, tapi bila ketakutan menjadi sesuatu yang berlebih tentunya hal tersebut tidak biasa. Salah satu ketakutan yang umum dialami seseorang adalah phobia ketinggian. Phobia ketinggian atau akrofobia merupakan kondisi seseorang yang amat takut terhadap ketinggian.

banner consideration shipping bg blue

Orang yang mempunyai phobia ketinggian akan takut berada di tempat yang tinggi seperti berdiri di atas gedung, di atas loteng rumah, di atas lift yang berkaca bening, bahkan melihat tebing atau bukit tinggi saja sudah merinding. Mereka juga menghindari mengemudi di atas jembatan layang karena dapat membuatnya pusing dan berbagai gejala lain. Oleh sebab itu, sangat tidak menenangkan mempunyai phobia ketinggian jika dihadapkan dengan kehidupan sehari-hari.

Asal dengan niat yang kuat dan mau berproses dalam waktu yang tidak sebentar, perlahan akan normal dan tidak takut parah terhadap ketinggian. Berikut ini adalah 5 cara menghilangkan phobia ketinggian yang efektif menggunakan terapi kognitif.

1. Mencari Pengobatan


Pertama kali yang harus dilakukan adalah mempelajari tentang Phobia ketinggian lantas mencari tips maupun terapi kepada ahlinya. Bisa jadi seseorang berusaha mengobatinya sendiri, namun jika memang sudah terlalu parah disarankan berobat kepada ahlinya. Hal itu disebabkan phobia ketinggian berbeda dengan phobia lainnya. Ketika seseorang dengan phobia ketinggian terpaksa harus berada dalam ketinggian, ia bisa bereaksi yang justru membahayakan dirinya sendiri. Terutama apabila seseorang dalam kesehariannya harus berhadapan dengan tempat tinggi. Misalnya gedung perkuliahan di lantai tiga bahkan lebih tinggi dari itu.

2. Mencoba untuk Santai


Santai bisa seseorang lakukan dengan relaksasi seperti yoga, meditasi, relaksasi otot progresif, dan pernapasan dalam. Berolahraga dengan teratur juga dapat membantu dalam terapi kognitif mengatasi Phobia ketinggian. Hal ini dapat membantu untuk menangani stres dan cemas.

3. Membangun Toleransi Ketinggian Secara Bertahap


Mungkin hal ini akan sulit dijalankan, namun jika dijalankan secara perlahan bisa menjadikan seseorang sedikit demi sedikit dapat mentoleransi phobianya terhadap ketinggian. Respons kecemasan tubuh akan turun secara perlahan dengan memakai terapi paparan bertingkat yang memanfaatkan gangguan cemas yang bersifat sementara.

banner consideration promotion bg blue

Sebagai contoh, Anda dapat pergi ke tempat yang lebih tinggi sesuai kemampuan Anda. Perlahan naik lebih tinggi dan seterusnya. Tidak harus memakai jangka lebih lebar agar mencapai ketinggian di luar batas Anda. Lakukan dengan santai.

4. Menantang Diri Sendiri dengan Ketinggian


Seseorang yang Phobia ketinggian cenderung memikirkan hal-hal secara berlebihan terhadap hal-hal di luar dugaannya. Misalnya, seseorang akan takut jatuh ke sungai ketika ia berkendara di atas jembatan layang. Terapi kognitif melatih seseorang untuk yakin bahwa yang terjadi nantinya lebih aman dari yang dipikirkannya.

5. Virtual Reality


Teknologi Virtual Reality pada beberapa tahun terakhir dimanfaatkan beberapa ahli sebagai metode yang potensial untuk terapi berbagai macam phobia. Termasuk phobia ketinggian, VR dibuat agar pengidap Phobia mempunyai pilihan rasa lebih aman daripada yang dipikirkan pengidap. Perangkat lunak komputer ini juga memberi pilihan agar segera berhenti jika dirasa ada hal yang memberatkan. Terapi ini cukup dilakukan di ruang tertutup lantas dipraktikkan di kehidupan nyata.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Begitulan cara menghilangkan phobia ketinggian yang efektif menurut beberapa ahli di bidangnya. Jangan sungkan untuk bercerita kepada orang terdekat dan berkonsultasi kepada ahlinya. Dengan begitu, Anda dapat menjalani hari-hari lebih nyaman tanpa rasa takut sebab respon tubuh saat Phobia ketinggian justru dapat membahayakan pengidap.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.