Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ketahui 5 Cara Menjaga Anak Agar Tetap Sehat yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
14 May 2021
Clock Icon
3 menit
Cara Menjaga Anak Agar Tetap Sehat

Cara menjaga anak agar tetap sehat pada zaman sekarang menjadi tantangan berat untuk orang tua. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang. Tantangan bisa datang dari dalam keluarga atau dari lingkungan sekitar. Sebagai orang tua perlu memikirkan hal-hal yang harus diajarkan, agar anak punya kebiasaan hidup sehat sejak dini. Anak yang tumbuh sehat akan senantiasa aktif dalam melakukan segala hal. Tubuh sehat pun akan membantu anak berkembang secara optimal.


Dibandingkan dengan orang dewasa, anak kecil tubuhnya  memang lebih rawan terhadap penyakit karena imun di tubuhnya belum terlalu kuat.  Tidak heran apabila banyak anak yang mudah tertular penyakit tertentu. Nah, sebagai orang tua cerdas, inilah beberapa cara menjaga anak agar tetap sehat yang bisa dilakukan:

1. Berikan Asupan Makanan yang Sehat

cara menjaga anak agar tetap sehat

Langkah penting untuk menjaga anak tetap sehat adalah dengan memberikan makanan sehat sejak dini. Hidangkan makanan sehat di rumah yang tidak mengandung lemak jahat, gula dan tinggi kalori. Misalnya saja makanan cepat saji, favorit orang tua masa kini, karena praktis dan cepat.

Jika di rumah sejak awal telah terbiasa terhidang makanan sehat, dengan begitu anak pun akan terbiasa dengan olahan makanan segar dan bergizi. Pastikan dalam piring terdapat berbagai makanan sehat seperti sayur, ikan, daging tanpa lemak dan lainnya.

2. Biasakan Anak Tidur Cukup dan Teratur 

cara menjaga anak agar tetap sehat

Seorang anak yang tidurnya kurang akan lebih rentan terhadap virus dan penyakit. Sebagai orang tua penting sekali untuk memperhatikan jadwal tidur anak. Ajak anak untuk tidur awal dan ceritakan pentingnya hal tersebut bagi mereka. Orang tua pun harus memberi contoh dengan tidur yang cukup pula dan tidak suka begadang.

3. Biasakan Anak Untuk Selalu Mencuci Tangan

cara menjaga anak agar tetap sehat

Untuk menjaga kesehatan anak bisa dimulai dari hal yang sederhana. Contohnya adalah rajin cuci tangan. Terbukti kebiasaan baik ini dapat menjadi cara efektif untuk melindungi anak dari berbagai penyakit. 


Mencuci tangan dengan benar mampu mencegah anak terhindar dari bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi dan penyakit. Ajarkan anak untuk mencuci tangan minimal 20 detik dengan sabun dan air mengalir.  Kebiasaan tersebut kelak akan terbawa hingga dewasa.

4. Ajak Anak Berolahraga Setiap Hari

cara menjaga anak agar tetap sehat

Menjaga kesehatan anak bisa dimulai dari olahraga secara rutin atau setiap hari. Dibandingkan anak bermain game seharian di rumah, akan lebih baik jika diajak olahraga. Ajak mereka aktif bergerak. Tidak perlu mengajak mereka olahraga berat. Cukup bersepeda santai atau jalan kaki saja sudah cukup.


Rutin melakukan hal tersebut, perlahan akan membentuk tubuh anak selalu sehat dan menghindarkannya dari obesitas. Selain itu, daya tahan tubuh anak terjaga dan mengurangi risiko terkena penyakit.

5. Ciptakan Lingkungan yang Aman dan Bersih Bagi Anak

cara menjaga anak agar tetap sehat

Menjaga kesehatan anak tidak cukup hanya sebatas dari dalam tubuhnya saja. Lingkungan yang aman dan bersih sebagai tempat anak tumbuh juga ikut berpengaruh. Misalnya saja jauhkan benda-benda tajam atau berbahaya dan berikan lingkungan yang bersih terhadap anak kecil. 

Sebisa mungkin besarkan anak di lingkungan yang kondusif. Lingkungan yang sehat, bersih dan ramah pada anak-anak. Lingkungan demikian tidak hanya membuat tubuh sehat, pikiran dan jiwanya pun akan sehat.


Cara menjaga anak agar tetap sehat terlihat sepele, tapi pada dasarnya berat untuk dilakukan apabila orang tua tidak memiliki kepedulian. Orang tua sibuk jaman sekarang, lebih suka membiarkan anak bermain gadget dibandingkan bermain di luar. Akibatnya bukan hanya tubuhnya yang tidak gerak aktif, tapi juga jiwa dan mentalnya akan terganggu.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.