Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Ketahui 5 Manfaat Argan Oil untuk Kesehatan Rambut

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat argan oil untuk kesehatan rambut yang penting diketahui.

Argan oil termasuk jenis minyak alami yang dikenal baik untuk merawat kesehatan rambut. Manfaat argan oil untuk rambut memang sudah banyak diketahui. Tidak heran jika banyak produk perawatan rambut seperti pada sampo dan kondisioner menggunakan argan oil sebagai salah satu bahan komposisinya. Argan oil dibuat dari biji pohon argan atau tanaman yang bernama latin argania spinosa yang biasanya banyak tumbuh di wilayah negara Maroko.


Di dalam argan oil terdapat kandungan berbagai jenis lemak nabati atau sterol dan asam lemak. Di antaranya adalah asam palmitat, asam stearat, asam linoleat, dan asam oleat. Selain kandungan tersebut, di dalam argan oil juga terdapat kandungan omega-3, vitamin E, antioksidan polifenol, beta-karoten, dan xantofil.


Berkat kandungan tersebut argan oil dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat tradisional, dan bahan alami untuk merawat kesehatan dan keindahan kulit dan rambut. Berikut ini beberapa manfaat argan oil untuk rambut:

1. Membantu Menyehatkan Kulit Kepala


Di dalam argan oil terdapat kandungan vitamin E, asam lemak, xantofil, dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit kepala. Mulai dari mengatasi peradangan pada kulit kepala yang bisa terjadi karena berbagai sebab. Selain  itu juga, argan oil bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit kepala karena goresan kuku yang terlalu keras saat menggaruk atau luka karena sebab lainnya.

2. Menutrisi dan Melembapkan Rambut


Di dalam argan oil memang kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan nutrisi tersebut diantaranya adalah asam oleat dan asam linoleat. Kedua kandungan tersebut yang akan melapisi kulit kepala dan bagian terluar batang rambut atau yang disebut dengan kutikula dan menjaga kelembapan setiap helai rambut.

3. Rambut Halus dan Berkilau


Argan oil juga dapat membuat rambut terasa halus dan terlihat lebih berkilau, tidak heran jika minyak ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi rambut kusut dan susah diatur. Jika kamu sedang mencari kondisioner alami yang aman untuk rambut, argan oil bisa dijadikan alternatifnya karena mampu memberikan kelembapan dan nutrisi setiap helai rambut.

4. Membantu Mengatasi Rambut Rusak


Banyak perempuan yang mengeluh memiliki rambut rusak akibat menggunakan alat penata rambut yang bersuhu tinggi. Contohnya seperti catokan rambut dan pengering rambut, penggunaan cat rambut, penggunaan obat pelurus atau pengeriting rambut. Ketika kamu sering melakukan hal-hal tersebut zat kimia yang ada di dalam produk cat rambut, obat pelurus dan pengeriting rambut akan merusak protein rambut yang bisa membuat rambut menjadi mudah rusak.


Kandungan asam linoleat dan asam oleat yang ada di dalam argan oil bisa mencegah dan mengurangi jumlah protein rambut yang rusak dan melapisi setiap helai rambut. Sehingga membantu melindungi rambut dari penggunaan alat penata rambut yang bersuhu tinggi dan penggunaan produk styling rambut berbahan kimia. Penggunaan argan oil secara teratur akan mencegah dan mengurangi rambut bercabang.

5. Mencegah Rambut Rontok


Kandungan vitamin E yang ada di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat rambut sehingga rambut akan terlihat lebih tebal dan sehat. Namun, masih belum ada penelitian lebih lanjut tentang manfaat argan oil satu ini tapi tidak ada salahnya menggunakannya untuk meminimalisir kerontokan.


Itulah berbagai manfaat argan oil untuk rambut. Kamu bisa mengoleskan argan oil setelah keramas atau sebelum menggunakan pengering rambut, dan minyak ini akan membantu mengatasi berbagai permasalahan pada rambut.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.