Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 5 Manfaat Baik Daun Lobak untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat daun lobak sangat penting untuk kesehatan tubuh setiap hari.

Pernah membeli lobak dan ketika akan memasak daunnya dibuang? Ternyata, lobak tidak hanya bisa digunakan umbinya saja, tetapi ternyata manfaat daun lobak tidak kalah baik. Daun lobak memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, antara lain vitamin A, vitamin C, asam folat, fosfor, zat besi dan juga magnesium yang diperlukan tubuh. Dengan berbagai kandungan tersebut, daun lobak menjadi baik untuk kamu konsumsi. Untuk lebih lengkap, inilah manfaat dari daun lobak yang perlu kam ketahui.

1. Pencernaan Sehat


Kandungan serat di dalam daun lobak ternyata lebih tinggi dari lobak itu sendiri. Serat sangat dibutuhkan oleh usus untuk memberi makan bakteri baik yang ada di dalamnya. Dengan demikian kesehatan usus akan tetap terjaga dan pencernaan menjadi lancar. Daun lobak dinilai memiliki sifat pencahar sehingga akan membantu usus besar aktif bergerak. Hal ini akan mencegah terjadinya perut kembung atau bahkan sembelit. Daun lobak dapat dikonsumsi dengan cara dimasak terlebih dahulu sebagai sayur.

2. Mengatasi Gejala Anemia dan Meningkatkan Imunitas Tubuh


Zat besi yang terkandung di dalam daun lobak cukup efektif membantu mengatasi gejala anemia. Zat besi memiliki peran penting untuk mendorong pembentukan hemoglobin atau sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, zat ini juga membantu untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.


Selain membantu mengatasi gejala anemia, mengonsumsi daun lobak ternyata juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya akan membantu mengatasi kelelahan sehingga imunitas meningkat.

3. Mengobati Wasir


Daun lobak ternyata telah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional, salah satunya adalah untuk mengobati wasir. Untuk mengobati penyakit ini, daun lobak terlebih dahulu harus dikeringkan dan dibuat menjadi bubuk. Bubuk daun lobak tersebut selanjutnya dicampurkan dengan gula. Takarannya adalah 1:1 dan tambahkan dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Pasta daun lobak inilah yang dikonsumsi untuk mengobati wasir.

4. Mendukung Kesuburan dan Kesehatan Ibu Hamil


Asam folat dan zat besi yang ada di dalam daun lobak sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan pasangan suami istri. Hal ini tentu saja sangat bagus dikonsumsi oleh pasangan yang sedang menantikan hadirnya buah hati. Daun lobak juga bagus bagi ibu hamil karena kandungan asam folat yang sangat penting untuk pertumbuhan janin. Mengonsumsi daun lobak secara teratur selama masa kehamilan dapat melindungi bayi dari cacat tabung saraf.

5. Membantu Tidur Lebih Nyenyak


Ingin tidur malam menjadi lebih nyenyak? Cobalah untuk mengonsumsi daun lobak. Kolin yang terkandung di dalam daun lobak memiliki peran penting untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, kolin juga merupakan nutrisi yang penting untuk membantu pergerakan otot dan juga penyerapan lemak di dalam tubuh. Peradangan kronis yang ada di dalam tubuh dapat berkurang apabila mendapat asupan kolin yang cukup. Oleh karena itu, para penderita radang kronis disarankan untuk mengonsumsi sayuran ini.


Tidak hanya dimasak sebagai menu sayuran, daun lobak ternyata dapat direbus dan diminum untuk mengatasi masalah pencernaan. Untuk efek samping konsumsi daun lobak sejauh ini belum diketahui. Meskipun demikian, sayuran ini memiliki sifat diuretik. Mengonsumsi daun lobak secara berlebihan dikhawatirkan akan menyebabkan dehidrasi dan turunnya kadar gula darah. Apabila memungkinkan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun lobak sebagai obat alami untuk penyakit atau gangguan kesehatan yang sedang diderita.


Demikianlah 5 manfaat daun lobak yang baik untuk kesehatan. Mulai saat ini, sebaiknya hindari membuang sayuran ini saat membeli lobak. Manfaatkan untuk menambah kesehatan kamu ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.