Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 5 Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
28 May 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat brotowali yang penting untuk kesehatan tubuh.

Tinospora cordifolia atau yang akrab disapa brotowali merupakan salah satu tanaman herbal berbentuk semak merambat yang sudah cukup populer di Indonesia. Ciri khas utama dari tanaman ini adalah daun yang berbentuk seperti hati dan batang yang memiliki tonjolan-tonjolan kecil. Pada pengobatan tradisional, bagian batang inilah yang sering digunakan. Meski rasanya sangat pahit, brotowali dikenal efektif dalam hal pengobatan. Berikut manfaat brotowali bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

banner consideration shipping bg blue

1. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah


Sejak zaman dulu, brotowali dikenal sebagai salah satu obat herbal yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Pengobatan ini dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2. Hal ini didukung dengan sebuah penelitian yang mengungkapkan jika brotowali dapat membantu memperbaiki kinerja hormon insulin dan mencegah terjadinya resistensi. Dengan begitu, kadar gula darah dalam tubuh bisa tetap terjaga.


Namun, perlu diketahui jika menggunakan brotowali ini perlu disesuaikan dengan dosis yang tepat. Pasalnya, brotowali dapat menimbulkan efek samping berupa hipoglikemia dan kerusakan hati. Efek samping ini bisa timbul saat mengonsumsi brotowali bersama dengan obat-obatan dari dokter.

2. Meningkatkan Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh


Brotowali dapat membantu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan, vitamin C, dan berbagai nutrisi yang dikenal efektif dalam menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh.


Agar manfaat yang Anda rasakan bisa lebih maksimal, imbangi dengan pola hidup yang sehat, rajin berolahraga, cukup istirahat, dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

3. Mencegah Kambuhnya Alergi


Sebagian orang memiliki alergi terhadap sesuatu atau makanan tertentu. Umumnya, saat alergi tersebut muncul, tubuh akan mengalami gejala-gejala tertentu. Sebuah riset menemukan fakta bahwa brotowali dapat membantu mengurangi gejala yang timbul akibat alergi. Beberapa gejala seperti bersin-bersin, gatal, bentol, dan pilek dapat diredakan menggunakan brotowali. Tidak hanya itu saja, brotowali juga diketahui mampu mencegah kambuhnya alergi.

banner consideration promotion bg blue


Namun, peran brotowali hanyalah sebagai pencegah saja karena sejauh ini, obat alergi masih belum bisa ditemukan. Alergi hanya dapat dicegah apabila menghindari larangan atau pantangannya. Sebelum mengonsumsi brotowali ini, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter lebih dulu.

4. Memelihara Kesehatan Tulang


Tulang merupakan bagian tubuh manusia yang cukup rentan terserang penyakit. Brotowali memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Tidak hanya itu saja, brotowali juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah osteoporosis dan osteoarthritis.


Selain mengonsumsi brotowali, Anda perlu menunjangnya dengan makanan tinggi kalsium, mencukupi asupan vitamin D, dan rajin berolahraga.

5. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Hati


Brotowali diketahui dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi hati. Sebagai organ penting bagi tubuh, hati perlu dijaga dengan baik agar fungsinya tidak terganggu. Kandungan antioksidan dan anti peradangan yang terdapat dalam brotowali dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi hati.


Namun sayangnya, hal ini hanya boleh diterapkan pada orang sehat saja. Sedangkan pada orang yang memiliki riwayat sakit hati tidak dianjurkan mengonsumsi brotowali karena dapat memperburuk kerusakan hati. Maka dari itu, penderita penyakit atau gangguan pada hati sebaiknya berkonsultasi lebih dulu kepada dokter sebelum mengonsumsi brotowali sebagai obat herbal.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar manfaat brotowali yang perlu Anda ketahui. Sebagai salah satu obat herbal dengan segudang manfaat, brotowali seringkali diincar untuk tujuan pengobatan. Selain manfaat di atas, brotowali juga diketahui dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.