Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 5 Manfaat Buah Honje dan Cara Mengolahnya yang Benar

Rizki Indra
Rizki Indra
15 May 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat Buah Honje

Honje atau lebih dikenal dengan nama kecombrang cukup populer sebagai bahan makanan di Indonesia. Manfaat buah honje sendiri sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena di dalam buah honje terdapat kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena selain memiliki rasa yang khas kecombrang juga dapat membantu memelihara kesehatan tubuh. Tanaman ini memiliki sebutan yang berbeda-beda di tiap tempat.

banner consideration shipping bg blue


Contohnya sebutan kencong digunakan oleh masyarakat di Sumatera Utara dan Bali disebut dengan bongkot. Menurut sebuah penelitian kecombrang memiliki fitokimia berupa tanin, saponin, alkaloid, flavonoid, dan terpenoid. Tidak hanya itu bunga kecombrang juga memiliki kandungan essential oil


Essential oil pada kecombrang mempunyai ciri khas mudah menguap dan tidak dapat larut pada air. Berdasarkan kandungan yang ada di dalamnya honje atau kecombrang memiliki beberapa manfaat berikut ini:

1. Mencegah Kanker dan Kerusakan Pada Sel-sel Tubuh

manfaat buah honje

Honje atau kecombrang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi tersebut juga ditemukan pada batang, rimpang, dan daun tanaman honje. Antioksidan yang ada di dalamnya adalah senyawa flavonoid yang merupakan salah satu senyawa antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Serta memperlambat kerusakan sel akibat pertumbuhan sel kanker.

2. Mencegah Pertumbuhan Bakteri

manfaat buah honje

Manfaat buah honje selanjutnya adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Tanaman ini juga memiliki manfaat sebagai agen antibakteri untuk merespon gejala-gejala penyakit yang disebabkan oleh mikroba patogen. Hasil uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak batang kecombrang mengandung zat antibakteri yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri, diantaranya yaitu Bacillus cereus, Escherichia coli, Listeria monocytogenes, dan Staphylococcus aureus. Kemampuan antibakteri tersebut berkat kandungan essential oil, asam lemak, dan alkaloid di dalamnya.

3. Memberikan Aroma yang Menyegarkan

manfaat buah honje

Kecombrang atau honje memiliki cita rasa yang kuat dan khas untuk menu masakan. Oleh karena itu kecombrang dapat juga digunakan untuk mengurangi bau anyir atau amis terutama pada olahan masakan laut. Selain itu juga kecombrang dapat membuat aroma sambal lebih terasa segar. Kecombrang juga biasanya digunakan pada hidangan berkuah dan tumisan.

banner consideration promotion bg blue

4. Membantu Mengurangi Bau Mulut dan Bau Badan

manfaat buah honje

Tanaman kemangi dikenal memiliki manfaat untuk mengurangi bau badan dan bau mulut. Sama halnya dengan daun kemangi, kecombrang juga dinilai dapat membantu mengurangi bau badan dan bau mulut. Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat kecombrang satu ini. Namun tidak salahnya jika dicoba.

5. Menangkal Nyamuk

manfaat buah honje

Manfaat kecombrang selanjutnya yaitu dapat membantu menangkal nyamuk. Manfaat kecombrang tersebut berkat kandungan essential oil yang ada di dalamnya. Umumnya nyamuk kurang menyukai aroma segar yang kuat sehingga membuat Anda terhindar dari serangan gigitan nyamuk.


Untuk pengolahan buah honje juga terbilang mudah. Pilihlah buah honje atau kecombrang yang masih segar. Lalu potonglah sesuai dengan keinginan. Namun sebelum itu cuci terlebih dulu hingga bersih. Selanjutnya dapat diolah sesuai keinginan. Kecombrang dapat diolah sebagai campuran bumbu penyedap, campuran masakan seafood, campuran sambal, dan dijadikan lalapan atau pecel.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah 5 manfaat buah honje yang ternyata masih sangat jarang diketahui orang. Buah ini ternyata memang memiliki banyak kandungan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.