Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 5 Manfaat Buah Mengkudu dan Cara Pengolahannya

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
manfaat buah mengkudu
Buah mengkudu atau disebut juga buah noni merupakan salah satu spesies dari keluarga kopi. Buah berwarna hijau eksotis yang seukuran dengan kentang ini memang memiliki bau menyengat tajam dengan rasa yang pahit. Meskipun begitu, manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tidak dapat diragukan lagi. Tidak jarang jika buah ini menjadi bahan tambahan dalam suplemen makanan maupun jamu lainnya. Apa saja manfaat dari mengkudu?
banner consideration shipping bg blue

1. Mengatasi Arthritis



Manfaat buah mengkudu yang pertama adalah bermanfaat untuk mengatasi arthritis jika diminum setiap hari. Hal ini karena mengkudu memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan arthritis seminimal mungkin. Hal ini sudah dibuktikan oleh tu peneliti Jerman yang mempelajari manfaat  buah mengkudu dalam mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit di antara hewan uji.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa khasiat analgesik yang terdapat di dalam buah mengkudu sebanding dengan tramadol, obat analgesik resep yang digunakan untuk mengobati rasa sakit sedang sampai parah.

2. Melindungi dari Risiko Stroke



Manfaat buah mengkudu selanjutnya adalah melindungi dari risiko yang diakibatkan stroke. Para periset yang berasal dari Universitas Kobe Gakuin Jepang menemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi jus mengkudu lebih sedikit terkena kerusakan neurologis dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi jus mengkudu.

Hal ini terjadi karena dalam mengkudu terdapat sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang akan melindungi tikus lab dari kerusakan otak yang disebabkan oleh gangguan aliran darah sementara ke otak. 
banner consideration promotion bg blue

3. Menurunkan Kolesterol



Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular. Tidak hanya itu, ternyata kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi karena penumpukan stres oksidatif dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang melibatkan 132 peserta perokok berat menunjukkan hasil bahwa seseorang yang mengonsumsi 29 sampai 188 mililiter jus mengkudu bisa mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi. Lipoprotein dengan kepadatan tinggi ini sendiri merupakan salah satu bentuk kolesterol yang baik. Sehingga dalam hal ini, mengkudu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh



Satu lagi manfaat mengkudu untuk kesehatan adalah meningkatkan imunitas tubuh sehingga melindungi tubuh dari berbagai virus maupun penyakit yang dapat membahayakan. Hal ini dapat terjadi karena dalam mengkudu mengandung scopoletin yang memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan antihistamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Tidak hanya itu, sifat anti-bakteri yang terdapat di dalam buah mengkudu menunjukkan khasiat yang cukup ampuh untuk melawan bakteri E. coli (penyebab gangguan pencernaan dan infeksi saluran kencing), Proteus vulgaris (penyebab infeksi saluran kencing) dan Staphylococcus aureus (penyebab infeksi kulit dan tulang, hingga sepsis)

5. Mencegah Kanker



Kandungan antioksidan yang beragam di dalam buah mengkudu mampu memerangi risiko seseorang terhadap kanker, penyakit penyebab kematian setelah jantung, stroke, dan diabetes. Sebuah penelitian dari National Cancer Institute pernah mendanai manfaat mengkudu mengenai pencegahan maupun pengobatan kanker payudara.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat mengkudu di atas, kamu harus memperhatikan cara pengolahannya yang baik dan benar. Pilihlah buah mengkudu dengan kualitas yang terbaik sebelum dibuat jus. Meskipun demikian, seperti obat herbal lainnya, mengkonsumsi mengkudu tidak bisa dijadikan patokan untuk menggantikan obat maupun suplemen.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Cara yang paling aman untuk mendapatkan manfaat mengkudu adalah dengan mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen makanan. Hal ini akan meminimalisir risiko yang tidak diinginkan, mengingat daya tahan tubuh seseorang berbeda-beda. Oleh karena itu, meski manfaat buah mengkudu sangat baik untuk tubuh, jangan lupa untuk memperhatikan cara konsumsi dan pengolahannya yang tepat ya! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.