Ketahui 5 Manfaat Buah Pisang yang Baik untuk Tubuh dan Pencernaan

14 Sep 2020 @ 18:08:37
Pisang merupakan buah yang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Buahnya yang berasa manis, dengan tekstur lembut membuatnya digemari mulai dari usia anak-anak hingga lansia. Buah yang kaya serat dan juga kandungan protein ini, ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan pencernaan. Apa saja manfaat buah pisang untuk tubuh dan pencernaan manusia? Simak ulasannya berikut ini:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan



Manfaat buah pisang yang pertama adalah bisa mengatasi masalah pada pencernaan manusia. Jika kamu pernah mengalami keracunan makanan atau dalam istilah medisnya lebih dikenal dengan flu perut, ternyata buah pisang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan masalah perutmu, hal ini karena pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna.

Kandungan kalium yang terdapat dalam buah pisang juga bisa membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh.  Tidak hanya itu, kandungan serat yang terdapat dalam buah pisang juga dapat membantu menambah kepadatan feses sehingga mencegah konstipasi atau sembelit.

2. Menurunkan Risiko Stroke



Manfaat buah yang berwarna kuning ini juga bisa menurunkan risiko struktur. Hal ini karena kandungan kalium yang terdapat di dalamnya. Terutama bagi wanita yang sudah berusia lanjut dan telah melewati masa menopause.

Sebuah penelitian sudah membuktikan yang menyatakan bahwa wanita pasca menopause yang rutin mengkonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi makanan berkalium sama sekali.

3. Menurunkan Tekanan Darah



Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Selain bermanfaat untuk menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang ternyata juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan, AHA atau American Heart Association menganjurkan para penderita hipertensi untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium guna membantu menurunkan tekanan darah. 

Meskipun demikian, manfaat pisang yang satu ini tidak akan bekerja secara efektif jika kamu tidak mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak. Untuk itu, tetap perhatikan porsi makanan yang masuk ke dalam tubuhmu meskipun kamu menggunakan pisang sebagai cemilan untuk menurunkan tekanan darahmu.

4 Kaya Akan Magnesium



Buah pisang juga mengandung banyak magnesium yang merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar dapat berfungsi normal. Magnesium sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan protein, produksi energi, mempertahankan fungsi otot dan saraf, serta mengendalikan gula dan tekanan darah.

Dua buah pisang yang berukuran sedang, bisa memenuhi 16% kebutuhan magnesium harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh  karena itu, tidak ada salahnya jika kamu menambahkan pisang ke dalam menu makanan yang kamu konsumsi. Pasalnya, pisang ini akan mencegah kekurangan magnesium dalam tubuh.

5. Baik untuk Kesehatan Kulit


Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga pencernaan, siapa sangka jika pisang ternyata memiliki kesehatan untuk kulitmu. Pasalnya, pisang mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan terpenting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV.  

Manfaat pisang juga bisa mencegah timbulnya jerawat, menyerap minyak, dan melembabkan kulit kering. Cukup buat masker wajah dari buah ini, lalu oleskan pada kulit wajah yang bersih dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Kamu juga bisa mengaplikasikan yoghurt atau madu ketika membuat masker pisang ini.

Itulah kelima manfaat buah pisang yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga pencernaan. Untuk mendapatkan berbagai manfaat sehat tersebut, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah ini dalam asupan makanan kamu sehari-hari ya! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020