Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 5 Manfaat Daun Serai yang Belum Kamu Sadari

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Ketahui 5 Manfaat Daun Serai yang Belum Kamu Sadari
Daun serai yang mudah ditemukan di dapur ini memang kerap kali digunakan sebagai rempah dalam masakan khas Indonesia maupun herbal lainnya. Kandungan seperti vitamin B, magnesium, kalium, dan zat besi yang ada di dalamnya membuat daun serai memiliki banyak khasiat untuk tubuh yang jarang disadari banyak orang. Apa saja manfaat daun serai untuk kesehatan? 

1. Menjaga Sistem Pencernaan



Daun serai memang lebih dikenal sebagai tanaman rempah yang terkadang dijadikan bahan tambahan dalam minuman herbal maupun jamu. Hal ini karena manfaat daun serai yang berguna untuk memelihara sistem pencernaan. Kandungan yang ada di dalamnya melindungi tubuh dari patogen yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

Tidak hanya menjaga sistem pencernaan, sistem dipercaya mampu meredakan gejala berbagai masalah pencernaan mulai dari diare hingga sembelit. Efek analgesik yang terdapat di dalam serai juga bisa membantu meredakan nyeri haid bagi perempuan.

2. Menurunkan Tekanan Darah



Sifat diuretik yang terdapat di dalam serai mampu membantu membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine. Hal ini bisa membuat serai dapat menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh. Pasalnya, kelebihan kadar garam bisa membuat seseorang menderita hipertensi. 

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi serai secara rutin agar dapat menjaga kadar darah dalam tubuh. kita bisa menambahkan serai ke dalam teh maupun minuman hangat lainnya untuk mendapatkan manfaat serai yang satu ini.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah



Selain dapat menurunkan tekanan darah, manfaat daun serai selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar gula darah. Seperti yang kita ketahui, bahwa penyakit diabetes terjadi karena ketidakmampuan pankreas memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga kadar gula dalam darah pun naik. Dalam hal ini, serai bertindak mengeluarkan racun yang ada di pankreas dan meningkatkan kerja pankreas.

Tidak ada salahnya jika seorang yang menderita diabetes mengkonsumsi serai untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuhnya. Selain itu, mengkonsumsi serai juga bisa menjaga sistem pencernaan dan melindungi tubuh dari penyakit perut seperti kembung atau masuk angin.

4. Meredakan Kecemasan



Di era pandemi seperti ini, pemerintah membuat kebijakan agar masyarakat tetap beraktivitas di rumah dan menghindari keramaian. Bagi sebagian orang, karantina mandiri sendiri seperti ini bisa menimbulkan kecemasan bahkan berujung stress. Untuk menghindari itu, kita membutuhkan makanan maupun minuman yang bisa mengembalikan mood menjadi lebih baik lagi.

Untuk mengatasi hal ini, serai bisa menjadi solusi. Mengkonsumsi teh daun serai mampu menambah efek ketenangan dalam diri seseorang. Beberapa penelitian bahkan sudah membuktikan dengan menghirup aroma serai bisa membantu dalam meredakan kecemasan pada orang yang mengalami gangguan kecemasan.

5. Melawan Radikal Bebas



Merebaknya kasus covid membuat tubuh harus mendapatkan asupan makanan yang bergizi tinggi agar dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh yang bisa melawan berbagai penyakit maupun virus yang masuk. Dalam hal ini, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi serai. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam daun serai bermanfaat untuk melawan radikal bebas.

Radikal bebas sendiri adalah sebuah zat yang bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Antioksidan yang bisa kita temukan di dalam serai sendiri diantaranya asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin.

Itulah lima manfaat daun serai yang jarang diketahui banyak orang. Setelah mengetahui berbagai manfaat ini, mulai sekarang biasakan untuk mengkonsumsi daun serai demi kesehatan tubuh kamu ya Lemonizen! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.