Ketahui 5 Manfaat Ikan Tongkol bagi Kesehatan

Bahan makanan dari laut termasuk ikan memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah ikan tongkol. Manfaat ikan tongkol sendiri tidak kalah dengan jenis ikan-ikan lainnya yang harganya lebih mahal. Ikan tongkol memiliki nama latin Euthynnus affinis, ikan ini juga masih berkerabat dengan jenis ikan laut lain yaitu ikan tuna dan juga ikan kembung. Kandungan nutrisi diantara ikan-ikan tersebut juga tidak jauh berbeda.

Meskipun harga ikan tongkol relatif lebih murah dibandingkan ikan tuna, nutrisinya cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Di dalam 150 gram ikan tongkol terdapat 250 hingga 300 kalori dan berbagai nutrisi lainnya. Kandungan nutrisi tersebut diantaranya adalah protein, zat besi, fosfor kalsium, zinc, kalium, dan selenium. 

Selain kandungan nutrisi tersebut, di dalam ikan tongkol juga terdapat vitamin A, vitamin B, omega-3, dan natrium yang dibutuhkan tubuh. Kandungan tersebut menjadikan ikan tongkol memiliki banyak manfaat. Inilah beberapa manfaat ikan tongkol untuk kesehatan:

1. Membantu Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

manfaat ikan tongkol bagi kesehatan

Adanya kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi di dalamnya membuat seseorang yang mengkonsumsi ikan tongkol memiliki tekanan darah yang stabil. Kandungan asam lemak omega-3 dapat mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga membuat aliran darah dalam tubuh tetap lancar dan stabil.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat ikan tongkol bagi kesehatan

Ikan tongkol dapat dijadikan menu diet yang baik karena termasuk bahan makanan yang rendah kalori. Di dalam 100 gram ikan tongkol mengandung sekitar 109 kalori saja. Selain rendah kalori ikan tongkol juga tinggi kandungan protein yang baik untuk tubuh. Protein sendiri dapat menurunkan kadar ghrelin di dalam tubuh.

Ghrelin merupakan hormon yang berfungsi untuk merangsang rasa lapar sehingga memicu seseorang merasa ingin makan-makanan berat seperti nasi dan makanan lain yang tinggi karbohidrat. Dengan menurunnya kadar ghrelin pada tubuh dapat mengurangi nafsu makan.

3. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Kelenjar Tiroid

manfaat ikan tongkol bagi kesehatan

Kandungan selenium yang ada di dalamnya dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan kelenjar tiroid. Kesehatan kelenjar tiroid memang perlu diperhatikan dimana kelenjar tersebut memiliki fungsi mengatur metabolisme tubuh, mengharukan hormon, dan mempertahankan tingkat energi pada tubuh. Ketika kelenjar tiroid bermasalah akan menimbulkan berbagai masalah diantaranya adalah perubahan berat badan drastis, gangguan kemampuan seksual, dan perubahan buang air besar.

4. Membantu Memelihara Fungsi Otak

manfaat ikan tongkol bagi kesehatan

Berkat kandungan asam lemak omega-3 dan niacin di dalamnya membuat orang yang mengkonsumsi ikan tongkol memiliki fungsi otak baik. Kandungan niacin dapat membantu menurunkan risiko mengalami demensia akibat bertambahnya usia. Selain itu juga dapat menurunkan risiko mengidap penyakit Alzheimer. Sedangkan kandungan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah terjadinya masalah mental seperti mengalami depresi.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat ikan tongkol bagi kesehatan

Manfaat ikan tongkol selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan organ jantung. Kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang melimpah di dalamnya membuatnya dapat mencegah bertambahnya kadar kolesterol dan mengatur tekanan darah agar tetap stabil. Dengan begitu kesehatan jantung dapat terjaga.

Itulah 5 manfaat ikan tongkol yang baik untuk kesehatan. Makanan bernutrisi dan rutin berolahraga merupakan kunci utama untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah ikan tongkol ini. Maka dari itu, yuk mulai sekarang masukkan ikan tongkol ini sebagai bagian dari menu makanan sehat harian kamu ya Lemonizen!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami