Ketahui 5 Manfaat Kopi yang Belum Kamu Sadari

Kopi merupakan salah satu minuman favorit yang bersahabat di lidah orang Indonesia. Kita bisa dengan mudah menjumpai kedai-kedai kopi maupun restoran yang menawarkan berbagai sajian kopi sebagai minuman andalannya. Meskipun sering dijadikan minuman pelarian mood semata, tahukah kamu jika kopi memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat kopi yang belum kamu sadari?

banner consideration shipping bg blue

1. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Manfaat kopi yang pertama adalah kemampuannya mengurangi risiko diabetes tipe 2. Hal ini sudah dibuktikan oleh survei yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan di tahun 2011. Survei tersebut menyatakan bahwa wanita menopause yang minum 4 cangkir kopi setiap hari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.
Kandungan yang terdapat di dalam kopi dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting bagi metabolisme tubuh, serta mencegah hancurnya proses produksi sel insulin. Sehingga dalam hal ini mengonsumsi kopi bermanfaat untuk mengurangi seseorang terkena risiko diabetes tipe 2.

2. Menurunkan Risiko Pikun 

Seseorang yang minum 3 hingga 5 cangkir kopi per hari, terbukti 65 persen lebih rendah terkena risiko demensia daripada yang hanya minum dua cangkir atau tidak sama sekali, ini merupakan  hasil yang didapatkan dari sebuah riset yang dilakukan di Swedia dan Denmark. Hal ini karena kopi mengandung antioksidan yang dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular.
Penelitian dilakukan pada sebuah hewan untuk mengetahui efek kopi satu ini. Hasilnya, kopi bisa menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif, serta kemungkinan meningkatnya energi yang membuat Anda lebih aktif.

banner consideration promotion bg blue

3. Menurunkan Risiko Penyakit Hati

Manfaat kopi selanjutnya adalah mampu menurunkan risiko penyakit hati. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kopi berpotensi menurunkan risiko terkena sirosis hati pada peminum alkohol, hingga 22 persen. 
Selain menurunkan risiko terkena penyakit hati alias sirosis hati, ternyata mengonsumsi kopi juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker hati, perlemakan hati, serta penyakit empedu seperti radang dan batu empedu. Sebuah penelitian lain juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kopi sebanyak tiga cangkir sehari, dapat menurunkan risiko terkena kanker hati hingga lebih dari 50 persen.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain ketiga manfaat kopi di atas, mengonsumsi kopi juga bisa menjaga kesehatan jantung. Hal ini sudah dibuktikan berdasarkan penelitian yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung. 
Meskipun demikian, manfaat kopi untuk menjaga kesehatan jantung maupun melindungi jantung dari penyakit masih belum didukung oleh data yang konsisten, sehingga masih diperlukan banyak penelitian lanjutan.

5. Membentuk Tubuh Ideal

Kabar gembira bagi kamu yang suka minum kopi namun khawatir bisa menyebabkan obesitas. Pasalnya, kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kalori dalam jumlah yang amat rendah. Selain itu, kandungan kafein pada kopi sendiri membantu tubuh untuk mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. oleh karena itu, mengonsumsi kopi dipercaya mampu membentuk tubuh ideal.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima manfaat kopi yang wajib kamu tahu. Meskipun demikian, mengkonsumsi kopi bagi kamu yang menderita tekanan darah tinggi, penyakit tiroid, asam lambung, kolesterol tinggi, asam lambung, maupun ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi kopi dalam jumlah berlebih. Jadi, tetap perhatikan batasan untuk minum kopi ya!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami