Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 5 Manfaat Mandi Pagi yang Jarang Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
13 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat mandi pagi yang penting untuk kesehatan tubuh.

Manfaat mandi pagi yang paling terasa tentu adalah tubuh yang terasa sangat segar. Namun ternyata tak hanya itu saja, mandi pagi masih memiliki banyak manfaat lain untuk tubuh. Mandi adalah rutinitas yang tidak bisa dihindari dan harus dilakukan setiap hari, agar kebersihan tubuh dapat terjaga, tidak ada kuman, bakteri, atau virus. Jika kebersihan tubuh tidak diperhatikan tentu akan mudah terserang penyakit.


Mandi yang baik adalah dilakukan pada pagi hari dan sebelum jam 3 sore. Berdasarkan Bustle.com, mandi pagi adalah waktu terbaik untuk mandi karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mandi di pagi hari sangat cocok untuk kamu yang ingin meditasi pagi. Dengan begitu, kamu bisa menjalani hari dengan kondisi psikologis dan suasana hati yang baik. Manfaat ini tidak bisa kamu dapatkan jika mandi di malam hari. Namun ini tentu tidak bisa jadi patokan karena kesibukan orang berbeda-beda.


Terkadang bagi sebagian orang mandi di pagi hari itu sangat sulit untuk dilakukan. Apalagi jika cuaca sedang dingin, tentu semakin menambah rasa malas untuk mandi. Padahal ada banyak sekali manfaat mandi pagi. Ini dia manfaat mandi pagi yang harus kamu ketahui.

1. Mengatasi Gejala Depresi


Manfaat mandi pagi yang pertama adalah untuk meredakan gejala depresi. Mandi pagi menggunakan air dingin diketahui bisa mengatasi gejala depresi atau stres. Hal ini dikarenakan tubuh akan melepaskan hormon endorphin yang bisa membuat rasa bahagia muncul.

2. Mengatasi Susah Bangun Tidur


Bagi orang yang susah bangun tidur, cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mandi pagi menggunakan air dingin. Suhu dingin dari air akan meningkatkan denyut jantung dan memaksimalkan asupan oksigen dalam tubuh sehingga tubuh bisa lebih cepat terjaga.

3. Mencegah Penyakit


Tahukah kamu, kalau sel darah putih akan lebih optimal produksinya jika rutin mandi pagi? Ini adalah sel darah yang bisa melawan infeksi dalam tubuh. Artinya, mandi pagi terutama dengan air dingin bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit terutama flu hingga serangan jantung.

4. Menaikkan Sirkulasi Darah


Mandi menggunakan air dingin membuat tubuh bekerja sedikit lebih keras agar bisa mempertahankan suhu tubuh tetap normal. Jika melakukan rutinitas ini maka secara otomatis sirkulasi darah pun akan meningkat sehingga kesehatan tubuh dan kulit bisa senantiasa terjaga.

5. Mengatasi Nyeri Otot


Setelah olahraga atau menjalani aktivitas yang melibatkan fisik akan membuat otot jadi nyeri. Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan mandi air dingin setelah melakukan olahraga. Tunggu setidaknya 30 menit setelah olahraga lalu mandi dengan air dingin selama 10 menit.


Nah, itu dia beberapa manfaat mandi pagi yang bisa dirasakan jika dilakukan secara rutin. Kesehatan tubuh terjaga dengan baik bahkan kondisi psikis pun juga ikut terjaga dengan baik. Bagi yang sudah terbiasa mandi pagi dengan air dingin tentu hal ini tidak akan berat, namun yang tidak terbiasa bisa mulai mencobanya dan rasakan sendiri manfaat dari mandi pagi.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.