Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 5 Manfaat Pendinginan Setelah Aktivitas Olahraga

Rizki Indra
Rizki Indra
13 May 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat Pendinginan

Olahraga diibaratkan sebagai inti dari sebuah kegiatan. Sebuah inti pasti didahului oleh pembukaan dan diakhiri dengan penutupan. Nah, pembukaan dari olahraga disebut dengan pemanasan, sementara pendinginan adalah penutupnya. Di antara pemanasan, olahraga, dan pendinginan tidak ada yang tidak penting, semua penting. Inilah 5 manfaat pendinginan setelah aktivitas olahraga.

1. Mengurangi Risiko Kram Otot

manfaat pendinginan untuk mengurangi risiko kram otot

Kram otot seringkali terjadi disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan saat olahraga. Oleh sebab itu diperlukan pendinginan usai berolahraga untuk meminimalisir kram otot akibat salah gerakan tanpa sengaja. Gerakan pendinginan yang tepat dapat mengoptimalkan sirkulasi darah dan otot menjadi lebih rileks.

2. Mencegah Stres Pada Tubuh

manfaat pendinginan untuk mencegah stres pada tubuh

Selama berolahraga otot-otot dalam tubuh lebih tegang dikarenakan gerakan yang dinamis saat berolahraga. Sehingga dibutuhkan proses peregangan tubuh sambil mengatur ulang nafas agar otot tubuh menjadi lemas. Manfaat pendinginan setelah aktivitas olahraga di sini adalah membuat kondisi otot tubuh menjadi lebih rileks dan membuat pikiran tenang, hasilnya dapat terhindar dari perasaan stress.

3. Menormalkan Detak Jantung

manfaat pendinginan untuk menormalkan detak jantung

Kegiatan olahraga, terutama olahraga yang berat dan gerakan cepat, membuat jantung terpompa lebih cepat. Jika kondisi jantung tidak dinormalkan kembali, maka akan menyebabkan rasa pusing atau kehilangan keseimbangan. Oleh sebab itu, dibutuhkan proses pendinginan untuk membuat jantung lebih rileks dan terpompa normal kembali.

4. Mengatur Laju Pernafasan

manfaat pendinginan untuk mengatur laju pernafasan

Apakah nafas Anda terengah-engah saat olahraga? Jangan khawatir, hal ini memang terjadi saat Anda berolahraga karena tarikan nafas berbanding lurus dengan jantung yang terpompa saat olahraga. Jika kondisi jantung terpompa lebih cepat, maka tarikan nafas juga semakin cepat. Mengatur ulang laju pernapasan dilakukan dengan pendinginan. Itulah 4 dari manfaat pendinginan setelah aktivitas olahraga.

5. Mengurangi Tekanan pada Sendi Tubuh

manfaat pendinginan untuk mengurangi tekanan pada sendi tubuh

Manfaat pendinginan setelah aktivitas olahraga yang selanjutnya adalah mengurangi tekanan pada sendi tubuh yang biasanya sulit digerakkan setelah berolahraga. Tekanan pada sendi akan berkurang setelah melakukan pendinginan. Jika tekanan pada sendi sudah berkurang, maka pergerakan anggota tubuh akan bisa diatur kembali seperti semula atau tidak kaku.


Sebelum sesi olahraga berakhir, Anda harus melakukan pendinginan sebagai akhir dari olahraga. Pendinginan tidak kalah penting dengan pemanasan sebagaimana kita ketahui pemaparan di atas. Seperti pula yang dikemukakan American Council of Exercise, manfaat pendinginan setelah aktivitas olahraga adalah mencegah cedera dan bisa meningkatkan rentang gerak otot agar tidak mudah cedera. Selain itu, melakukan pendinginan juga dapat mengatasi rasa nyeri yang biasanya muncul usai 1 atau 2 hari olahraga.


Lantas, bagaimana idealnya gerakan pendinginan itu? Berikut ini tips dari American Heart Association untuk melakukan pendinginan yang ideal.

  • Berjalan sampai detak jantung berada di bawah 120 beat setiap menit.
  • Meregangkan tubuh dengan menahan setiap gerakan selama kurang lebih 10-30 detik. Bisa dilakukan lebih lama jika dibutuhkan. Disarankan tidak melakukan dengan gerakan yang terlalu kuat dan menyakitkan.
  • Menghindari gerakan menghentak atau tiba-tiba yang dapat meningkatkan risiko cedera otot.
  • Tarik nafas dalam-dalam agar tubuh dan pikiran relaks.
  • Melakukan pendinginan idealnya 3-5 menit

Itulah 5 manfaat pendinginan setelah aktivitas olahraga beserta tips ideal melakukan pendinginan. Usahakan tidak melakukan jeda yang lama setelah olahraga karena akan membuat malas untuk melakukan pendinginan. Sebaiknya dilakukan secara langsung setelah olahraga. Barulah setelah pendinginan diperkenankan untuk istirahat. Tetap jaga kesehatan dengan olahraga, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.