Ketahui 5 Manfaat Quality Time untuk Kedekatan Keluarga

Quality time adalah waktu yang bisa diberikan untuk orang-orang tersayang, baik berupa perhatian ataupun melakukan aktivitas bersama. Quality time keluarga bisa dilakukan bersama dengan berbagai cara seperti berbelanja, jalan-jalan, nonton film favorit, wisata kuliner, dan masih banyak lagi. Quality time seringkali menjadi hal yang terlupakan, apalagi di tengah kesibukan yang sangat padat. Namun, seharusnya Lemoprarents bisa meluangkan waktu bersama keluarga meskipun hanya sebentar.

Oleh karena itu, Moms wajib mengetahui manfaat quality time keluarga terlebih dahulu. Semoga dengan membaca ulasan dibawah ini bisa membuat jadwal untuk quality time bersama keluarga. Lalu, apa saja manfaat quality time keluarga tersebut? Berikut dijelaskan berbagai manfaat yang akan didapatkan.

1. Menjalin Keharmonisan

Quality time bisa menjadi wadah bagi Lemoparents yang ingin meluangkan waktu bersama keluarga agar tetap harmonis. Moms perlu ingat bahwa salah satu kunci hubungan keluarga yang harmonis yaitu dengan komunikasi yang baik. Oleh karena itu, Moms bisa memanfaatkan quality time untuk membangun keharmonisan tersebut.

2. Mengurangi Stres

Aktivitas sehari-hari yang padat memang sangat menyita waktu. Hal tersebut tentu menyebabkan minimnya interaksi bersama orang-orang terdekat. Kadang kala hal ini bisa menjadi penyebab seseorang menjadi stres karena selalu kepikiran dengan pekerjaannya yang tak kunjung selesai.

Namun, dengan meluangkan waktu bersama keluarga bisa mengembalikan dan menyegarkan pikiran. Canda tawa yang didapatkan saat quality time bisa membantu mengalihkan pikiran yang bisa membuat Lemoparents stres.

3. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Ini adalah hal yang tidak banyak diketahui oleh orang banyak. Meskipun quality time kadang dianggap sebagai kegiatan yang biasa saja, ternyata dibalik semua itu bisa meningkatkan kebugaran serta merelaksasikan pikiran. Hal ini tentu akan mempengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Dengan adanya quality time bersama keluarga, maka bisa menciptakan kesehatan mental atau dukungan emosional yang sangat kuat, sehingga Moms bisa menghadapi berbagai masalah dan tantangan. Tak hanya itu, hal ini juga akan mengurangi risiko munculnya berbagai gangguan psikologi seperti depresi dan gangguan kecemasan.

5. Meningkatkan Kemampuan dalam Bersosialisasi

Quality time secara tidak langsung mengajarkan Lemoparents banyak hal. Salah satunya adalah mengajarkan untuk bersosialisasi dengan keluarga yang jauh maupun dekat, termasuk orang tua sendiri. Pastikan Lemoparents rutin berkomunikasi dengan orang tua, ya.

Tak hanya itu, quality time juga bisa meningkatkan tingkat percaya diri untuk mengenal orang baru.

Tips Memaksimalkan Quality Time Keluarga

Lemoparents, bisa membuat jadwal yang konsisten serta rutin untuk quality time keluarga. Misalnya, dengan membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan di akhir pekan. Bahkan Moms juga bisa menggunakan waktu sarapan, makan siang, dan makan malam sebagai waktu keluarga. Hal lain yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan melakukan suatu kegiatan secara bersama seperti membersihkan rumah, jalan-jalan, menonton film favorit, dan kegiatan lainnya.

Meskipun quality time terbilang sangat sederhana, namun sebenarnya kegiatan ini memiliki peran yang sangat penting, menciptakan sesuatu yang baru, dan memberikan kesan berbeda dalam hidup.  Namun, jika Lemoparents merasa tidak nyaman saat menikmati quality time bersama keluarga, cobalah konsultasikan dengan psikolog terlebih dahulu.

Itulah manfaat dari quality time keluarga yang bisa didapatkan serta tips memaksimalkan quality time. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Lemoparents dan keluarga supaya bisa semakin harmonis, ya!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami