Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 5 Manfaat Teh Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Ketahui 5 Manfaat Teh Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Teh merupakan salah satu minuman yang paling dekat dengan aktivitas harian masyarakat Indonesia. Minuman yang satu ini juga sangat populer untuk dikonsumsi. Teh yang sering kita nikmati sendiri, berasal dari tanaman teh atau yang beristilah latin Camellia sinensis. Ada banyak jenis teh yang berasal dari tanaman ini, antara lain teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Sering dijadikan minuman pembuka di pagi hari, tahukah kamu apa saja manfaat teh untuk kesehatan tubuh manusia?

1. Meningkatkan Konsentrasi



Teh merupakan minuman yang selalu menjadi pendamping sarapan untuk memulai aktivitas di pagi hari. Ternyata, dengan mengonsumsi teh sebelum beraktivitas bisa meningkatkan konsentrasi seseorang dalam bekerja. Hal ini karena di dalam teh mengandung kafein yang dikenal dengan fungsinya untuk merangsang sistem saraf pusat dan melancarkan peredaran darah ke otak.

Hal inilah yang membuat kafein bisa membuat kita lebih bersemangat dan ‘melek’ ketika akan melakukan aktivitas di pagi hari. Selain itu, kafein yang terkandung di dalam teh lebih rendah jika dibandingkan dengan kafein yang terdapat pada kopi. Sehingga mengonsumsi teh di pagi hari jauh lebih ideal dibandingkan kopi.

2. Menjaga Fungsi Kognitif Otak



Mengonsumsi teh ternyata memiliki manfaat jangka panjang untuk menjaga fungsi kognitif otak. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau dapat melindungi otak dan menurunkan risiko penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson yang merupakan penyakit neurodegeneratif.

Seperti yang kita ketahui, salah satu penyebab penyakit Alzheimer juga bisa berasal dari sering menggunakan gadget. Bagi anak-anak yang sering bahkan sudah kecanduan gadget, membuat fungsi kognitif otaknya terganggu. Untuk itu, tidak ada salahnya jika ibu memberikan secangkir teh hangat sebelum anak pergi ke sekolah.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan


Manfaat teh berikut ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, teh harus menjadi daftar minuman wajib yang harus ditambahkan. Teh yang paling terkenal untuk menurunkan berat badan sendiri adalah teh hijau.

Teh hijau sendiri menjadi bahan utama yang sering ditemukan dalam produk-produk teh diet. Kandungan yang terdapat di dalam teh hijau ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu pembakaran lemak, terutama di bagian perut. 

4. Menjaga Saluran Pencernaan


Selain berkhasiat dalam program penurunan berat badan, faktanya teh juga bermanfaat untuk menjaga saluran pencernaan. Kandungan polifenol yang ditemukan di dalam teh dapat meningkatkan produksi bakteri baik dan mencegah perkembangan bakteri yang merugikan pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi teh hangat di pagi hari bisa menjaga saluran pencernaan selama satu hari. Hal ini tentunya akan membantumu lebih nyaman dan sehat ketika melaksanakan aktivitas harian.

5. Menurunkan Tekanan Darah



Manfaat teh yang terakhir adalah khasiatnya yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini sudah dibuktikan berdasarkan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi teh hitam rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Sehingga dalam hal ini, teh aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

Itulah lima manfaat teh bagi tubuh yang sayang sekali untuk dilewatkan. Kamu bisa memulai harimu dengan secangkir teh hangat dipagi hari. Dengan begitu berbagai manfaat dari teh ini bisa kamu rasakan ketika menjalankan kegiatan harian kamu. Yuk, awali hari kamu dengan minum teh! 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.