Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 5 Olahraga Ini Baik untuk Menambah Berat Badan

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak jenis olahraga penambah berat badan yang wajib diketahui.

Ketika ingin menaikkan berat badan tidak hanya diperlukan asupan nutrisi yang cukup, tapi juga harus diimbangi dengan berolahraga. Ada banyak jenis olahraga penambah berat badan yang bisa dilakukan untuk membentuk tubuh dan menambah berat badan supaya ideal. Pada sebagian orang anggapan bahwa ketika ingin menaikkan berat badan tidak diperlukan olahraga sama sekali merupakan hal yang benar. Namun sebenarnya menaikkan berat badan dengan berolahraga merupakan cara terbaik.


Berikut ini beberapa jenis olahraga penambah berat badan yang bisa dilakukan:

1. Push Up


Push up menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu menaikkan berat badan. Olahraga ini dapat dilakukan tanpa menggunakan alat apa pun. Melakukan push up secara rutin setiap hari dapat membantu membentuk otot di bagian lengan dan punggung.


Cara melakukan push up yang tepat yaitu dengan menghadap ke lantai lalu letakkan kedua tangan di sebelah badan. Kemudian angkat tubuh dengan menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan. Tapi perlu diingat, jagalah postur tubuh agar punggung dan kaki tetap dalam posisi lurus. Dengan cara tersebut manfaat yang diperoleh dalam menaikkan berat badan akan lebih maksimal.

2. Angkat Beban


Salah satu olahraga penambah berat badan yang paling efisien yaitu dengan angkat beban, tapi olahraga tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sebaiknya sebelumnya melakukan suatu olahraga pelajari terlebih dulu gerakan dan tekniknya terlebih dulu. Tujuannya agar tidak terjadi cedera dan menghindari hal-hal yang membahayakan lainnya. 


Dalam melakukan jenis olahraga ini diperlukan beban berupa barbel. Olahraga angkat beban dapat membantu pembentukan dan memperkuat otot pada tubuh. Dengan terbentuknya otot-otot pada tubuh akan membuat tampilannya tubuh menjadi lebih berisi. Olahraga angkat beban dapat memberikan manfaat yang maksimal jika dilakukan dengan mengkombinasikannya dengan gerakan lain. Contoh seperti gerakan chin ups, squats, bent over dan lainnya.

3. Berenang


Olahraga renang juga baik dilakukan saat hendak membuat badan lebih berisi. Sebenarnya berenang tidak hanya direkomendasikan  untuk menurunkan berat badan saja. Orang yang memiliki berat badan di bawah ukuran ideal juga disarankan melakukannya. Berenang secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membentuk otot-otot pada tubuh. Berenang secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu membentuk otot-otot pada tubuh.


Ketika berenang beberapa bagian tubuh ikut bergerak. Sehingga memungkinkan untuk memperkuat otot terutama di bagian kaki, leher, kepala, perut, hingga pinggang. Olahraga renang ternyata membutuhkan lebih banyak energi dibandingkan berlari. Itu karena ketika berenang tubuh akan melawan massa air untuk melaju ke depan. Gerakan-gerakan dalam olahraga renang tersebut dapat membuat otot pada tubuh lebih kuat dan lentur.

4. Zumba


Olahraga zumba merupakan salah satu jenis senam yang menggabungkan beberapa aliran termasuk jenis musik yang digunakan. Gerakan pada olahraga zumba membutuhkan banyak energi yang membuat otot-otot pada tubuh terbentuk menjadi lebih ideal. Dalam olahraga zumba diharuskan untuk bisa mengontrol stamina. Sehingga membuat tubuh menjadi lebih berisi dan kuat. Sebab itulah yang membuat olahraga zumba dianjurkan bagi seseorang yang hendak menaikkan berat badan.

5. Pull Up


Pull up merupakan olahraga yang memiliki gerakan mengangkat tubuh ke atas dengan posisi berdiri. Ketika hendak melakukan gerakan pull up dibutuhkan benda yang kokoh seperti tiang atau pull up bar untuk menjadi tumpuan. Cara melakukan gerakan yang tepat yaitu dengan meletakkan kedua tangan di pull up bar sebaiknya jangan terlalu dekat dengan wajah. Cobalah untuk melebarkan tangan hingga menjauh dari wajah lalu angkatlah tubuh dengan menggunakan kekuatan otot tangan hingga bagian dagu mendekati pull up bar.


Itulah 5 macam olahraga penambah berat badan yang bisa dicoba di rumah. Agar berat badan lebih ideal dan otot-otot tubuh lebih kuat. Dengan pola makan dan nutrisi yang cukup, kemudian diimbangi dengan olahraga ini, maka berat badan Anda bisa meningkat dengan lebih optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.