Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Tips Sukses Wirausaha Buat Kamu yang Masih Pemula

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Tips wirausaha pemula sangat penting dilakukan agar semakin sukses.

Menjadi seorang wirausaha sukses memang menjadi keinginan banyak orang. Namun, memulai sebuah usaha bukanlah perkara yang mudah, terlebih untuk para pengusaha pemula. Selain minim pengalaman, pengusaha pemula biasanya dipusingkan dengan faktor lain seperti modal, lokasi usaha, perencanaan, hingga strategi marketing yang akan digunakan. Untuk itu, berikut tips wirausaha yang bisa kamu terapkan sebagai pemula.


banner consideration shipping bg blue

1. Membuat Rencana atau Plan



Pertama, bisnis membutuhkan perencanaan atau plan lebih dulu sebelum secara resmi dijalankan. Menentukan rencana bisnis dapat membantu pebisnis menjalankan bisnisnya. Tanpa adanya perencanaan yang matang, bisnis bisa kacau dan tidak berjalan sesuai yang diharapkan.


Perencanaan bisnis dapat membantu kamu meminimalisir risiko atau kerugian yang mungkin terjadi di masa mendatang. Tidak hanya itu saja, menyusun rencana dapat membantu pebisnis menciptakan kreasi baru dalam bisnisnya.


2. Mempersiapkan Modal dan Dana Darurat



Selanjutnya, pebisnis pemula wajib mempersiapkan modal dan dana darurat. Sebaiknya, modal dan dana darurat ini berasal dari sumber dana pribadi. Agar modal tidak melebihi kemampuan keuangan kamu, pilih bisnis yang sekiranya sepadan dengan modal yang kamu miliki. Saat ini, sudah banyak bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil. Misal, bergabung menjadi Wiranilo atau reseller resmi produk-produk Lemonilo.


3. Melakukan Riset Pasar dan Produk



Melakukan riset terhadap kondisi pasar dan produk yang akan dijual merupakan salah satu hal penting yang wajib dilakukan oleh pebisnis pemula. Riset pasar membantu pebisnis mengetahui kondisi pasar pada saat tersebut. Dengan begitu, pebisnis bisa merancang strategi yang akan digunakannya.

banner consideration promotion bg blue

Untuk riset produk, ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu offline dan online. Riset online bisa dilakukan melalui media sosial atau marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain-lain. Sedangkan riset offline bisa dilakukan di lingkungan sekitar atau mencari supplier barang terdekat guna melihat dan membandingkan produk. Kamu juga bisa bertanya kepada para pelanggan terkait produk tersebut.


4. Membaca Kekuatan Pesaing



Tidak kalah penting dari riset pasar, membaca kekuatan dari pesaing juga penting dilakukan oleh para pebisnis pemula. Pebisnis pemula masih sangat minim pengalaman, membaca kekuatan dari pesaing dapat membantu mengelola bisnis yang akan dijalankannya. Selain itu, pebisnis dapat belajar dari para pesaingnya.

Setelah mengetahui kekuatan dari pesaing, kamu bisa membuat produkmu menjadi lebih bernilai dan unik sehingga dapat membedakannya dengan produk milik pesaing. Dengan memiliki produk unik, berkualitas, pelayanan terbaik, dan strategi marketing yang tepat, pebisnis pemula berpeluang mengalahkan pebisnis besar atau pebisnis yang sudah sukses.


5. Memilih Lokasi yang Strategis dan Promosi



Lokasi turut menjadi salah satu faktor kesuksesan bisnis tersebut. Banyak pebisnis pemula yang gagal karena sembarangan dalam memiliki lokasi usaha yang strategis. Usahakan mencari lokasi yang mudah dijangkau pelanggan, berada di tempat ramai, dan dekat dengan target market.

Selain itu, promosi yang dilakukan juga turut mempengaruhi kesuksesan bisnis tersebut. Bisnis tidak bisa berkembang dengan baik tanpa adanya promosi yang tepat. Promosi dapat membantu meningkatkan penjualan produk yang secara otomatis akan menambah pundi-pundi profit atau laba.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah tips wirausaha pemula yang bisa kamu terapkan. Selain tips-tips tersebut, konsistensi dan tidak mudah menyerah juga menjadi kunci kesuksesan wirausaha. Terus berinovasi dan membuat produk unik guna menarik perhatian dari para pelanggan ya!



Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.