Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ketahui 6 Cara Mendidik Anak yang Malas Belajar yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara mendidik anak yang malas belajar yang efektif.

Memahami bagaimana cara mendidik anak yang malas belajar adalah ilmu penting bagi setiap orang tua. Sebab, anak malas belajar merupakan satu masalah yang banyak dihadapi para orangtua. Padahal, semua orang tentunya memiliki tujuan yang baik saat memasukkan anaknya ke sekolah, yaitu agar anak mendapatkan pendidikan terbaik untuk bekalnya kelak di masa depan.

banner consideration shipping bg blue

Sayangnya, banyak juga orang tua yang malah kewalahan dalam mengajak anak untuk lebih rajin belajar di rumah. Hal ini bisa terjadi karena cara mendidik anak yang malas belajar kurang tepat. Karenanya, lakukan cara mendidik dibawah ini agar anak tidak malas belajar:

1. Sesuaikan Suasana Belajar


Kemampuan setiap anak dalam belajar berbeda- beda. Ada anak yang suka belajar dan ada juga yang mudah merasa bosan. Cara mendidik anak yang malas belajar ini bisa dengan memodifikasi suasana belajar anak agar lebih efektif.

Jangan menggunakan metode belajar yang monoton seperti menulis atau membaca saja. Sebab, hal ini bisa menjadi membosankan. Ganti cara tersebut dengan alternatif lain yang lebih menyenangkan. Misalnya dengan tontonan edukatif dan belajar menirukan.

Kamu bisa gunakan alat elektronik seperti TV dan HP dengan acara edukatif dalam pengawasan kamu. Selain itu, penyesuaian suasana belajar ini juga bisa dilakukan dengan memodifikasi. Misalnya memodifikasi bentuk meja belajar, cahaya atau lampu belajar, akses terhadap buku, dan lainnya.

2. Mengulangi Pelajaran di Sekolah


Anak yang malas belajar disebabkan karena distraksi bermain yang lebih tinggi. Agar anak tetap memahami materi sekolahnya dan menghindari rasa malas belajar setelah bermain sepulang sekolah, kamu perlu melakukan cara untuk menyiasatinya. Sepulang anak sekolah, kamu bisa membantunya untuk mengulas pelajaran sekolah dan menyelesaikan tugas sekolah sekaligus. Setelah semuanya selesai barulah anak boleh bermain.

3. Memberikan Waktu Istirahat


Memberikan waktu untuk istirahat di sela belajar anak dapat membuat anak tidak mudah bosan dan hilang minat saat belajar. Namun, pastikan belajar tidak berlangsung berjam-jam lamanya. Jika memang ingin menerapkan waktu belajar panjang, pastikan kamu memberi waktu istirahat dan bermain di sela-sela anak belajar.

Hal ini karena anak-anak cenderung memiliki short attention span, membuatnya akan mudah bosan dan hilang minat belajar. Cara mengatur waktu ini sangat penting kamu lakukan.

banner consideration promotion bg blue

4. Pahami Tipe Belajar Anak


Tipe belajar masing-masing anak berbeda sehingga perlu pemahaman orang tua agar bisa menyesuaikan dengan kondisi anak. Menerapkan tipe belajar yang cocok akan lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan anak dalam menyerap materi yang dipelajari. Hal ini tentunya membuat anak tidak malas belajar lagi.

5. Dampingi Anak Belajar


Terkadang, orang tua juga perlu mendampingi anak saat belajar. Anak akan mengalami kesulitan-kesulitan tertentu dalam belajar yang perlu bantuan kamu. Mendampingi anak ketika belajar juga akan meningkatkan rasa percaya diri anak saat menerima pengetahuan baru. Cara ini akan mengurangi rasa malas belajar anak karena rasa senang dengan kebersamaan yang diberikan orang tua saat belajar.

6. Berikan Reward dan Pujian


Berikan hadiah dan pujian ketika anak kamu mau belajar dengan rajin atau mendapatkan nilai bagus sebagai hasil dari usaha belajarnya. Reward dan pujian yang diberikan akan membuat anak tambah semangat dalam belajarnya. Penghargaan yang diberikan pada anak tidak selalu harus berbentuk benda, kamu juga bisa berikan reward berupa liburan akhir pekan bersama keluarga.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara mendidik anak yang malas belajar yang bisa kamu terapkan tanpa perlu memarahi anak. Diharapkan dengan memahami cara ini, proses mendidik anak yang malas belajar bisa terbantu dan makin mudah untuk dilakukan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.