Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 6 Cara Sehat untuk Memasak Daging

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
05 Mar 2021
Clock Icon
3 menit
Beragam cara masak daging

Daging merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Selain itu, daging juga mengandung banyak nutrisi lain yang baik untuk kesehatan dan bisa kamu nikmati dalam berbagai olahan. 


Namun, ternyata cara memasak yang berbeda dapat memengaruhi kualitas dan kesehatan daging lho. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan cara memasak daging agar kualitasnya tidak berkurang.

banner consideration shipping bg blue


Dilansir dari The Spruce Eats dan Healthline, berikut adalah cara memasak daging sapi yang paling sehat:

1. Dipanggang dan dibakar

Secara umum, memanggang dan membakar daging merupakan cara memasak sehat yang meminimalisasi kehilangan vitamin C dalam daging.

Namun, jika daging dimasak dengan waktu yang lama dan suhu yang tinggi, 40 persen kandungan vitamin B dapat hilang melalui cairan yang menetes dari daging.

Untuk itu, pastikan kamu memasak dengan cara memanggang dan membakar dalam waktu yang lebih singkat dan suhu yang lebih rendah agar kandungan nutrisi dalam daging tetap terjaga.

2. Direbus

Merebus daging biasanya membutuhkan waktu masak yang lebih lama daripada metode memasak lainnya karena metode ini menggunakan suhu yang lebih rendah.

Memasak dalam waktu lama dengan air yang suhunya lebih dari 93 derajat celcius akan membuat protein daging menjadi keras.


Di sisi lain, waktu memasak yang lama juga dapat menghilangkan kandungan vitamin B, nutrisi yang biasanya tinggi pada daging dan unggas.


3. Ditumis

Selama menumis, daging akan terus dibalik atau diaduk dengan spatula. Sementara menggoreng tidak melibatkan gerakan konstan semacam ini.


Meski metode menumis biasanya menggunakan pans yang tinggi, waktu memasak yang singkat akan mempertahankan rasa dan keempukan daging.


Teknik memasak ini juga dapat meningkatkan retensi nutrisi dan kecil kemungkinannya menyebabkan kolesterol daging menjadi teroksidasi.


4. Digoreng

Daging yang digoreng memilik tekstur yang renyah di bagian luar, rasa yang lebih nikmat, dan retensi vitamin serta mineral yang baik.


banner consideration promotion bg blue


Namun, memasak daging dengan cara menggoreng juga berpotensi menimbulkan risiko kesehatan. Menggoreng telah terbukti menghasilkan tingkat produk sampingan beracun yang lebih tinggi, termasuk AGEs, aldehida, HA. Jumlah lemak yang diserap oleh daging selama diolah dengan proses digoreng juga cukup banyak, apalagi jika daging dilapisi tepung roti atau adonan.


5. Menggunakan slow cooker

Slow cooking biasanya dilakukan menggunakan suhu 88 derajat celcius untuk pengaturan rendah, hingga 121 derajat celcius untuk pengaturan tinggi.


Temperatur yang rendah meminimalisasi pertumbuhan senyawa berbahaya. Keuntungan utama memasak daging dengan slow cooking adalah kemudahan.


Daging cukup dibumbui dan disimpan di slow cooker di pagi. Kemudian biarkan masal selama enam hingga delapan jam, angkat, dan sajikan untuk sajian makan malam.


6. Menggunakan Pressure Cooker

Pressure cooking merupakan salah satu cara memasak dengan panas lembab. Tekanan uap dapat menaikkan titik didih air menjadi 121 derajat celcius.


Panas yang lebih ini menghasilkan waktu memasak yang lebih cepat. Namun, keuntungan utama memasak daging dengan pressure cooking adalah waktu memasak yang lebih cepat.


Terlebih lagi, memasak dengan tekanan menyebabkan lebih sedikit oksidasi kolesterol, jika dibandingkan dengan beberapa metode memasak lainnya.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Dari enam cara memasak daging yang sudah disebutkan, slow cooking dan pressure cooking adalah cara memasak daging yang lebih sehat. Pasalnya, slow cooking dan pressure cooking tidak banyak membuang nutrisi baik dari daging dan justru mempertahankannya hingga menjadi sajian yang lebih sehat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.