Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ketahui 6 Manfaat Berjemur di Pagi Hari bagi Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat berjemur di pagi hari penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga sayang untuk dilewatkan. Sinar matahari pagi adalah salah satu sumber vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang. Apalagi Indonesia mempunyai iklim tropis yang membuat kita bisa menikmati vitamin D gratis sepuasnya. Manfaat berjemur di pagi hari juga dapat membunuh mikroba dan banyak manfaat lainnya. Berikut manfaat berjemur di pagi hari selengkapnya:

banner consideration shipping bg blue

1. Mengurangi Tekanan Darah


Salah satu diantara penyakit yang paling umum diderita banyak orang adalah tekanan darah tinggi. Terdapat banyak makanan yang dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi, namun berjemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 15 menit dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan lebih efisien. Hal ini didukung oleh penelitian di tahun 2008 di Harvard Medical School, bahwa akibat dari kurangnya terkena sinar matahari, berisiko mengalami tekanan darah tinggi meningkat.

2. Meningkatkan Kinerja Otak


Manfaat berjemur di pagi hari dapat membantu kinerja fungsi otak dengan membuat otak kamu memproduksi lebih banyak serotonin, yaitu zat kimia dalam tubuh yang dapat meningkatkan suasana hati. Jika kamu sering melakukan aktivitas di dalam ruangan sehingga kurang berjemur di bawah sinar matahari, akan memudahkan kamu menderita depresi. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit setiap hari.

3. Menyembuhkan Penyakit Kulit


Berjemur di bawah sinar matahari dengan rutin selama lima menit akan menjauhkan kamu dari gangguan penyakit kulit. Misalnya jerawat, eksim, penyakit kuning, psoriasis, dan infeksi kulit yang diakibatkan oleh jamur. Hal ini karena sinar matahari telah digunakan untuk berbagai macam masalah kulit sejak dahulu kala. Untuk merasakan manfaat ini kamu harus berjemur di bawah sinar matahari secara rutin, tetapi jangan berjemur terlalu lama karena malah akan merusak kulit kamu.

banner consideration promotion bg blue

4. Membantu Pertumbuhan Anak


Beberapa penelitian menunjukkan bagi anak yang terkena sinar matahari pagi selama 15 menit, dapat mempengaruhi pada tinggi badan mereka di kemudian hari. Hal inilah yang membuat menjemurkan bayi di bawah sinar matahari sangat penting. Biarkan anak kamu tetap di bawah sinar matahari paling tidak selama 15 menit di pagi hari secara rutin agar membantu pertumbuhan mereka.

5. Membentuk dan Memperkuat Tulang


Manfaat sinar matahari pagi juga dapat menyehatkan tulang. Saat kamu berjemur akan menyerap vitamin D. Meningkatnya vitamin D dalam tubuh tersebut dapat membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Sinar matahari bermanfaat dalam pembentukan, perbaikan tulang, dan mencegah terjadinya penyakit tulang seperti rakhitis pada anak-anak dan pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteomalasia.

6. Mengatasi Depresi


Sinar matahari pagi dapat membantu mengurangi depresi. Orang yang kurang terpapar sinar matahari, lebih berisiko mengalami bentuk tertentu dari depresi yang disebut seasonal affective disorder (SAD) gangguan afektif musiman. Kondisi ini sering terjadi di musim hujan.

Sebuah penelitian di tahun 2001 yang dilakukan oleh University of Milan, Italy, menemukan bahwa manfaat matahari pagi dapat mengurangi jumlah rawat inap pada pasien penderita depresi bipolar. Ketika kamar rumah sakit tidak mendapatkan sinar matahari pagi, lama rawat inap pasien jadi meningkat, daripada kamar yang mendapatkan sinar matahari pagi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat berjemur di pagi hari bagi kesehatan kamu. Yuk, mulai sekarang lebih rajin bangun pagi supaya mendapatkan sinar matahari pagi untuk berjemur. Dengan begitu, kesehatan tubuh kamu bisa lebih terjaga dengan optimal!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.