Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ketahui 6 Manfaat Bonding Ibu dan Bayi yang Harus di Pahami

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Jun 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat bonding ibu dan bayi penting diketahui moms di rumah.

Bonding atau kelekatan adalah cara merawat bayi untuk menumbuhkan ikatan emosional antara dua orang, termasuk ibu dan bayi. Bonding dapat dilakukan sejak bayi masih di dalam kandungan dengan mengelus-elus perut agar bayi mengenali suara ibunya. Manfaat bonding ibu dan bayi memang sangat besar. Tidak hanya ketika bayi, sampai dewasa pun bonding sebaiknya dilakukan untuk tetap menjaga rasa kasih sayang, penuh cinta, kehangatan, dan rasa aman.

banner consideration shipping bg blue

Berikut ini akan dibahas 6 manfaat bonding ibu dan bayi yang harus dipahami untuk meningkatkan hubungan yang harmonis sejak dini dan menjaga kesehatan fisik maupun mental. Sebelum itu perlu diketahui rentang usia bayi yang dimaksud di sini adalah 0-2 tahun.

1. Meningkatkan Imun Tubuh Bayi


Diketahui dari studi Ainsworth bahwa sebagian besar anak mengalami perasaan secure (aman) terhadap orangtuanya dibanding insecure (tidak aman). Bayi yang tumbuhnya diawali perasaan secure akan lebih mudah terhindar dari stres karena dia merasa bahagia. Oleh sebab itu kondisi imun tubuh bayi yang bahagia melalui bonding antara ibu dan anak lebih bagus daripada yang di antara mereka jarang melakukan bonding.

2. Menunjukkan Emosi Positif


Bayi yang merasa aman sebab lekat dengan sosok ibunya cenderung lebih sering menunjukkan emosi positif. Meski sulit mengetahui emosi pada bayi, hal itu dapat dirasakan. Bayi terlihat tenang dan teduh saat didekat ibunya. Tidak jarang bayi menangis saat ibunya beranjak dari sampingnya, padahal ia belum melihat secara sempurna.

3. Mengurangi Obesitas Pada Bayi


Salah satu penyebab obesitas adalah kurangnya tubuh bergerak sementara asupan ASI (Air Susu Ibu) maupun susu formula tetap jalan. Oleh sebab itu yang termasuk tujuan bonding ibu dan bayi adalah mengajak bayi bergerak. Misalnya dengan bermain atau menggodanya hingga bayi melakukan gerakan kecil atau lebih besar. Hal tersebut dapat menyeimbangkan tubuh bayi.

banner consideration promotion bg blue

4. Lebih Mengenali Satu Sama Lain


Bonding atau kelekatan dapat menumbuhkan kepekaan antara ibu dan bayi. Mereka lebih mengenali satu sama lain. Manfaat ini sangat berguna bagi keharmonisan hubungan antara keduanya sebab dengan mengenal satu sama lain lebih mudah menemukan solusi ketika ada masalah.

Misalnya, anak menangis tanpa alasan jika orang lain yang melihatnya. Namun, bagi ibunya yang mengenali bayinya akan tahu bahwa anaknya menangis disebabkan oleh faktor x sebagaimana kasus sebelumnya.

5. Membantu Anak Memiliki Kepercayaan Diri


Manfaat bonding ibu dan bayi di sini dapat dicontohkan pada perkembangan fisik motorik bayi. Secara bertahap bayi mulai belajar merangkak, berdiri hingga berjalan. Pada proses tersebut juga diiringi perkembangan bayi yang mulai memahami instruksi. Oleh sebab itu, semakin lekat antara keduanya, semakin meningkat pula kepercayaan diri anak karena adanya motivasi ibu yang mengiringi perkembangan dirinya.

6. Melatih Kecerdasan Berbahasa dan Emosi Bayi


Interaksi yang terjadi antara ibu dan bayi semakin sering dilakukan saat bonding karena memang itulah kunci utamanya. Semakin sering interaksi semakin sering pula komunikasi yang terjalin. Bayi akan belajar banyak bahasa baru saat ibunya mengajaknya bicara.

Kemudian ia mulai mengenali dan memahami berbagai macam emosi ibunya lantas menirukannya saat ia mengalami masalah yang sama menurut pemahamannya. Sebagai contoh, ia akan melihat ibunya bersedih ketika ia sulit minum ASI (Air Susu Ibu). Meskipun ia belum paham benar betul tentang ekspresi sedih, ia akan menirunya sedikit demi sedikit.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 6 manfaat bonding ibu dan bayi yang harus dipahami untuk dipraktekkan di kehidupan sehari-hari. Pada intinya bonding yang dilakukan ibu dan bayi sangat dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan hubungan antara keduanya. Hal ini tidak mengecualikan seorang ibu yang berkarir. Mereka bisa melakukan bonding di waktu yang ‘sengaja’ wajib dikhususkan untuk bayinya. Tetap semangat dan jangan lupa selalu melakukan bonding ya Mom!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.