Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ketahui 6 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat daun binahong yang wajib diketahui.

Binahong adalah salah satu tanaman herbal yang tumbuh merambat dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tanaman bernama latin Heartleaf Maderavine Madevine ini berasal dari Korea dan dapat dengan mudah ditemukan di dataran rendah maupun dataran tinggi. Daun binahong sudah sering dijadikan obat herbal tradisional sejak zaman dulu. Tekstur dari tanaman ini mirip dengan bayam dan kangkung, tidak heran jika daun binahong sering dijadikan lauk. Berikut manfaat daun binahong yang perlu Anda ketahui.

banner consideration shipping bg blue

1. Mengendalikan Asam Lambung


Daun binahong dapat membantu mengendalikan asam lambung yang tidak stabil. Makanan pedas dan berlemak dapat membuat asam lambung naik drastis. Apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja, lambung dan kerongkongan dapat terkena iritasi. Asam lambung dapat berujung pada penyakit maag.

Terlebih lagi jika sudah memiliki penyakit maag sejak dulu, penyakit asam lambung bisa dengan mudah terpicu untuk muncul. Ramuan herbal dari daun binahong bisa digunakan untuk mengendalikan tingkat keasaman lambung.

2. Membantu Meredakan Asam Urat


Selain dapat membantu mengendalikan asam pada lambung, daun binahong juga dapat membantu meredakan asam urat. Daun binahong dapat menurunkan kadar urin dapat tubuh yang secara tidak langsung juga dapat mencegah munculnya asam urat. Agar asam urat ini tidak kambuh lagi, sebaiknya jaga pola makan, hindari jeroan ayam, kacang-kacangan, dan daging merah yang kurang sehat untuk tubuh.

3. Mencegah Kanker


Manfaat yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Daun binahong memang dikenal sebagai salah satu tanaman herbal pencegah kanker. Kandungan flavonoid dan antioksidan didalamnya dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah salah satu zat berbahaya yang dapat memicu munculnya kanker di dalam tubuh. Apabila sel kanker ini dibiarkan tumbuh begitu saja, pertumbuhan selnya bisa menyebar dan menyerang bagian tubuh lain. Hal ini tentu sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian pada si penderita.

banner consideration promotion bg blue

4. Mengurangi Anemia


Anda menderita anemia yang cukup parah? Daun binahong bisa menjadi solusinya. Kurang darah atau anemia sering dialami oleh banyak orang. Gejala seperti nyeri dada, lemas, mudah lelah, dan bagian telapak menjadi lebih dingin sering terjadi pada penderita anemia.

Jika Anda mengalami hal ini, konsumsi daging merah secara rutin, makanan kacang-kacangan, dan ramuan daun binahong.

5. Menjaga Sistem Pernapasan


Sistem pernapasan harus selalu dijaga agar tidak mengalami gangguan pernapasan. Beberapa penyakit gangguan pernapasan yang sering dialami adalah bronkitis, asma, flu, dan laringitis. Anda bisa merebus 10 lembar daun binahong kemudian mengkonsumsinya secara rutin guna menjaga sistem pernapasan agar tidak mudah terserang penyakit. Namun jika Anda mengalami gangguan akut pada paru-paru, segeralah memeriksakannya ke dokter guna mendapatkan perawatan yang lebih lanjut. Konsultasikan juga apabila ingin menggunakan daun binahong sebagai penunjang obat.

6. Menghempaskan Jerawat


Daun binahong diketahui dapat membantu menghilangkan jerawat. Jerawat bisa muncul di berbagai bagian tubuh seperti wajah, punggung, leher, dan area tubuh lain. Keberadaan jerawat ini dapat menurunkan rasa percaya diri dan dapat menimbulkan bekas yang susah hilang. Meskipun jerawat adalah hal yang normal, namun tetap saja hal ini mengganggu terlebih saat jerawat mulai meradang dan banyak tersebar di beberapa bagian tubuh sekalipun. Zat antibakteri yang terdapat dalam daun binahong dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah deretan manfaat daun binahong untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Daun binahong ini bisa ditemukan merambat di semak-semak. Namun, populasi dari daun binahong di Indonesia mulai menurun dan sulit untuk dicari.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.