Ketahui 6 Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya

17 Sep 2020 @ 13:54:07
Telur tidak hanya sebagai bahan makanan yang kaya nutrisi untuk kesehatan. Putih telur juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Walaupun belum teruji secara ilmiah, masker putih telur menjanjikan banyak khasiat yang baik bagi kulit. Berikut manfaatnya:

1. Mengencangkan Kulit



Jika kamu ingin memiliki kulit yang kencang, cobalah meracik masker alami dari putih telur. Manfaat masker putih telur untuk wajah akan membuat kulit terasa lebih kencang. Setelah putih telur dibilas dari wajah pun, efek kencang biasanya masih akan terasa sampai satu jam setelahnya.

2. Menghilangkan Komedo Putih



Komedo putih dapat terbentuk akibat pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, sisa riasan wajah, dan kotoran. Sekarang kamu bisa membasminya menggunakan masker putih telur yang dicampur sedikit perasan air lemon. 

3. Menyerap Minyak Berlebih 



Bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah berminyak, manfaat putih telur untuk wajah juga bisa kamu dapatkan. Masker putih telur dapat membantu mengurangi produksi sebum berlebih di wajah.

4. Mengurangi Garis-garis Halus di Wajah



Mengoleskan masker putih telur pada area wajah dapat mengencangkan dan menyamarkan garis-garis halus di wajah. Hal ini berkat kandungan vitamin A di dalam telur. Vitamin A bermanfaat untuk meningkatkan penyembuhan luka dan membantu dalam mengurangi keriput di wajah. Namun, belum ada bukti medis yang menunjukkan bahwa putih telur dapat menghilangkan keriput secara permanen. 

5. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati



Manfaat putih telur untuk wajah selanjutnya dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini karena rutin menggunakan masker putih telur dapat membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat tampilan wajah tampak lebih sehat dan berkilau alami. 

6. Mencegah Munculnya Jerawat



Putih telur termasuk bahan alami untuk mengatasi jerawat yang muncul di wajah. Bahan ini mampu membersihkan kulit dengan mengangkat kotoran di wajah sekaligus menyerap minyak berlebih yang menyebabkan munculnya jerawat. 

Cara Membuat Masker Putih Telur

Cara membuatnya sangat mudah. Kamu bisa mengoleskan putih telur langsung pada permukaan wajah atau mengolahnya menjadi masker wajah. Tambahkan juga bahan-bahan alami lain agar memaksimalkan manfaatnya. Namun, sebaiknya memilih bahan-bahan alami yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Berikut rekomendasi penggunaan yang bisa dicoba:

1. Masker putih telur untuk kulit normal

Oleskan putih telur pada wajah. Biarkan selama 10-15 menit hingga masker mengering. Lalu, bilas wajah dengan air hangat hingga bersih. 

2. Masker putih telur untuk kulit berminyak

Campurkan putih telur dengan air perasan ½ buah lemon. Lalu kocok putih telur dan air perasan lemon sampai merata. Oleskan masker pada wajah dan diamkan selama 10 menit hingga masker terasa kering. Lalu, bilas wajah dengan air hangat.

3. Masker putih telur untuk kulit wajah kering

Siapkan putih telur dari sebutir telur dan 6 buah anggur. Masukkan ke dalam blender dan haluskan sampai rata. Oleskan masker pada wajah dengan rata. Lalu biarkan hingga 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat sampai  benar-benar bersih. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembap setelah wajah kamu kering dan bersih.

4. Masker putih telur untuk kulit wajah kombinasi

Kocok satu butir putih telur hingga permukaannya tampak berbusa. Tambahkan 1 sendok teh air perasan lemon dan 1 sendok teh madu. Ratakan masker pada wajah, kemudian biarkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu bilas wajah dengan air hangat. 

Itulah manfaat dan cara menggunakan masker putih telur sesuai kondisi dan jenis kulit kamu. Dengan menggunakan masker ini secara rutin serta diimbangi dengan perawatan lainnya, kamu bisa menjaga kecantikan kulit wajah dengan lebih baik lagi! 

Artikel Terkait

7 Manfaat Air Mawar yang Bukan Hanya Untuk Hiasan Ruangan
Ada 7 manfaat air mawar yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu, apa aja sih?..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kecantikan
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kecantikan..
Rizki Indra
16 September 2020
Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Efektif
Bagi wanita yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, inilah cara mengatasi wajah berminyak yang efektif..
Rizki Indra
02 September 2020